Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
11Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Program Audit Untuk Siklus Pendapatan

Program Audit Untuk Siklus Pendapatan

Ratings: (0)|Views: 3,545|Likes:
Published by aLIeMoetH

More info:

Published by: aLIeMoetH on Mar 09, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/27/2013

pdf

text

original

 
Program Audit Untuk Siklus Pendapatan
Alim Arrod RachmawatiDeni ArifiyantiNovi AndrinaUntari Kristi M
 
Dasar Hukum Pemeriksaan
Ada beberapa peraturan yang dijadikan sebagai payung hukum oleh Badan Pemer iksaKeuangan dalam melaksanakan pemeriksaan keuangan negara y aitu:
1.
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Amandemen ke-3.Pemeriksaan keuangan negara diatur di dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 khususnya di bagian yang mengatur mengenai keuangan negara.Di pasal 23 dinyatakan bahwa anggaran pendapatan dan belanja negara merupakanwujud pengelolaan keuangan negara. Kemudian di Bab VIIIA mengenai BadanPemeriksa Keuangan pasal 23E dinyatakan bahwa pengelolaan dan tanggung jawabkeuangan negara diperiksa oleh satu Badan Pemeriksa Keuangan yang bebas danmandiri.2. Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan NegaraDi dalam penjelasan dari Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 disebutkan bahwasalah satu asas umum pengelolaan keuangan negara adalah pemeriksaan keuangan olehbadan pemeriksa yang bebas dan mandiri. Ketentuan mengenai pemeriksaan keuangannegara di dalam Bab VIII mengenai pertanggungjawaban Anggaran Pendapatan danBelanja Negara dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah.3. Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan NegaraDi dalam undang-undang ini memang tidak diatur mengenai pemeriksaan keuangannegara secara tersurat. Hanya saja, di Bab IX tentang Penatausahaan danPertanggungjawaban Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara dan AnggaranPendapatan dan Belanja Daerah, disebutkan keberadaan Badan Pemeriksa Keuangansebagai lembaga yang diserahi laporan keuangan oleh Presiden.
4.
Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan TanggungJawab Keuangan Negara.Undang-undang ini merupakan pedoman utama bagi para pemeriksa Badan PemeriksaKeuangan untuk melakukan pemeriksaan keuangan negara. Di dalam undang-undang inidiatur mengenai lingkup pemeriksaan, pelaksanaan pemeriksaan, hasil pemeriksaan dantindak lanjut, hingga pengenaan ganti kerugian negara.5. Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2006 tentang Badan Pemer iksa Keuangan.Undang-undang ini merupakan pengganti Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1973 tentangBadan Pemeriksa Keuangan yang sudah tidak sesuai lagi dengan perkembangan sistemketatanegaraan, baik pada pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.
 
6.
Peraturan Badan Pemeriksa Keuangan Nomor 1 Tahun 2007 tentang Standar PemeriksaanKeuangan NegaraPemeriksa dalam melakukan tugasnya memerlukan standar sebagai acuan dalammelakukan pemeriksaan. Dengan adanya standar ini diharapkan hasil pemeriksaanBadan Pemeriksa Keuangan dapat lebih berkualitas dan member nilai tambah yangpositif bagi perkembangan sistem pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara.
Tujuan Pemeriksaan
Untuk memberikan opini atas tingkat kewajaran informasi keuangan yang disajikandalam laporan keuangan mendasarkan kepada kriteria:a. Kesesuaian LKPD dengan standar akuntansi pemerintah dan atau prinsip-prinsip akuntansi yang ditetapkan dalam berbagai peraturan perundang- undangan.b. Kecukupan pengungkapan (adequate disclosure)c. Kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangand. Efektivitas sistem pengendalian intern.
Lingkup Pemeriksaan
Untuk mencapai tujuan pemeriksaan tersebut, maka pemeriksaan atas LaporanKeuangan Kementerian/Lembaga Tahun 2006 , meliputi pengujian atas:1. Laporan Realisasi Anggaran TA 20062. Neraca per Tanggal 31 Desember 2006 (tidak termasuk Neraca Awal)3. Laporan Aliran Kas per 31 Desember 20064. Catatan atas Laporan Keuangan 31 Desember 2006

Activity (11)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Helysa Rizal liked this
Diana Herdianti liked this
Rita Maiyuni liked this
Didi Nata liked this
fin_vayu liked this
Anggito Fitri liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->