Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
43Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Contoh Soal Seleksi Siswa Berprestasi SD

Contoh Soal Seleksi Siswa Berprestasi SD

Ratings: (0)|Views: 19,609 |Likes:
Published by dhatuk83

More info:

Published by: dhatuk83 on Mar 12, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/23/2014

pdf

text

original

 
SELEKSI SISWA BERPRESTASITINGKAT KECAMATAN CILAKUTAHUN AJARAN 2008/2009Mata Pelajaran : Bahasa IndonesiaJumlah Soal : 30 ButirBentuk Soal : Pilihan Ganda
Bacaan untuk soal nomor 1-5
Beraneka ragam bunga bunga tumbuh subur di Bumi Nusantara, di antaranya bunga anggrek yang mendapat julukan Puspa Bangsa. Warna, bentuk, dan jenis dari bunga tersebut bermacam-macam. Ada yang berwarna putih, ungu, kuning, dan hitam. Bentuknya indah sangat menawan,bahkan bentuknya ada yang menyerupai kalajengking. Anggrek tumbuh menempel pada pohon, adajuga yang tumbuh di tanah.Para pecinta anggrek datang dari berbagai penjuru negeri, manakala Pameran BungaNusantara digelar. Mereka datang dari jauh hanya unguk memuaskan hobinya akan bunga tersebut.Anggrek yang dipamerkan biasanya dapat dibeli sehingga pecinta anggrek dapat memilikinya.Harga bunga-bunga tersebut bergantung pada jenis dan keunikan bentuknya.Menanam anggrek boleh dikatakan gampang-gampang susah. Jika ingin menanam anggrek,kita cukup menyediakan pot yang berisi arang atau sabut kelapa. Kemudian bibit anggrek ditanam.Cara memeliharanya, anggrek cukup disiram tiga hari sekali dengan menggunakan air biasa atau airberas. Jika anggrek terserang hama, kita perlu mencari obat pembasmi hama yang tepat.1.
 
Apa julukan untuk bunga anggrek ?a. Julukan untuk bunga anggrek yaitu “Bunga Nusantara”b. Julukan bunga anggrek adalah “Puspa Bangsa”c. Julukan untuk bunga anggrek yaiut “Pesona Bangsa”d. Julukan bunga anggrek adalah “Bunga Bangsa”2.
 
Bagaimana cara memelihara tanaman anggrek ?a. Memelihara anggrek boleh dikatakan gampang-gampang susah.b. Kita membeli bibit anggrek yang mahal dan berbentuk unik.c. Anggrek cukup disiram tiga hari seklai dengan air beras atau air biasa.d. Anggrek dipilih dari bentuk dan warna yang menarik.3.
 
Di manakah tanaman anggrek dapat tumbuh ?a. Tanaman anggrek dapat tumbuh menempel pada pohon dan tumbuh di tanah.b. Tanaman anggrek dapat tumbuh subur jika menempel pada pohon.c. Tanaman anggrek hanya dapat tumbuh di tanah.d. Tanaman anggrek dapat tumbuh pada semua jenis media tanam.4.
 
Mengapa para pecinta anggrek jauh-jauh datang ke pameran bunga ?a. Mereka ingin memuaskan hobinya terhadap anggrek.b. Mereka ingin menanam anggrek dengan cara mudah.c. Mereka ingin memelihara tanaman bungan anggrek.d. Mereka akan menjual bibit bunga anggrek.5.
 
Simpulan bacaan tersebut adalah………………a. Bunga anggrek memiliki ciri khas yang tidak dimiliki bunga lain.b. Bunga anggrek memiliki warna, bentuk, dan jenis yang beragam.c. Perawatan bunga anggrek mudah sehingga banyak penggemarnya.d. Bunga anggrek sangat diminati karena unik dan mudah dalam penanaman dan pemeliharaan.
Cerita rakyat berikut untuk soal nomor 6 sampai dengan 8. Bacalah dengan cermat !
 
Hikayat Si Buta dan Si Bongkok
Pada hari si bongkok dan si Buta pergi ke pasar untuk berbelanja. Setiba di pasar, si Butamemberikan uang dua ribu rupiah kepada si Bongkok. Si Bongkok disuruh membeli nasi dansepotong daging yang agak keras.Daging itu digigit-gigit dan dikunya keras-keras oleh si Buta. Sampai-sampai mata si Butamelotot. Keanehan pun terjadi. Secara tiba-tiba, dia dapat melihat. Karena begitu gembira, diameloncat-loncat. Si Bongkok pun sampai ia tinju, tepat di punggungnya.Apa yang terjadi kemudian ? karena pukulan si Buta begitu keras, terjadi keajaiban lainnya.Bongkok di punggung si Bongkok itu tiba-tiba hilang. Betul-betul hilang !.Karena begitu gembira, kedua orang itu menari-nari dan melompat-lompat, mereka pun tak henti-hentinya berpeluk-pelukan layaknya orang gila. Sampai-sampai keduanya terjatuh danterperosok ke dalam selokan.Si Bongkok terjerembab lebih dulu. Kemudian diikuti oleh si Buta. Karena menimpa batu,punggung si Bongkok kembali menjadi bongkok. Sementara itu, si Buta matanya tertusuk bambuyang ada di selokan itu. Ketika dia bangkit matanya kembali buta.6.
 
Latar waktu yang terdapat pada cerita rakyat tersebut adalah…..a. Pagi c. Senjab. Siang d. Malam7.
 
Berdasrkan kutipan cerita, si Bongkok berwatak ….a. Baik c. Sabarb. Sombong d. Ceroboh8.
 
Amanat yang tepat berdasarkan kutipan cerita rakyat adalah…..a. Jangan ceroboh dalam bertindak dan mengambil keputusan.b. Kita harus berbagi kebahagiaan dengan orang lain.c. Kita harus bisa menahan diri dan tidak berlebih-lebihan.d. Sebaiknya bergaul dengan orang baik.9.
 
Pahami cuplikan dongeng berikut !
Dengan angkuhnya Anoa bolak-balik berjalan ke sana kemari memikirkan caraterampuh mengalahkan tikus.“Kau benar-benar berani melawanku, Tikus ?” tanya Anoa, “kita harus bertarung”“Baiklah. Walaupun aku kecil, aku berani bertarung denganmu”, tantang Tikus.Perbedaan watak kedua tokoh dalam cuplikan dongeng tersebut adalah……a.
 
Anoa berwatak baik, sedangkan Tikus berwatak jahat.b.
 
Anoa berwatak kasar, sedangkan Tikus berwatak berani.c.
 
Anoa berwatak angkuh, sedangkan Tikus berwatak berani.d.
 
Anoa berwatak sombong, sedangkan Tikus berwatak rendah hati.10.
 
Pahami laporan berikut dengan seksama !
Hasil pemantauan menunjukkan adanya perubahan warna air kawah yang dalam kondisinormal berwarna hijau. Air kawah mengalami perubahan warna menjagi abu-abu. Suara desisangas magmatik di kawah Tompaluan yang semula terdengar lemah berubah menjadi kuat danberlangsung terus-menerus. Dari Pos Pengamatan Gunung Lokon di Desa Kaskasen mulaisering terlihat embusan asap berwarna putih dengan tinggi 20-40 meter dari bibir kawahTompaluan.Topik yang tepat untuk laporan tersebut adalah ….a.
 
Adanya perubahan warna air kawah.b.
 
Kejadian di Gunung Lokon.c.
 
Pemantauan terhadap kawah Tompaluand.
 
Hasil pemantauan di Pos Pengamatan Gunung Lokon11.
 
Lain ladang lain belalang…………Kalimat yang sesuai untuk melengkapi peribahasa di atas adalah ….a. Lain lubuk lain ikannya.b. Tahu dalam lubuk.c. Bagai batu jatuh ke lubuk.
 
12.
 
Langit di siang hariTetapi demi tugasSeorang lelaki tak bergemingIa menelusuni jalan-jalan basahIa mencari alamat-alamat di gangAgar surat sampai di tanganPuisi di atas menceritakan tentang seorang ….a. Tukang Korang c. Tukang Becak b. Tukang Pos d. Tukang Sayur13.
 
1. Mereka antri untuk membeli karcis2. Nuri dan Mila menonton, pertunjukan film dengan senang hati3. Di pintu masuk , karcis diperiksa petugas4. Nuri dan Mila pergi. Ke Teater Keong Mas.Agar menjadi paragrap yang padu, urutan nomor kalimat yang benar adalah….a. 4-1-2-3 c. 4-2-1-3b. 4-1-3-2 d. 4-2-3-114.
 
Kalimat di bawah ini yang menyatakan ajakan adalah ….a. Mari kita menonton pertunjukan wayang golek !b. Lihatlah pemandangan yang menarik !c. Nikmatilah waktu liburmu.d. Berangkatlah ke Pangandaran.15.
 
Penduduk desa melakukan reboisasi terhadap gunung yang gundulPersamaan kata reboiasi adalah ….a. penebangan c. pengairanb. pembakaran d. penghijauan16.
 
Tanah itu sekarang menjadi gersang.Lawan kata gersang adalah….a. subur c. keringb. gembur d. basah17.
 
Hutan di Kalimantan pernuh dengan bunga tanah.Arti bunga tanah adalah…..a. rumput c. humusb. pupuk d. cacing18.
 
Sembah sujud ananda dari jauh.Kalimat di atas merupakan bagian surat yang disebut….a. kepala surat c. salam penutupb. salam pembuka d. isi surat19.
 
Dudi suka………bantuan kepada orang lain yang memerlukan.Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah…..a. mengambil c. mengharapkanb. memberi d. mencari20.
 
Nuri belum bisa menari. Setiap hari Nuri rajin latihan, akhirnya nuri menjadi penari terkenal.Hal ini sesuai dengan peribahasa….a. Asal ada kecil pun ada c. Ada udang di balik batub. Alah bisa karena bisa d. Alah saung menang sorak 21.
 
Walaupun telah menjadi penyanyi terkenal, Tia tidak tinggi hatiTinggi hati artinya….a. bodoh c. sombongb. ramah d. pandai

Activity (43)

You've already reviewed this. Edit your review.
mustiahmustiah liked this
Feri Fijayanti liked this
1 thousand reads
1 hundred reads
Hari Kurniawan liked this
blue_toms liked this
Arista Danar liked this
Zahra Zahla liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->