Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
3Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
model+pembelajaran+matematika

model+pembelajaran+matematika

Ratings: (0)|Views: 571|Likes:
Published by anon_395475

More info:

Published by: anon_395475 on Mar 12, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

04/13/2013

pdf

text

original

 
MGMP MATEMATIKA KOTA BOGOR 
MODEL-MODEL PEMBELAJARAN
A. PENDAHULUANDalam kegiatan pembelajaran di kelas terdapat beberapa istilah tentang cara mengajar seperti model,strategi, pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran.
Model Pengajaran adalah konsepsi untuk mengajar suatu materi dalam mencapai tujuanpembelajaran. Contoh model pengajaran : pengajaran langsung, pembelajaran kooperatif,pembelajaran berdasarkan masalah.
Strategi Pembelajaran adalah suatu cara yang ditempuh guru dalam pengelolaan kelas guru agar siswa berpartisipasi dan pelajaran berjalan sebagaimana mestinya. Contoh strategi : NHT, Jigsaw,STAD, Tutor sebaya, dan lain-lain.
Pendekatan merupakan suatu jalan, cara, atau kebijaksanaan yang ditempuh oleh guru dan siswadalam pencapaian tujuan pengajaran. Contoh pendekatan : CBSA, kontekstual, induktif, deduktif,Pemecahan Masalah dan sebagainya.
Mtode mengajar adalah cara mengajar atau menyampaikan materi pelajaran kepada siswa. Contohmetode mengajar : ceramah, tanya jawab, penemuan.
Teknik merupakan cara mengajar yang bersifat khusus sesuai dengan karakter materi pelajaran,peserta didik, atau keterampilan guru. Contoh teknik mengajar: bertanya klasikal, bertanyaberantai.Skema urutan :B. MODEL PENGAJARAN LANGSUNG
Model Pengajaran Langsung sangat baik digunakan apabila tujuan pembelajaran yangingin dicapai berkenaan dengan pengetahuan procedural dan pengetahuan deklaratif yangterstruktur dengan baik dan dapat dipelajari selangkah demi selangkah.
Pengajaran langsung memerlukan perencanaan dan pelaksanaan yang cukup rinciterutama pada analisis tugas. Pengajaran langsung berpusat pada guru, tetapi harus menjamin
ModelStrategiPendekatanMetodeTeknik 
 
terjadinya keterlibatan siswa. Jadi lingkungannya harus diciptakan yang berorientasi pada tugas-tugas yang diberikan pada siswa.
Ciri-ciri Pengajaran Langsung :1. Adanya tujuan pembelajaran dan prosedur penilaian hasil belajar.2. Sintaks atau pola keseluruhan dan alur kegiatan pembelajaran.3. Sistem pengelolaan dan lingkungan belajar yang mendukung berlangsung danberhasilnya pengajaran.
Fase-Fase Pengajaran Langsung :Fase Uraian Peran Guru1 Menyampaikan Tujuan Pembelajarandan mempersiapkan siswaMenjelaskan Tujuan, Materi Prasyarat, memotivasisiswa, dan mempersiapkan siswa2 Mendemonstrasikan Pengetahuandan KeterampilanMendemonstrasikan keterampilan atau menyajikaninformasi tahap demi tahap3 Membimbing Pelatihan Guru memberi latihan terbimbing4 Mengecek pemahaman danmemberikan umpan balik Mengecek kemampuan siswa dan memberikanumpan balik 5 Memberikan latihan dan penerapankonsepMempersiapkan latihan untuk siswa denganmenerapkan konsep yang dipelajari padakehidupan sehari-hari.
Tugas Perencanaana. Merumuskan Tujuan Pengajaranb. Memilih isiGuru harus mempertimbangkan berapa banyak informasi yang akan disampaikan dalamkurun waktu tertentu. Guru harus selektif dalam memilih konsep yang diajarkan denganmodel pengajaran langsung.c. Melakukan analisis tugasDengan menganalisis tugas, akan membantu guru menentukan dengan tepat apa yang perludilakukan siswa untuk melaksanakan keterampilan yang dipelajari.d. Merencanakan waktu.Guru harus memperhatikan bahwa waktu yang tersedia sepadan dengan kemampuan danbakat siswa, dan memotivasi siswa agar melakukan tugas-tugasnya dengan perhatian yangoptimal.
Penilaian Pada Model Pengajaran Langsung5 prinsip dasar dalam merancang system penilaian :a. sesuai dengan tujuan pengajaranb. mencakup semua tugas pengajaranc. menggunakan soal tes yang sesuaid. buatlah soal yang valid dan sereliabel mungkine. manfaatkan hasil tes untuk memperbaiki proses belajar mengajar berikutnya.
 
Contoh Rencana Pelajaran Model Pengajaran Langsung
RENCANA PELAJARAN
Satuan Penddidikan : SMPMata Pelajaran : MatematikaKelas/Semester : I / 1Aspek : Garis dan SudutAlokasi Waktu : 3 x 45 menitA. 1. Kompetensi Dasar Membagi garis dan menentukan kedudukan dua garis.2. Hasil Belajar Siswa menunjukkan kemampuan menggunakan aturan-aturan yang berlaku pada dua garissejajar yang dipotong oleh garis lain.3. Indikator Siswa diharapkan dapat:a. menentukan garis-garis sejajar b. menentukan banyak garis yang dapat dibuat melalui sebuah titik diluar garis yangditentukan sejajar dengan garis tersebut.c. Mengenal sifat garis sejajar.1. Jika sebuah garis memotong salah satu dari garis sejajar maka garis itu memotonggaris sejajar lain.2. Jika sebuah garis sejajar dengan dua buah garis, maka kedua garis itu sejajar pulasatu sama lain.B. Kelengkapan1. Buku LKS2. LKSC. Kegiatan Belajar MengajaModel Pembelajaran : Pengajaran LangsungMetode : Ceramah, Tanya-jawab, dan pemberian tugas.1. Pendahuluana.Mengaitkan materi yang akan dipelajari dengan kehidupan sehari-hari. Misalnya memintasiswa memberi contoh model garis sejajar pada lantai rumah yang terbuat dari ubin, langit-langit rumah dari eternit.b. Menginformasikan tujuan pembelajaran2. Kegiatan Intia.mengarahkan siswa untuk memahami pengertian garis sejajar dengan memperhatikangambar ubin yang disederhanakan.b. Dengan tanya jawab dijelaskan pengertian garis sejajar.c.Dengan tanya jawab dikenalkan sifat-sifat garis sejajar selangkah demi selangkah dimulaidengan sifat 1 sampai sifat 3.d. Memberikan contoh soal mengenai garis sejajar dan sifat-sifatnya dengan metodeTanya jawab.e.Dengan mengerjakan LKS siswa dibimbing untuk memahami sifat garis sejajar.f.Guru bersama siswa membahas LKSg. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengerjakan latihan soal.h. Dengan Tanya jawab, guru mengecek pemahaman siswa.3. Penutupa.Guru bersama dengan siswa merangkum materi yang telah dibahas.b. Guru memberikan pekerjaan rumah berupa latihan soal.D. EvaluasiEvaluasi pembelajaran dilakukan dengan memperhatikan aspek:a. Sikap dan Minat

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->