Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
khutbah terakhir

khutbah terakhir

Ratings:

4.5

(2)
|Views: 410 |Likes:
Published by alnorulhadi

More info:

Published by: alnorulhadi on Aug 25, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPS, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/28/2010

pdf

text

original

 
KHUTBAH TERAKHIR
(Khutbah ini disampaikan oleh RasulullahSAW pada 9 Dzulhijjah 10 Hdi lembah Uranah, Arafah)Ya, saudara-saudaraku, perhatikan apayang akan aku sampaikan, aku tidak tahuapakah tahun depan aku masih berada diantara kalian. Dengan itudengarkanbaik-baik apa yang kukatakan dansampaikan ini kepada mereka yang tidakdapat hadir pada waktu ini.
 
 
Ya, saudara-saudaraku, seperti kita ketahui, bulan ini,hari ini dan kota ini adalah suci, oleh itu pandanglahkehidupan dan milik setiap orang Muslim sebagaikepercayaan yang suci.Kembalikan barang-barang yang diamanah kepadamu kepada pemilik yangsebenarnya. Jangan kau lukai orang lain sebagaimana orang lain tidakmelukaimu.Ingatlah bahwa kamu akan bertemu dengan Allah SWTdan Dia akan memperhitungkan amalanmu dengansebenar-benarnya. Allah SWT telah melarang mumemungut riba, oleh itu mula dari sekarang ini dan untukseterusnya kewajiban membayar riba dihapuskan.Waspadalah terhadap syaitan, demi keselamatanAgamamu. Dia telah kehilangan semua harapannyauntuk membawa kalian pada kesesatan yang nyata, tapiwaspadalah agar tidak terjebak pada tipuan halusnya.
 
 
Ya, saudara-saudaraku, adalah benar kamu mempunyaihak tertentu terhadap isteri-isterimu, tapi mereka jugamempunyai hak atas dirimuApabila mereka mematuhi hakmu maka merekamemperoleh haknya untuk mendapat makanan danpakaian secara layak.Ya, saudara-saudaraku, dengarkanlah baik-baik,sembahlah Allah, Solat Lima kali dalam sehari,laksanakan Puasa selama bulan Ramadhan, dantunaikanlah Zakat, serta laksanakan ibadah Haji bilamampu. Ketahuilah bahwa sesama Muslim adalahbersaudara. Kamu semua adalah sederajat. Tidak adaPerbedaan satu terhadap yang lain kecuali Ketaqwaandan Amal Shalih. Ingatlah,Suatu hari kamu akan menghadap Allah dan harusmempertanggung jawabkan semua amalanmu. Karenaitu berhati-hatilah jangan menyimpang dari jalankebenaran setelah kepergianku nanti.Perlakukanlah isteri-isterimu dengan baik dan bersikaplah manis terhadap mereka,karena mereka adalah pendampingmu dan penolong mu yang setia. Dan adalahhakmu untuk melarang mereka berteman dengan orang-orang yang tidak kamusukai, dan juga terlarang melakukan perzinaan.

Activity (4)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
sunan003 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->