Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword or section
Like this
98Activity
P. 1
LapoRan KP INCO qq

LapoRan KP INCO qq

Ratings: (0)|Views: 9,560 |Likes:
Published by anon_179063111

More info:

Published by: anon_179063111 on Mar 11, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/04/2013

pdf

text

original

 
 
PT. INCO SOROAKO
POLITEKNIK NEGERI UJUNGPANDANG
BAB IPENDAHULUAN
Latar Belakang
Indonesia merupakan salah satu negara penghasil nikel terbesar di dunia,yang merupakan penghasil devisa besar bagi negara. Salah satu perusahaan besar di Indonesia yang melakukan eksplorasi dan eksploitasi nikel adalahPT. International Nickel Indonesia, Tbk (PT. INCO). PT. International NickelIndonesia, Tbk merupakan salah satu perusahaan eksplorasi dan eksploitasi nikelasing di Indonesia dan memiliki wilayah kerja yang cukup luas. Salah satu prosedur yang sangat penting dalam proses produksi nikel ini adalah penyediaan pembangkit tenaga listrik termasuk Pembangkit Listrik Tenaga Diesel ( PLTD )Untuk menunjang proses produksi di Plant Site.Seiring dengan berkembangnya zaman, maka kebutuhan dan kemudahandalam melakukan segala hal bagi manusia menjadi suatu tuntutan penting.Kemudahan tersebut dapat dicapai dengan adanya perkembangan teknologi yang berjalan dengan cepat. Perkembangan teknologi ini menuntut dibutuhkannya peningkatan kualitas dari sumber daya manusia.PT. International Nickel Indonesia, Tbk sebagai salah satu perusahaanyang melakukan kegiatan eksplorasi dan eksploitasi nikel dalam jumlah besar,senantiasa berusaha meningkatkan produksi dan kapasitas produksi. Usahatersebut dilakukan dengan meningkatkan kualitas sistem manajemen perusahaandan menggunakan teknologi mutakhir.Generasi muda yang merupakan salah satu sumber daya manusia yangsangat potensial, harus terus melakukan pengembangan dan peningkatan kualitasdiri sehingga dapat menciptakan dan memanfaatkan perkembangan teknologitersebut. Perguruan tinggi sebagai tempat untuk membentuk sumber daya manusiayang berkualitas yang siap untuk dikembangkan, memerlukan industri sebagaiinstitusi untuk mengaktualisasikan dan mensinergikan berbagai pengetahuanteoritis yang didapat oleh generasi muda pada bangku kuliah.
1
 Jurusan Teknik Mesin Program Studi Teknik konversi Energi Politeknik Negeri Ujung Pandang 
 
 
PT. INCO SOROAKO
POLITEKNIK NEGERI UJUNGPANDANG
PT.
 
International Nickel Indonesia, Tbk sebagai salah satu perusahaanyang bergerak di bidang eksplorasi dan eksploitasi nikel kelas dunia yangdidukung oleh teknologi maju merupakan tempat yang tepat untuk aktualisasi berbagai bidang disiplin ilmu, terkhusus ilmu yang diterapkan pada JurusanTeknik Mesin. Hal ini didukung oleh kebijakan PT. International NickelIndonesia, Tbk yang turut berperan serta dalam pembinaan, pengembangan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia.
1.2 Tujuan Kerja Praktek 
1.2.1Tujuan Secara Umum
1.Mengenal keadaan dunia industri yang akan dihadapi sehinggadapat melakukan persiapan sebelum terjun langsung kedalamnya.2.Mengenal sistem kerja dan organisasi yang ada di perusahaan.3.Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk memperoleh pengalaman dalam hal
engineering 
praktis, kemampuan berkomunikasi, dan bersosialisasi.4.Memberikan kelengkapan dan pendalaman materi kuliahmelalui pengamatan langsung di lapangan sekaligusmengimplementasikan ilmu-ilmu yang telah diperoleh di bangkukuliah.5.Membantu menyelesaikan masalah teknis yang ada, biladimungkinkan.6.Memperluas wawasan mahasiswa dalam bidang teknik secaraumum, Teknik Mesin khususnya.
1.2.2Tujuan Secara KhususSecara khusus kerja praktek bertujuan :
1.
Sebagai persyaratan dalam penyelesaian perkuliahan pada jenjang program D3.
2
 Jurusan Teknik Mesin Program Studi Teknik konversi Energi Politeknik Negeri Ujung Pandang 
 
 
PT. INCO SOROAKO
POLITEKNIK NEGERI UJUNGPANDANG
2.
Mengetahui sistem pembangkit Tenaga Diesel yang digunakankhususnya dalam industri Pertambangan Nikel pada PT. INCO Tbk,Soroako.3.Mengetahui sistem Operasi Pada Sistem Pembangkit Tenaga Diesel( MBDG ).Disamping itu pula dengan melalui kerja praktek mahasiswa dapatmengenal lebih jauh tentang ruang lingkup, sistem dan manajemen kerja pada PT. INCO Tbk, Soroako dan secara khusus dapat mengetahui jeniskegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh Departemen Utilities.
1.3Batasan Masalah
Materi yang dipelajari meliputi sistem pembangkitan tenaga listrik di PTInco yang terdiri dari PLTA,PLTD,PLTU dan beberapa mesin diesel CAT.Selanjutnya dibahas mengenai masalah-masalah yang muncul akibatketidakseimbangan furnace dalam pemakaian daya.Hal ini jelas akan berdampak buruk terhadap performansi beban-beban yanglain,misalnya motor.Pada laporan kali ini penyusun tidak membahas lebih lanjut mengenai sistem penyaluran daya.
1.4 Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Kerja praktek ini dilaksanakan di Departemen Utilities tepatnya pada
 Auxiliary Power Plant 
mulai dari tanggal 27 April 2010 sampai dengan tanggal 28Mei 2010.
1.5 Metode Pengumpulan Data
Dalam penulisan kerja praktek di PT. INCO, penyusun menggunakan beberapa metode untuk mendapatkan data-data yang diperlukan sebagai pedomandalam menulis laporan kerja praktek ini. Metode-metode tersebut adalah :
3
 Jurusan Teknik Mesin Program Studi Teknik konversi Energi Politeknik Negeri Ujung Pandang 

Activity (98)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
goooddddd,,,,??
Mus Tamin liked this
Wahyu Ningsi Desland added this note
bagus sekali in materi
Hariyono Guo liked this
Dhimas Bayu liked this
Uddin Poetloet added this note
wah bagus banget pak..
Atiqa Rahmawati liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->