Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
73Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Ilmu Negara

Makalah Ilmu Negara

Ratings: (0)|Views: 7,641 |Likes:
Published by soctariani

More info:

Published by: soctariani on Mar 12, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/10/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUANLatar Belakang
Ilmu tidak dapat dipisah-pisahkan dalam kotak-kotak yang terpaku mati (compartmentization).Oleh karena itu tidak mungkin ilmu tersebut berdiri sendiri terpisah satu sama lainnya tanpa adanya pengaruh dan hubungan. Dan dalam hal ini ilmu negara sebagai salah satu cabang ilmu pengetahuansosial sebagaimana halnya dengan ilmu politik, hukum, kebudayaan, ekonomi, psikologis, dan lainsebagainya merupakan cabang dari ilmu pengetahuan sosial yang khusus.Semua ilmu-ilmu sosial khusus ini secara bersama-sama akan membentuk suatu ilmu sosialilmu umum yang akan tersalur ke dalam ilmu induknya atau mater scientarium.Oleh karena itu ilmu negara sebagai salah satu cabang ilmu pengetahuan sosial umumnya harus bekerja sama dengan cabang-cabang ilmu pengetahuan sosial lainnya karena dapat memberi danmenerima pengaruhnya dan bantuan jasanya satu sama lain yang saling memerlukan sehingga dapatsaling mengisi dan lengkap melengkapi, sehingga terwujud hubungan komplementer. Karenanya akanlebih bermanfaat bila memahami objek yang diselidikinya.Pun terdapat hubungan secara interdependen di antara cabang-cabang ilmu pengetahuan sosialitu dengan yang lainnya, dikarenakan mempergunakan metode dan teknik yang sama. Metode danteknik ilmu pengetahuan sosial pada umumnya dipergunakan pula oleh hampir semua cabang-cabangilmu pengetahuan sosial pada khususnya, seperti ilmu negara, ilmu hukum, ilmu politik dan lainsebagainya.Dalam hubungan secara khusus antara ilmu negara dengan cabang-cabang ilmu pengetahuansosial tertentu, dimaksudkan adanya hubungan yang pada pokoknya dititikberatkan dan digolongkankepada objek penyelidikan yang sama yaitu; negara.Hal ini terutama nampak dengan jelas hubungan khusus antara ilmu negara dengan ilmu politik, ilmu hukum tata negara dalam arti luas dan ilmu perbandingan hukum tata negara.
Rumusan Masalah
Berdasarkan kerangka pemikiran yang telah dijelaskan pada latar belakang di atas timbul pertanyaan yaitu: Negara dengan ilmu politik dan ilmu hukum tata negara juga perbandingan ilmu hukum tanda negara.
Tujuan Pembahasan
Untuk menjelaskan tentang bagaimana hubungan antara ilmu negara dengan ilmu politik danilmu hukum tanda negara juga ilmu perbandingan hukum tanda negara.
 
BAB IIPEMBAHASAN
ILMU NEGARA SEBAGAI HUKUM TATA NEGARA DALAM ARTI LUAS
Orang yang pertama kali melakukan penelitian yang komprehensif tentang Ilmu Negara adalah
Georg Jellinek 
sebagaimana dituangkan dalam bukunya yang berjudul
 Allgemeine Staatslehre
(Ilmu Negara Umum). Istilah Ilmu Negara sepadan dengan
 Die Staatslehre
(Jerman),
Staatsleer 
(Belanda),
Theory of State
atau
The General Theory of State, Political Science
atau
 Political Theory
(Inggris), dan
Theorie d’Etat 
(Prancis).
Ilmu Negara
 Yang Dimaksud Ilmu Negara adalah ilmu yang mempelajari pengertian-pengertian pokok dansendi pokok negara pada umumnya. Kajiannya mencakup hal-hal yang sama atau serupa dalam negara-negara yang ada atau pernah ada, misalnya tentang terjadinya negara, lenyapnya negara, tujuan danfungsi negara, perkembangan negara, bentuk negara dan sebagainya. Ilmu Negara menekankan hal-halyang bersifat umum dengan menganggap negara sebagai
 genus
(bentuk umum) dan mengesampingkansifat-sifat khusus dari negara-negara. Ilmu Negara tidak membahas bagaimana pelaksanaan hal-halumum itu dalam suatu negara tertentu. Maka Ilmu Negara bernilai teoritis.
M. Solly Lubis
,
SH
, dalam bukunya
 Ilmu Negara
berpendapat bahwa Ilmu Negara mempelajari negarasecara umum mengenai asal-usul, wujud, lenyapnya, perkembangan dan jenis-jenisnya. Obyek ilmunegara bersifat abstrak dan umum, tak terikat ruang, tempat, waktu dan bersifat universal.Maka Ilmu Negara berfungsi:1.Menyelidiki pengertian pokok dan sendi-sendi pokok negara dan Hukum Tata Negara; dan2.Merupakan ilmu dasar bagi Hukum Tata Negara Positif (HTN
hic et nunc
).Dengan kata lain, seorang yang akan mempelajari Hukum Tata Negara harus terlebih dulu memahamiIlmu Negara, karena Ilmu Negara memberikan dasar-dasar teoritis Hukum Tata Negara dan HukumTata Negara merupakan realisasi dari teori-teori Ilmu Negara.
Beberapa pengertian Hukum Tata Negara:Prof.Dr.Mr. J.H.A. Logemann
:
Hukum Tata Negara ialah serangkaian kaidah hukum mengenai jabatan atau kumpulan jabatandi dalam negara dan mengenai lingkungan berlakunya hukum suatu negara;
Hukum Tata Negara ialah hukum organisasi negara.
Prof.Mr. W. Prins
: Hukum Tata Negara ialah hukum yang menentukan aparatur negara yangfundamental yang langsung berhubungan dengan setiap warga masyarakat.
Prof.Mr. C. van Vollenhoven
: Hukum Tata Negara merupakan hukum tentang distribusi kekuasaannegara.
Prof.Dr.Mr. L.J. van Apeldoorn
: Hukum Tata Negara (dalam arti sempit) adalah hukum yangmenunjukkan orang yang memegang kekuasaan pemerintah dan batas-batas kekuasaannya.
A.V. Dicey
: Hukum Tata Negara ialah seluruh peraturan yang secara langsung maupun tidak langsung
 
mengenai pembagian kekuasaan dan pelaksana tertinggi suatu negara.
Prof.Mr. R. Djokosutono
: Hukum Tata Negara ialah hukum mengenai konstitusi negara dan konstelasinegara, dan karena itu hukum tata negara disebut juga hukum konstitusi negara (
Constitutional Law
).
Maurice Duveger
: Hukum Tata Negara ialah hukum yang mengatur organisasi dan tugas-tugas politik dari suatu lembaga negara.
Persamaan Ilmu Negara dan Hukum Tata Negara:
Ilmu Negara dan Hukum Tata Negara memiliki pokok bahasan yang sama, yaitu negara.
Ilmu Negara dan Hukum Tata Negara termasuk ilmu sosial dan memiliki obyek penelitian yangsama, yaitu manusia yang berkeinginan hidup dan berkembang dalam tata kehidupan bernegara.
Ilmu Negara dan Hukum Tata Negara memiliki dalil-dalil dan rumusan/ definisi yang bersifatnisbi (relatif) berbeda sesuai dengan sudut pandang ahli yang mengemukakannya.
Perbedaan Ilmu Negara dan Hukum Tata Negara:Ilmu NegaraHukum Tata NegaraAspek/Obyek yangdipelajari
 Negara secara umum, asal-usul, unsur-unsur, timbuldan lenyapnya, tujuannyadan jenis-jenis atau bentuk negara secara umum Negara tertentu, bagaimana pemerintahan dalam negaraitu disusun dan dijalankanmulai dari pemerintah pusathingga daerah dalamwilayah kekuasaannya
Sifat
Teoritis/ AbstrakPraktis/ Nyata
KetentuanUmumNegara
Pelaksanaannya tidak diuraikanPelaksanaannya diuraikansecara khusus
Definisi
Ilmu yang mempelajari asal-usul, perkembangan wujuddan lenyapnya suatu NegaraIlmu yang mempelajarisistem pemerintahan suatu Negara
Sifat-sifat Negara
 Negara memiliki sifat-sifat khusus yang merupakan manifestasi kedaulatan yang dimilikinyadan yang membedakannya dari organisasi lain yang juga memiliki kedaulatan.1.
Sifat memaksa
, yang berarti bahwa negara memiliki kekuasaan untuk menggunakankekerasaan fisik secara legal agar peraturan undang-undang ditaati sehingga penertiban dalammasyarakat tercapai dan tindakan anarkhi dapat dicegah.2.
Sifat monopoli
, yang berarti bahwa negara memegang monopoli dalam menetapkan tujuan bersama masyarakat. Dalam hal ini, negara dapat melarang suatu aliran kepercayaan atau politik tertentu yang membahayakan kehidupan berbangsa dan bernegara.3.
Sifat mencakup semua
 
(all-encompassing, all-embracing)
, yang berarti bahwa seluruh peraturan undang-undang dalam suatu negara berlaku untuk semua orang yang terlibat didalamnya tanpa kecuali. Apabila ada orang yang dibiarkan berada di luar ruang lingkup

Activity (73)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Mas Bedjo liked this
Erickhson Sinaga added this note
waw good job.......
Uwong Songong liked this
Morten Than liked this
Yudit Vaddruci liked this
Deyus Mardhan liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->