Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
7Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Imam Mahdi

Imam Mahdi

Ratings:

4.6

(5)
|Views: 1,276 |Likes:
Published by Nanang
Benarkan di dikala dunia telah terjadi ke zdaliman yang teramat besar akan muncul seorang yang memberi petunjuk baru ?? apakah dia Imam mahdi atau orang Indonesia mengyebutnya sebagai Ratu Piningit???
Benarkan di dikala dunia telah terjadi ke zdaliman yang teramat besar akan muncul seorang yang memberi petunjuk baru ?? apakah dia Imam mahdi atau orang Indonesia mengyebutnya sebagai Ratu Piningit???

More info:

Published by: Nanang on Aug 25, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/23/2012

pdf

text

original

 
Imam Mahdi
Dalam ajaranagama Islam,
Imam Mahdi
adalah seorangmuslim berusia muda yang akan dipilih olehAllahuntuk menghancurkansemua ke
an dan menegakkan keadilan di muka bumi sebelumdatangnya harikiamat.Hal ini diterangkan sangat jelas dalam sebuahhadist nabiyang di riwayatkan oleh Thabrani. Telah bersabdaRasulullah SAW:
Sungguh, bumi ini akan dipenuhi oleh kezhaliman dankesemena-menaan. Dan apabila kezhaliman serta kesemena-menaan itu telah penuh, makaAllahSWT akan mengutusseorang laki-laki yang berasal dari umatku, namanya sepertinamaku, dan nama bapaknya seperti nama bapakku(Muhammad bin Abdullah). Maka ia akan memenuhi bumidengan keadilan dan kemakmuran, sebagaimana ia (bumi)telah dipenuhi sebelum itu oleh kezhaliman dan kesemena-menaan. Di waktu itu langit tidak akan menahan setetes pundari tetesan airnya, dan bumi pun tidak akan menahan sedikitpun dari tanaman-tanamannya. Maka ia akan hidup bersamakamu selama 7 tahun, atau 8 tahun, atau 9 tahun. (HR. Thabrani)
Hadistlain yang menerangkan tentang kedatangan Imam Mahdiadalah sebagai berikut:
 Telah bersabdaRasulullah SAW, "Padaakhir zamanakan muncul seorangkhalifahyang berasal dari umatku, yang akanmelimpahkan harta kekayaan selimpah-limpahnya. Dan ia samasekali tidak akan menghitung-hitungnya. (HR. Muslim danAhmad)
Nama Imam MahdiImam Mahdi
sebenarnya adalah sebuah nama gelar sebagaimanahalnya dengan gelar
,
amirul mukminin
dan sebagainya.Imam Mahdi dapat diartikan secara bebas bermakna "Pemimpin yangtelah diberi petunjuk". Dalambahasa Arab, kata
Imam
berarti"pemimpin", sedangkan
Mahdi
berarti "orang yang mendapatpetunjuk".
 
Nama Imam Mahdi sebenarnya seperti yang disebutkan dalamhadist di atas, ia bernama
Muhammad
(seperti nama NabiMuhammad),nama ayahnya pun sama seperti namaayah Nabi Muhammad SAW yaitu
Abdullah
. Nama Imam Mahdi sama persis dengan RasulullahSAW yaitu
Muhammad bin Abdullah.Al Mahdi Di Al Quran
MenurutIbnu Arabidalam kitabFutuhat al-Makkiyahbab 366, yang banyak dijadikan bahasan para pemikirorientalismaupuntasawuf , kata Al-Mahdi tidak ada di dalamAl Quransebagai suatu nama. Namundalam bentuk asalnya adalah pasif partisipel dari kata kerja “hada”(artinya “memberi arah atau bimbingan yang benar , di jalan yangbenar’). Secara harfiah al-Mahdi berarti “orang yang terbimbingdengan benar“. Dalam Al Quran, arah yang benar tidak lain adalahmenuju dan sampai kepadaAllah, bersama Allah, dengan daya danupaya Allah, dan dengan Pertolongan serta Perlindungan Allah denganBerserah Diri aliasIslam. Tidak ada kehendak “aku sebagai makhlukberkekuatan“ di dalam proses perjalanan tersebut, yang ada adalahkehambaan mutlak dengan Islam.Meskipun bentuk akar kata “hada” dijumpai di Al Quran hampir 330kali, tapi bentuk kata “al-Mahdi“ tidak ada dalam al-Quran. Meskipun dibeberapa hadits yang masih diperdebatkan al-Mahdi sering munculsebagai sebuah “nama“ kehormatan atau gelar. Namun, makna danartinya sesungguhnya menunjuk kepada makna biasa yangmenjelaskan sosok yang spiritual yaitu yang “memperoleh bimbinganyang benar“, yang telah menerima secara aktif dan mencerap tataranisyarat Ilahiyah dalam kehidupan yang paripurna.Bahkan dalam banyak hal penerima itu sendiri sebagi “al-Mahdi“merepresentasikan Kehidupan dalam seluruh tatanan realitas karenacerapannya mewakili pengalamanIsra dan Mi’rajNabiMuhammad  SAW. Namun, tentu saja, aktualitasnya berdasarkan potensi-potensidasarnya yang sesuai dengan ruang-waktunya, sunnatullah-Nya, dantentunya berbeda dengan pengalaman Nabi Muhammad SAW dizamannya.Kenyataannya, yang dimaksud al-Mahdi secara umum adalahUmatIslamyang tercerahkan dengan Iqra dan menyucikan jiwa, serta patuhpada perintah dan larangan Allah, serta mengikuti sunnatullrasuldengan taqwa. Jadi, apa yang disebut al-Mahdi secara umumsebenarnya adalah Umat Islam yang taqwa sebagai PewarisPengetahuan Tauhid melalui washilah Nabi Muhammd SAW yaitu AlQuran. Karena itu, adalah kemustahilan kalau al-Mahdi justrumenyimpang dari ajaran Islam dimanaShalatmerepresentasikan
 
Namaz, Miraj,Iman,IslamdanIhsansebagai penyaksian dan aktualitas  Jamal dan Jalal Allahdengansyahadatyang benar yaitu syahadat yang menjadi pijakan awal dan akhir perjalanan ruhaniUmat Islam.
Ciri-ciri Imam Mahdi
 Tidak ada seorang pun dimuka bumi ini yang mengetahui tentangImam Mahdi dan ciri-cirinya , kecualiRasulullah SAW, karena Rasululahdibimbing olehwahyu.Oleh karena itu bagi kita sebaik-baiknya tempatuntuk merujuk tentang perkara ini adalah apa yang baginda Rasulullahkatakan dalam hadist-hadistnya sebagai berikut: Telah bersabda Rasulullah SAW:
Al-Mahdi berasal dari umatku, berkening lebar, berhidungpanjang dan mancung. Ia akan memenuhi bumi ini dengankeadilan dan kemakmuran, sebagaimana ia (bumi ini) sebelumitu dipenuhi oleh kezhaliman dan kesemena-menaan, dan ia(umur kekhalifahan) berumur tujuh tahun. (HR. Abu Dawud danal-Hakim)
 Telah bersabda Rasulullah SAW:
Al-Mahdi berasal dari umatku, dari keturunan anak cucuku. (HR.Abu Dawud, Ibnu Majah, dan al-Hakim)
[sunting] Kemunculan Imam Mahdi
Kemunculan Imam Mahdi bukan karena kemauan Imam Mahdi itusendiri melainkan karena takdirAllahyang pasti berlaku. Bahkan ImamMahdi sendiri tidak menyadari bahwa dirinya adalah Imam Mahdimelainkan setelah Allah SWT meng
islah
kannya dalam suatu malam,seperti yang dikatakan dalam sebuah hadist berikut:
Al-Mahdi berasal dari umatku, yang akan diislahkan oleh Allahdalam satu malam. (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)
Kemunculan Imam Mahdi akan di dahului oleh beberapa tanda-tandasebagaimana yang disebutkan dalam beberapa hadist berikut:Aisyah Ummul Mukminin RA telah berkata:
Pada suatu hari tubuh Rasulullah SAW bergetar dalam tidurnya.Lalu kami bertanya, 'Mengapa engkau melakukan sesuatu yangbelum pernah engkau lakukan wahai Rasulullah?' Rasulullah

Activity (7)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Rizki Rasmana liked this
Shamerz Lawrence liked this
Jimi Bro Rock liked this
Ghon Edogawa liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->