Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
14Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
EKOLOGI ESTUARINE

EKOLOGI ESTUARINE

Ratings: (0)|Views: 524|Likes:

More info:

Published by: Kristina Setianingsih on Mar 05, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/12/2013

pdf

text

original

 
EKOLOGI ESTUARINE
MAKALAH
Disusun Untuk Memenuhi Proses Pembelajaran Dalam Matakuliah OceanografiYang Dibina Oleh Bapak Bagus Setiabudi WiwohoOleh:Nelya Eka SusantiAlfi SahrinaHardiyanti UtamiIrmawatiDevi Prasetyono
The Learning University
UNIVERSITAS NEGERI MALANGFAKULTAS ILMU SOSIALJURUSAN GEOGRAFINovember 2010
 
EKOLOGI ESTUARINE
A. Pengertian Ekologi
Inti permasalahan ekologi adalah hubungan makhluk hidup, khususnyamanusia dengan lingkungan hidupnya. Ilmu tentang hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungan hidupnya disebut ekologi. Istilah ekologi pertamakali diperkenalkan oleh Enerst Haeckel, seorang ahli biologi bangsa Jerman. Ekologi berasaldari bahasa Yunani yaitu Oikos yang berarti rumah dan logos yang berarti ilmu/telaah. Olehkarena itu ekologi berarti ilmu tentang rumah (tempat tinggal) makhluk hidup. Dengandemikian ekologi biasanya diartinya sebagai ilmu yang mempelajari hubungan timbalbalik antara makhluk hidup dengan lingkungannya.
1. Habitat dan Relung
Habitat dan relung, dua istilah tentang kehidupan organisme. Habitat adalah tempathidup suatu organisme.Sedangkan relung (niche atau nicia) adalah profesi atau status suatuorganisme dalam suatu komunitas dan ekosistem tertentu, sebagai akibat adaptasi struktural,fisiologis serta perilaku spesifik organisme itu. Penyesuaian diri secara umum disebutadaptasi. Kemampuan adaptasi mempunyai nilai untuk kelangsungan hidup. Makin besar kemampuan adaptasi makin besar kementakan kelangsungan hidup organisme.
2. Hubungan Intra dan Interspesifik 
Organisme merupakan bagian dari populasi yang saling bersaing untuk memperoleh kebutuhan seperti, makanan, tempat tinggal, dan pasangan. Persaingan inidisebut kompetisiintraspesifik karena dilakukan oleh organisme yang spesiesnya sama.Organisme yang menang dalam persaingan tentu akan mendapatkan makanan dan tempathidup yang baik. Organisme unggul diperoleh dari pasangan organisme yang unggul juga.Organisme dari keturunan yang unggul prosentasenya akan lebih banyak jika dibandingkandengan organisme yang kurang unggul karena kalah bersaing. Keturunan yang unggul akanmemperoleh keturunan yang unggul juga. Hal ini terjadi secara berulang-ulang.Di dalam komunitas tentunya terdapat spesies yang berbeda yang bersaing untuk memperoleh makanan, tempat hidup, tempat berkembangbiak. Kompetisi ini dilakukan olehspesies yang berbeda yang disebut kompetisii
interspesifik 
. Dengan adanya kompetisi
 
interspesifik akan menyebabkan spesies yang dapat menyesuaikan diri sehingga dominandalam suatu komunitas, sebaliknya spesies yang kurang unggul akan tersaingi dan jumlahketurunannya akan berkurang. Akibat dari kompetisi ini organisme yang unggul akan terushidup karena mendapatkan kebutuhan yang diperlukan. Didalam kehidupan sepanjang waktusuatu organisme pasti mengalami kelahiran dan kematian, persaingan spesifik menyebabkansuatu populasi akan melakukan migrasi.Perluasan tempat menyebabkan jumlah populasi semakin banyak di daerah itu karenadapat menyesuaikan diri. Tetapi didalam suatu habitat yang spesiesnya berbeda dan carahidup yang sama, kompetisi interspesifik akan semakin meningkat menyebabkan tempat dancara hidup akan semakin berkurang karena spesiesnya yang lemah. Spesies akan mudahpunah karena di daerah yang sama terdapat spesies dengan cara hidup yang berbeda.
3. Ekosistem
Suatu konsep sentral dalam ekologi adalah ekosistem sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Oleh karena ituekosistem adalah tatanan kesatuan secara utuh menyeluruh antara segenap unsur lingkunganyang saling mempengaruhi. Berdasarkan pengertian di atas, suatu sistem terdiri darikomponen - komponen yang bekerja secara teratur sebagai suatu kesatuan. Ekosistemterbentuk oleh komponen hidup (biotik) dan tak hidup (abiotik) yang berinteraksi membentuk suatu kesatuan yang teratur. Keteraturan itu terjadi karena adanya arus materi dan energi,yang terkendali oleh arus informasi antara komponen dalam ekosistem. Masing-masingkomponen mempunyai fungsi (relung). Selama masing-masing komponen tetap melakukanfungsinya dan bekerjasama dengan baik, keteraturan ekosistem tetap terjaga.
B.Pengertian Estuaria 
Estuaria adalah suatu perairan semi tertutup yang terdapat di hilir sungai dan masihberhubungan dengan laut, sehingga memungkinkan terjadinya percampuran air laut dan air tawar dari sungai atau drainase yang berasal dari muara sungai, teluk, rawa pasang surut.Estuaria sering dipagari oleh lempengan lumpur intertidal yang luas atau rawa garam.Salinitas air berubah secara bertahap mulai dari daerah air tawar ke laut. Salinitas ini jugadipengaruhi oleh siklus harian dengan pasang surut aimya. Nutrien dari sungai memperkayaestuari.

Activity (14)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Wiwin Ayu K liked this
Lina Fathiya liked this
Adi Hardianto liked this
Nani Syarifah liked this
Marten Tamtam liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->