Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
29Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Paper Akuntansi Internasional Dan PSAK Ditandai

Paper Akuntansi Internasional Dan PSAK Ditandai

Ratings:

4.0

(1)
|Views: 1,987 |Likes:
Published by Nita Safitri

More info:

Published by: Nita Safitri on Mar 07, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/10/2013

pdf

text

original

 
Akuntansi Internasional dan Perkembangan SAK 
Akuntansi InternasionalDanPerkembangan Standar Akuntansi Keuangan
Akuntansi Internasional
Pendahuluan
Akuntansi internasional memiliki posisi yang penting di dalam bidang akuntansi secaraumum, sebagai upaya untuk menanggapi tuntutan globalisasi ekonomi, meningkatnyajumlah perusahaan multinasional, dan para pengguna informasi bertaraf internasional.Selama belum ada keseragaman, bidang akuntansi internasional merupakan subjek peningkatan yang mendalam baik secara empiris maupun teoretis untuk menyelidikibanyaknya isu-isu akuntansi internasional yang berhubungan dengan keuangan maupunmanajerial. Penyelidikan tersebut sama halnya dengan penyelidikan terhadap isupenyusunan standar baik di negara berkembang maupun negara maju.
Definisi Akuntansi Internasional 
Dalam literatur tentang arti akuntansi internasional, terdapat kebingungan yang nyatatentang definisi karena diambil dari berbagai definisi dari cakupan yang berbeda. Weirich
et al 
. menyajikan klarifikasi yang tepat dengan identifikasi tiga komponen pokok:Akuntansi Dunia atau Akuntansi Bersifat Umum
(Universal or World Accounting)
Akuntansi Komparatif atau Akuntansi Internasional
(Comparative or International Accounting)
Akuntansi Untuk Perusahaan Induk dan Perusahaan Anak di Negara Lain (Parent-ForeignSubsidiary Accounting or Accounting For Subsidiaries),Berikut penjelasan definisi dari masing-masing komponen pokok ;
Akuntansi Dunia atau Akuntansi Bersifat Umum (Universal or World Accounting)
Konsep ini bermaksud akuntansi yang cakupannya bersifat umum atau mencakupdunia. Secara umum konsep in merupakan kumpulan dari prinsip-prinsip akuntansiyang bersifat internasional. Definisi oleh Weirich et al ,. Dapat diuraikan sebagaiberikut :Dalam kerangka berpikir konsep ini, akuntansi internasional berhubungan dengansistem universal yang dapat diadopsi oleh setiap negara. Seperti prinsip-prinsip yangdikembangkan di Amerika Serikat -kumpulan prinsip akuntansi berterima umum(GAAP)- yang cakupannya di seluruh dunia dapat digunakan. Praktik praktik danprinsip-prinsip tersebut dapat dikembangkan atau disesuaikan agar dapat diterapkan disetiap negara. Konsep ini akan menjadi tujuan akhir dari sebuah sistem yang bersifatinternasional.
1
|
T E O R I A K U N T A N S I
 
Akuntansi Internasional dan Perkembangan SAK 
Tujuan tersebut tidak diharapkan untuk dapat dicapai dalam waktu dekat, bahkansebagian orang menganggap tujuan ini sangat idealis bahkan sebagian orang lainnyamenganggapnya utopis.
Akuntansi Komparatif atau Akuntansi Internasional (Comparative or International Accounting)
Konsep ini mengarahkan akuntansi internasional dalam meneliti dan memahamiperbedaan bertaraf nasional di antara tiap-tiap negara. Konsep ini meliputi:Kesadaran terhadap keragaman internasional dalam praktik akuntansi dan pelaporanperusahaan,Pemahaman terhadap prinsip-prinsip dan praktik-praktik akuntansi dalam setiapnegara,Kamampuan untuk menaksir akibat perbedaan praktik akuntansi dalam pelaporankeuangan.Ada kesepakatan umum dalam literatur akuntansi bahwa isilah “akuntansiinternasional” merujuk pada perbandingan prinsip-prinsip akuntansi. Definisinya dapatdiuraikan sebagai berikut:Konsep pokok yang mencakup suatu pendekatan deskriptif dan informatif. Didalamkonsep ini, akuntansi internasional memasukkan beragam prinsip, metode, dan standar akuntansi di tiap negara. Konsep ini memasukkan kumpulan prinsip akuntansi diterimaumum yang ditetapkan di setiap negara, dan dengan demiokitan mensyaratkan agar akuntan sadar akan adanya berbagai prinsip akuntansi saat mempelajari akuntansiinternasional. Tidak ada sekumpulan prinsip yang secara umum atau tepat dapatditetapkan sebagai akuntansi internasional. Kumpulan seluruh prinsip, metode, danstandar dari berbagai negara dapat dipertimbangkan sebagai sistem akuntansiinternasional. Hasil yang beragam ini merupakan akibat adanya perbedaan pengaruhgeografis, sosial, ekonomi, politik dan hukum.
Akuntansi Untuk Perusahaan Induk dan Perusahaan Anak di Negara Lain (Parent-Goreign Subsidiary Accounting or Accounting For Subsidiaries),
Sampai sekarang, konsep ini adalah konsep yang paling tua dan paling mendekaticakupan yang diharapkan. Konsep ini mengurangi peran akuntansi internasional dalamproses konsolidasi akun-akun perusahaan induk dengan perusahaan anaknya. Konsepini mengubah nilai mata uang perusahaan anak di negara lain menjadi mata uangperusahaan induk. Definisinya dapat diuraikan sebagai berikut:
2
|
T E O R I A K U N T A N S I
 
Akuntansi Internasional dan Perkembangan SAK 
Konsep ini merujuk pada praktik-praktik akuntansi perusahaan induk denganperusahaan anaknya di negara lain. Referensi atas negara atau domisili tertentudiperlukan dalam konsep ini untuk memperoleh pelaporan keuangan internal yagnefektif. Akuntan memberikan perhatian terutama pada pengubahan dan penyesuaianatas pelaporan keuangan perusahaan anak. Masalah perbedaan akuntansi dan prinsip-prinsip akuntansi yang digunakan, tergantung pada prinsip akuntansi negara mana yangakan diikuti sebagai referensi tujuan pengubahan dan penyesuaianDatangnya paradigma akuntansi internasional yang baru memperluas rerangka berpikir dengan memasukkan motivasi akuntansi internasional baru. Hasilnya, daftar konsep danteori akuntansi internasional yang lengkap disajikan oleh Amenkhianan denganmenambahkan:
Teori Universal Atau Dunia (Universal or World Theory)
Konsep umum yang dikembangkan oleh para pragmatis yang percaya bahwa solusiuntuk masalah-masalah akuntansi internasional ada di keseragaman yang luas dalamakuntansi.
Teori Multinasional (Multinational Theory)
Konsep yang menyarankan bahwa akuntansi internasional meliputi berbagai prinsip,standar, dan praktik yang ada di tiap negara
Teori Perbandingan (Comparative Theory)
Konsep yang menyarankan suatu pengklasifikasian analitis terhadap sistem akuntansinasional, seperti yang telah dilakukan disiplin ilmu lainnya, seperti ekonomi, politik, danilmu hukum.
Teori Transaksi Internasional (International Transaction Theory)
Konsep internasional yang disusun di seputar informasi akuntansi yang diperlukandalam perdagangan maupun keputusan investasi internasional.
Teori Translasi (Translation Theory)
Konsep yang digunakan untuk mengelompokkan akuntansi bagi perusahaan induk danperusahaan anak di negara lain.Masing-masing teori tersebut menyajikan sejumlah landasan pengembangan rerangkaberpikir konseptual untuk akuntansi internasional. Jika dibuat argumen tentang teori yanglebih disukai, maka tiga pendekatan pertama-universal, multinasional, komparatif-memiliki pengikut lebih banyak daripada dua pendekatan lainnya. Perdebatan yangmenyukai keseragaman mengarah pada teori universal, yang menyukai standardisasimengarah pada teori multinasional, dan yang menyukai analisis perbedaan sistemakuntansi nasional, mengarah pada teori perbandingan.
3
|
T E O R I A K U N T A N S I

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->