Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
11Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Laporan Lengkap simulasi CAD CAM

Laporan Lengkap simulasi CAD CAM

Ratings: (0)|Views: 575 |Likes:
Published by Chandra_Asri_9343

More info:

Published by: Chandra_Asri_9343 on Mar 09, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/04/2013

pdf

text

original

 
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah. Pertama-tama penulis ucapkan puji syukur kehadiratAllah swt, karena berkat rahmat-Nya penulis bisa menyelesaikan laporanlengkap Praktikum CAD / CAM ini dengan tepat waktu. Penulis jugaberterimakasih kepada para asisten atas bimbingan yang telah diberikan danteman-teman yang telah membantu penulis di dalam pelaksanakan praktikumCAD / CAM serta dalam penyelesaian laporan lengkap ini.Dalam menyusun laporan lengkap ini, penulis menyadari masih banyakkekurangan dan kesalahan, untuk itu penulis sangat mengharapkan saran dankritik yang membangun dari para pembaca agar penyusunan laporan ini akanlebih baik lagi ditahun –tahun berikutnya.Akhir kata penulis mengucapkan terimakasih sekali lagi kepada semuapihak yang telah membantu di dalam penyusunan laporan lengkap praktikumCAD / CAM ini, semoga laporan lengkap ini dapat bermanfaat bagi parapembaca, khususnya mahasiswa Teknik Mesin Universitas Pancasila.Jakarta, 22 November 2010Penyusun
 
BAB IPENDAHULUAN
`Disain model Pro/Engineer mewakili produk jadi, digunakansebagai basis untuk semua operasi pabrikasi. Feature, surface (permukaan),dan Edges (tepi) dipilih pada disain model sebagai acuan untuk masing-masing alur tool. Referensi geometri dari model disain menetapkan suatuassosiatif yang menghubungkan antar disain model dan workpiece. Olehkarena link ini, manakala model disain diubah, maka semua operasi pabrikasidiperbaharui untuk menggambarkan perubahan.Komponen, pemasangan, dan sheetmetal lomponen mungkindigunakan sebagai disain model. Iliutrasi dibawah ini menunjukkan suatucontoh disain model “ Valve Housing “.Workpiece merupakan stok mentah yang akan diprosesmachining oleh operasi manufacturing. Penggunaanya adalah opsional dalamPro/Nc. Keuntungan-keuntungan penggunaan suatu workpiece meliputi :
Definisi luas pengerjaan dengan mesin otomatis manakala menciptakanurutan proses Nc.
Pengecekan dan simulasi perpindahan material secara dinamis(tersedia dengan Pro/Nc-chek)
Proses dokumentasi dengan menangkap material dipindahkan.
Workpiece dapat dihadirkan dari format manapun dari stokmentah ; seperti tuangan atau stok bar, dan dapat dengan mudah diciptakanoleh peng-copian model disain dan memodifikasi dimensi atau men-suppresfeature untuk menghadirkan workpiece yang nyata.
 
Jika kita mempunyai suatu lisensi Pro/Assembly, workpiecedapat juga diciptakan secaralangsung dalam model manufacturing denganreferensi geometri pada disain model.Sebagai komponen Pro/Engineer, workpiece dapat dimanipulasiseperti lainnya, sebagai suatu instansi pada part family table, serta dapatdimodifikasi dan diganbarkan kembali.
I.1 Manufacturing Model
Suatu model manufacturing regular terdiri dari suatu modeldisain (part referensi) karena digunakan sebagai suatu acuan untukmenciptakan urutan Nc. Ketika proses manufacturing dikembangkan, simulasiperpindahan material dapat dilakukan pada workpiece tersebut. Biasanya,pada bagian terakhir proses manufacturing geometri workpiece harusconcidient dengan geometri dari disain lain. Bagaimanapun, perpindahanmaterial adalah salah satu langkah opsional. Ilustrasi berikut menunjukkansuatu model manufacturing, dengan part referensi (yang ditunjukkan denganwarna hitam) dan assembly dan dalam workpiece ( yang ditunjukkan olehwarna hijau ).Jika kita tidak terkait dengan perpindahan material, kita tidakharus menetapkan geometri workpiece. Oleh karena itu, bentuk minimum darisuatu assembly manufacturing adalah sebuah part referensi.Pada kebutuhan proses machining, model manufacturing bisamerupakan suatu perakitan pada segala ingkatan yang kompleks, dan dapatberisi jumlah model-model referensi yang independent dan workpieces. Selainitu dapat jusa berisi komponen lain yang mungkin juga merupakan bagian dariassembly manufacturing, tetapi tidak mempunyai efek langsung pada prosesperpindahan material yang nyata ( sebagai contoh ; piring putar atau penjepit).Misalkan suatu model manufacturing diciptakan, biasanya terdiridari file-file terpisah seperti berikut :
File manufacturing proses – Manufacturename.Mfg

Activity (11)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Farida Hastina liked this
Khun Cunk liked this
Khun Cunk liked this
Deska Saputra liked this
Arief Xp liked this
YokeS.Fabianto liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->