Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
168Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
biogas

biogas

Ratings:

4.93

(14)
|Views: 38,305|Likes:
Published by anon-444024

More info:

Published by: anon-444024 on Aug 26, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

06/14/2013

pdf

text

original

 
Dasar-Dasar Teknologi Biogas
1.
 
Pengertian
Biogas adalah gas mudah terbakar (flammable) yang dihasilkan dari prosesfermentasi bahan-bahan organik oleh bakteri-bakteri anaerob (bakteri yang hidupdalam kondisi kedap udara). Pada umumnya semua jenis bahan organik bisadiproses untuk menghasilkan biogas, namun demikian hanya bahan organik (padat, cair) homogen seperti kotoran dan urine (air kencing) hewan ternak yangcocok untuk sistem biogas sederhana. Disamping itu juga sangat mungkinmenyatukan saluran pembuangan di kamar mandi atau WC ke dalam sistemBiogas. Di daerah yang banyak industri pemrosesan makanan antara lain tahu,tempe, ikan pindang atau brem bisa menyatukan saluran limbahnya ke dalamsistem Biogas, sehingga limbah industri tersebut tidak mencemari lingkungan disekitarnya. Hal ini memungkinkan karena limbah industri tersebut diatas berasaldari bahan organik yang homogen. Jenis bahan organik yang diproses sangatmempengaruhi produktifitas sistem biogas disamping parameter-parameter lainseperti temperature digester, pH, tekanan dan kelembaban udara.Salah satu cara menentukan bahan organik yang sesuai untuk menjadi bahan masukan sistem Bio-gas adalah dengan mengetahui perbandinganKarbon (C) dan Nitrogen (N) atau disebut rasio C/N. Beberapa percobaan yangtelah dilakukan oleh ISAT menunjukkan bahwa aktifitas metabolisme dari bakterimethanogenik akan optimal pada nilai rasio C/N sekitar 8-20.Bahan organik dimasukkan ke dalam ruangan tertutup kedap udara (disebutDigester) sehingga bakteri anaerob akan membusukkan bahan organik tersebutyang kemudian menghasilkan gas (disebut Biogas). Biogas yang telahterkumpul di dalam digester selanjutnya dialirkan melalui pipa penyalur gasmenuju tabung penyimpan gas atau langsung ke lokasi penggunaannya.
 
 
Gambar 1. Sapi sebagai salah satu penghasil bahan untuk pembuatan biogas
2.
 
Pemanfaatan BiogasSebagai Bahan Bakar dan Pupuk 
Manfaat energi biogas adalah sebagai pengganti bahan baker khususnya minyak tanah dan dipergunakan untuk memasak. Dalam skala besar, biogas dapatdigunakan sebagai pembangkit energi listrik. Di samping itu, dari proses produksi biogas akan dihasilkan sisa kotoran ternak yang dapat langsung dipergunakansebagai pupuk organik pada tanaman/budidaya pertanian.Limbah biogas, yaitu kotoran ternak yang telah hilang gasnya (slurry)merupakan pupuk organik yang sangat kaya akan unsur-unsur yang dibutuhkanoleh tanaman. Bahkan, unsur-unsur tertentu seperti protein, selulose, lignin, danlain-lain tidak bias digantikan oleh pupuk kimia. Pupuk organik dari biogas telahdicobakan pada tanaman jagung, bawang merah, dan padi. Komposisi gas yangterdapat di dalam Biogas dapat dilihat pada tabel berikut:
Tabel 1 : Komposisi gas yang terdapat dalam biogas
Jenis Gas
 
Volume (%)
 Methana (CH
4
40 - 70Karbondioksida (CO
2
) 30 - 60Hidrogen (H
2
) 0 - 1Hidrogen Sulfida (H
2
S) 0 - 3
Sedangkan komponen biogas untuk skala rumah tangga biasanya memilikikomposisi sebagai berikut : 
Tabel 2 : Komposisi gas yang terdapat dalam biogas untuk skala rumah tangga
Jenis Gas
 
Volume (%)
 Methana (CH
4
 ± 60 % 
 
Karbondioksida (CO
2
 ± 38 % O2, H2, & H2S ± 2 % 
 Nilai kalori dari 1 meter kubik Biogas sekitar 6.000 watt jam yang setaradengan setengah liter minyak diesel. Oleh karena itu Biogas sangat cocok digunakan sebagai bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan penggantiminyak tanah, LPG, butana, batubara, maupun bahan-bahan lain yang berasaldari fosil. Kesetaraan biogas dapat dilihat dari tabel berikut:
Tabel 3 : Biogas dibandingkan dengan bahan bakar lain
Keterangan Bahan bakar lain
1 m3 Biogas Elpiji 0,46 kgMinyak tanah 0,62 liter Minyak solar 0,52 liter Bensin 0,80 liter Gas kota 1,50 m3Kayu bakar 3,50 kg
Biogas dapat dipergunakan dengan cara yang sama seperti gas-gasmudah terbakar yang lain. Pembakaran biogas dilakukan dengan mencampurnyadengan sebagian oksigen (O2). Namun demikian, untuk mendapatkan hasil pembakaran yang optimal, perlu dilakukan pra kondisi sebelum Biogas dibakar yaitu melalui proses pemurnian/penyaringan karena Biogas mengandung beberapa gas lain yang tidak menguntungkan. Sebagai salah satu contoh,kandungan gas Hidrogen Sulfida yang tinggi yang terdapat dalam Biogas jikadicampur dengan Oksigen dengan perbandingan 1:20, maka akan menghasilkangas yang sangat mudah meledak. Tetapi sejauh ini belum pernah dilaporkanterjadinya ledakan pada sistem Biogas sederhana.
Melestarikan alam dengan Biogas
 Biogas memberikan solusi terhadap masalah penyediaan energi dengan murah dantidak mencemari lingkungan. Berdasarkan hasil temuan mahasiswa KKN (1995)

Activity (168)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Yudi Efriansyah liked this
Pramana IdaBagus liked this
Bayu Tkd liked this
Rika Okviana liked this
Silvia Indra liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->