Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
3Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PROPOSAL SEMINAR

PROPOSAL SEMINAR

Ratings: (0)|Views: 788|Likes:
Published by Laura Simatupang

More info:

Published by: Laura Simatupang on Mar 08, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

02/25/2012

pdf

text

original

 
PROPOSAL SEMINAR
Kajian Pengaruh Budaya Cina Terhadap Bangunan Masjiddi Pulau Jawa
Dosen Pembimbing :Ir. Hermin W, MTAAnggota Kelompok :1. Dian Widareni L2B 008 0322. Laura Simatupang L2B 008 0553. Prima Ariaoktaviani L2B 008 0694. Rahmalia Fajria L2B 008 074JURUSAN ARSITEKTUR FAKULTAS TEKNIKUNIVERSITAS DIPONEGOROSEMARANG2011
 
Judul
: Kajian Pengaruh Budaya Cina Terhadap Bangunan Masjid di Pulau Jawa
Bab I PendahuluanLatar Belakang
Banyaknya masjid-masjid kuno di Pulau Jawa yang berciri khas masing-masing. Bentuk fisikbangunan merupakan akulturasi budaya yang terjadi pada jamannya. Sehingga masing-masing daerah mempunyai ciri khas masing-masing. Terlihat bangunan terkadangbernuansa Hinduisme yang diperlihatkan melalui penggunaan atap tajuk dan pemakainmustaka pada puncak atapnya.PermasalahanIslam masuk ke Indonesia melalui pedagang-pedagang Gujarat, yang mengembangkan Islamke Timur pada masa Khalifah bani Ummaiyah/Muawiyah. Namun bangunan-bangunanmasjid yang terdapat di Pulau Jawa tidak hanya terpengaruh oleh arsitektur islam di Arabtetapi juga terpengaruh oleh budaya yang sedang berkembang di Pulau Jawa contohnyabudaya Cina.
Tujuan Penelitian
Melakukan kajian mengenai pengaruh budaya Cina terhadap bangunan masjid di Pulau Jawaditinjau dari pustaka. Untuk mendapatkan informasi mengenai konsep bangunan masjid diPulau Jawa.
Kerangka Pemikiran
:
BAB I : Pendahuluan
Merupakan awal penyusunan yang juga merupakan program dasarmakalah ini. Berisi tentang latar belakang masalah, permasalahan,tujuan, manfaat, ruang lingkup, metode pembahasan, sertasistematika pembahasan.
BAB II : Kajian Teori Bangunan Masjid di Pulau Jawa.
Berisi tinjauan teoritis tentang bangunan masjid, morfologi bangunanmasjid di Pulau Jawa
BAB III : Kajian Pengaruh Budaya Cina di Pulau Jawa
Berisi tentang tinjauan teoritis pengaruh budaya cina di pulau jawapada bidang arsitektur
BAB IV : Analisa Pengaruh Kebudayaan Cina pada Morfologi Bangunan Masjiddi Pulau Jawa
Meliputi analisa pengaruh budaya cina yang berkembang di pulauJawa yang mempengaruhi bangunan masjid dan bentuk-bentuknya.
 
BAB V : Penutup
Berisi kesimpulan mengenai pengaruh budaya Cina yang ditunjukkanmelalui morfologi masjid.
Metodologi Penelitian
:Metodologi yang dipakai adalah metode diskriptif yang bertujuan untukmempelajari dan menguraikan segala sesuatu yang berkaitan dengan studi kasusterpilih. Metode penelitian yang terpilih adalah studi literatur dengan mencariliteratur untuk dijadikan acuan gambaran umum teoritis terhadap pokokpermasalahannya, yang meliputi masalah pengaruh budaya Cina terhadap bangunanmasjid yang ada di Pulau Jawa. Juga literatur tentang atau yang terkait denganbentuk bangunan masjid di Pulau Jawa.
KepustakaanPengertian masjid
Mesjid dapat diartikan sebagai suatu bangunan tempat melakukan ibadah shalat secaraberjamaah atau sendiri-sendiri, serta kegiatan lain yang berhubungan dengan Islam. Selainmasjid dikenal pula istilah-istilah lain seperti mushalla, langgar atau surau. Mushalla ataulanggar biasanya digunakan untuk shalat wajib (fardu) sebanyak lima kali sehari semalam,serta untuk pendidikan dan pengajaran masalah-masalah keagamaan. Sedangkan masjid,digunakan juga sebagai tempat shalat berjamaah seperti shalat Jumat, shalat hari Raya(kalau tidak di tanah lapang), shalat tarawih serta tempat itikaf.Masjid juga dipakal sebagai tempat berdiskusi, mengaji dan lain-lain yang tujuan utamanyamengarah pada kebaikan. Karena sesuai dengan hadits, dikatakannya: dimana kamubersembahyang, disitulah masjidmu.
Bentuk-bentuk Masjid di Pulau Jawa
Arsitektur Islam di Jawa, pada hakikatnya, tidak terlepas dari keberadaankebudayaan dan tradisi yang sudah ada sebelum Islam masuk di wilayah ini. Tidakmengherankan, bila di masa-masa awal masuknya Islam di tanah Jawa, bentuk-bentukmasjid masih menggunakan gaya arsitektur tradisional yang cenderung bernuansaHinduisme. Itu tampak seperti pada penggunaan atap tajuk dan pemakaian mustakapada puncak atapnya. Bahkan, pada beberapa masjid, ada yang memiliki pendopo didepan masjid atau serambi masjid. Tidak itu saja, karena masuknya Islam ke Jawa jugaberkaitan dengan kekuasaan raja-raja pada masanya sehingga menghasilkan bangunanmasjid yang cukup megah pada zamannya dengan kekhasan tersendiri. Perpaduan itu

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->