Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
29Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tanaman Obat Tradisional

Tanaman Obat Tradisional

Ratings: (0)|Views: 2,902 |Likes:
Published by NoNO

More info:

Published by: NoNO on Mar 09, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/25/2013

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUAN
A.
 
Latar BelakangPemanfaatan tanaman sebagai obat pada dasarnya sudah seumur denganperadaban manusia. Tumbuhan adalah gudang bahan kimia yang memiliki sejutamanfaat, termasuk untuk obat berbagai penyakit. Sementara itu kemampuan meracik obatdan jamu adalah merupakan warisan turun-temurun yang telah mengakar kuat padamasyarakat. Indonesia diketahui memiliki keragaman hayati terbesar kedua di duniasetelah Brazil. Dari berbagai penelitian menyebutkan, bahwa dari sekitar 30.000 spesiestumbuhan yang terdapat di hutan tropis Indonesia sebanyak 9.600 spesies tumbuhandiketahui memiliki khasiat obat, namun demikian baru sekitar 200 spesies yang telahdimanfaatkan sebagai bahan baku industri obat tradisional. Sampai saat ini telah banyak dilakukan penelitian untuk membuktikan khasiat dari tanaman obat. Namun demikian,percobaan yang dilakukan sampai pada fase penelitian klinik masih sangat sedikit danumumnya masih bersifat pendahuluan. Oleh karena itu pengalaman empiris yangditunjang dengan penelitian tanaman obat juga memiliki andil dalam memberikankeyakinan akan khasiat dan keamanan obat tradisional.Istilah tanaman obat diartikan sebagai jenis tanaman yang sebagian, seluruhtanaman dan atau eksudat tanaman yang digunakan sebagai obat, bahan atau ramuanobat-obatan. Obat tradisional adalah warisan budaya bangsa yang perlu terus dilestarikandan dikembangkan untuk menunjang pembangunan kesehatan serta juga untuk meningkatkan perekonomian rakyat.Obat-obatan tradisional Indonesia umumnya memiliki peranan yang sangatbesar terutama dalam kaitannya dengan pelayanan kesehatan masyarakat. Namundemikian tampaknya pemanfaatan tanaman obat di Indonesia masih belum dilakukansecara optimal untuk kesehatan. Hal ini juga diperkuat dengan adanya pernyataan sikapdari dunia medis yang belum sepenuhnya menerima efektifitas dari khasiat obattradisional. Padahal saat ini biaya pengobatan modern cukup mahal ditambah lagi dengankrisis ekonomi yang belum sepenuhnya berakhir.Namun demikian penggunaan bahan alam sebagai sumber obat cenderungmengalami peningkatan, terkait dengan adanya isu back to nature dan krisis
 
2berkepanjangan yang mengakibatkan turunnya daya beli masyarakat terhadap obat-obatan modern yang relatif lebih mahal harganya. Selain itu adanya pendapat yangmenyatakan bahwa obat bahan alam dianggap hampir tidak memiliki efek samping yangmembahayakan, namun pernyataan tersebut tidak selalu benar dikarenakan untuk mengetahui manfaat dan efek samping obat tersebut secara pasti, maka perlu dilakukanpenelitian dan uji praklinis dan uji klinis.B.
 
TujuanAdapun tujuan dari praktek tanaman obat tradisional yaitu :1.
 
Inventarisasi Tanaman Obat Tradisional pada masyarakat Kampung Nendali.2.
 
Menambah wawasan tentang pengetahuan Tanaman Obat Tradisional.
 
3
BAB IITINJAUAN PUSTAKA
A. Pengertian Tanaman ObatTanaman obat diartikan sebagai jenis tanaman yang sebagian, seluruhtanaman dan atau eksudat tanaman yang digunakan sebagai obat, bahan atau ramuanobat-obatan. Selain dari pengertian tersebut, beberapa ahli lain juga mengelompokkantanaman berkhasiat obat menjadi tiga kelompok, yakni :1.
 
Tumbuhan obat tradisional, merupakan spesies tumbuhan yang diketahui ataudipercayai masyarakat memiliki khasiat obat dan telah digunakan sebagai bahanbaku obat tradisional.2.
 
Tumbuhan obat modern, merupakan spesies tumbuhan yang secara ilmiah telahdibuktikan mengandung senyawa atau bahan bioaktif yang berkhasiat obat danpenggunaannya dapat dipertanggungjawabkan secara medis.3.
 
Tumbuhan obat potensial, merupakan spesies tumbuhan yang didugamengandung atau memiliki senyawa atau bahan bioaktif berkhasiat obat tetapibelum dibuktikan penggunaannya secara ilmiah medis sebagai bahan obat.Sedangkan Departemen Kesehatan RI mendefinisikan tanaman obatIndonesia seperti yang tercantum dalam SK Menkes No. 149/SK/MENKES/IV/1978,yaitu :1.
 
Tanaman atau bagian tanaman yang digunakan sebagai bahan obat tradisionalatau jamu.2.
 
Tanaman atau bagian tanaman yang digunakan sebagai bahan pemula bahanbaku obat (precusor).3.
 
Tanaman atau bagian tanaman yang diekstraksi atau ekstrak tanaman tersebutdigunakan sebagai obat.Untuk penyakit yang belum dapat diobati secara efektif dengan obatmodern, seperti kanker, penyakit virus termasuk AIDS dan penyakit degeneratif, obattradisional sangat sering digunakan. Selain itu obat tradisional juga digunakan padakeadaan terdesak dimana obat modern tidak tersedia atau tidak terjangkau oleh dayabeli masyarakat. Obat bahan alam Indonesia dikelompokkan menjadi 3, yaitu :

Activity (29)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Femy Linggi Allo liked this
iro3 liked this
Thari Upara liked this
Mustika Tika liked this
Ismayani Arifin liked this
Fadhli Ismail liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->