Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
40Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
sistem rujukan puskesmas

sistem rujukan puskesmas

Ratings: (0)|Views: 2,141 |Likes:
Published by Falefhi Rizqia Dani

More info:

Published by: Falefhi Rizqia Dani on Mar 13, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/26/2013

pdf

text

original

 
BAB IIPUSAT KESEHATAN MASYARAKAT (PUSKESMAS)
A. Pengertian
Puskesmas merupakan suatu kesatuan organisasi kesehatan fungsional yang merupakanpusat pengembangan kesehatan masyarakat yang juga membina peran serta masyarakatdisamping memberikan pelayanan secara menyeluruh dan terpadu kepada masyarakat di wilayahkerjanya dalam bentuk kegiatan pokok.Wilayah kerja puskesmas meliputi satu kecamatan atau sebagian dari kecamatan. Faktor kepadatan penduduk, luas daerah, keadaan geografi dan keadaan infrastruktur lainnya merupakanbahan pertimbangan dalam menentukan wilayah kerja puskesmas.Sasaran penduduk yang dilayani oleh sebuah puskesmas rata-rata 30.000. penduduk. Untuk perluasan jangkauan pelayanan kesehatan maka puskesmas perlu ditunjang dengan unitpelayanan kesehatan yang lebih sederhana yaitu Puskesmas Pembantu dan Puskesmas Keliling.Pelayanan kesehatan yang diberikan di Puskesmas adalah pelayanan kesehatan yangmeliputi pelayanan pengobatan (kuratif), upaya pencegahan (preventif), peningkatan kesehatan(promotif) dan pemullihan kesehatan (rehabilitatif) yang ditujukan kepada semua penduduk dantidak dibedakan jenis kelamin dan golongn umur, sejak pembuahan dalam kandungan sampaitutup usia.Fungsi Puskesmas.
Sebagai pusat pembangunan kesehatan masyarakat di wilayah kerjanya.
Membina peran serta masyarakat di wilayah kerjanya dalam rangka meningkatkankemampuan untuk hidup sehat.
Memberikan pelayanan kesehatan secara menyeluruh dan terpadu kepada masyarakat diwilayah kerjanya.
B. Sistem Rujukan
Rujukan menurut SK Menteri Kesehatan RI Nomor 032/Birhub/72 tahun 1972, yaknimelaksanakan pelimpahan tanggung jawab timbal balik terhadap suatu kasus penyakit ataumasalah kesehatan secara vertikal dalam arti dari unit yang berkemampuan kurang kepada unityang berkemampuan cukup, atau secara horisontal dalam arti sesama unit yang setingkatkemampuannya.Sistem rujukan adalah suatu sistem jaringan pelayanan kesehatan yang memungkinkanterjadinya penyerahan tanggung jawab secara timbal balik atas timbulnya masalah dari suatukasus atau masalah kesehatan masyarakat, baik secara vertikal maupun horisontal, kepada yanglebih kompeten, terjangkau dan dilakukan secara rasional.
Jenis Rujukan :
a) Rujukan Medis :
Konsultasi penderita, untuk keperluan diagnostik, pengobatan, tindakan operatif dan lain-lain.
12
 
Pengiriman bahan (spesiemen) untuk pemeriksaan laboratorium yang lebihlengkap.
Mendatangkan atau mengirim tenaga yang lebih kompeten atau ahli untuk meningkatkan mutu pelayanan pengobatan setempat.b) Rujukan KesehatanRujukan yang menyangkut masalah kesehatan masyarakat yang bersifat preventif danpromotif, yang antara lain meliputi bantuan :
Survey epidemiologi dan pemberantasan penyakit atas kejadian luar biasa atauberjangkitnya penyakit menular.
Pemberian pangan atas terjadinya kelaparan di suatu wilayah.
Penyidikan sebab keracunan, bantuan tekhnologi penanggulangan keracunan danbantuan obat-obatan atas terjadinya keracunan massal.
Pemberian makanan, tempat tinggal dan obat-obatan untuk pengungsi atasterjadinya bencana alam.
Saran dan teknologi untuk penyediaan air bersih atas masalah kekurangan air bersih bagi masyarakat umum.
Pemeriksaan spesiemen air di Laboratorium Kesehatan dan sebagainya.
C. Kegiatan Pokok Puskesmas
Sesuai dengan kemampuan tenaga maupun fasilitas yang berbeda-beda, maka kegiatanpokok yang dapat dilaksanakan oleh sebuah Puskesmas akan berbeda-beda pula. Namundemikian kegiatan pokok Puskesmas yang seharusnya dilaksanakan adalah sebagai berikut :1. Kesejahteraan Ibu dan Anak.2. Keluarga Berencana.3. Usaha Peningkatan Gizi.4. Kesehatan Lingkungan.5. Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Menular.6. Pengobatan Termasuk Pelayanan Darurat Karena Kecelakaan.7. Penyuluhan Kesehatan Masyarakat.8. Kesehatan Sekolah.9. Kesehatan Olahraga.10. Perawatan Kesehatan Masyarakat.11. Kesehatan Kerja.12. Kesehatan Gigi dan Mulut.13. Kesehatan Jiwa.14. Kesehatan Mata.15. Laboratorium Sederhana.16. Pencatatan dan Pelaporan Dalam Rangka Sistem Informasi Kesehatan.17. Kesehatan Lanjut Usia.18. Pembinaan Pengobatan Tradisional.Pelaksanaan kegiatan pokok Puskesmas diarahkan kepada keluarga sebagai satuanmasyarakat terkecil. Setiap kegiatan pokok Puskesmas dilaksanakan dengan pendekatanPembangunan Kesehatan Masyarakat Desa (PKMD).
13
 
D. Pengelolaan Obat di Puskesmas.
Pengelolaan obat di Puskesmas dapat dilakukan oleh seorang apoteker atau seorangasisten apoteker. Tugas pokoknya adalah mengelola obat-obatan yang ada di Puskesmas, yangmeliputi :1. Perencanaan, yaitu menyusun perkiraan kebutuhan obat tahun yang akan datang.2. Pengadaan, yaitu melaksanakan pengambilan obat dari Gudang Farmasi.3. Penerimaan, yaitu melaksanakan penerimaan obat yang diserahkan dari institusi yanglebih tinggi, dan atau menerima pengembalian obat dari bawah.4. Penyimpanan, yaitu kegiatan untuk mengamankan persediaan obat.5. Distribusi, yaitu kegiatan menyerahkan obat ke unit-unit pelayanan.6. Penggunaan, yaitu kegiatan pemanfaatan obat untuk penderita yang sesuai.7. Pencatatan dan pelaporan, yaitu kegiatan membuat catatan dan laporan untuk tatausaha obat-obatan di Puskesmas.Fungsi : membantu dokter untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan di Puskesmas.
Kegiatan Pokok :
Mempersiapkan pengadaan obat di Puskesmas.
Mengatur penyimpanan obat dan alat kesehatan di Puskesmas
Mengatur administrasi obat di Puskesmas
Meracik obat-obatan untuk diberikan kepada penderita sesuai perintah dokter.
Membuat zat reagens untuk laboratorium.
Mengatur distribusi obat sederhana untuk UKS dan KIA/KB.
Menyediakan obat untuk Puskesmas Keliling dan Puskesmas Pembantu.Kegiatan lain :
Penyuluhan kesehatan terutama dalam bidang penggunaan obat keras dan bahayanarkotika.
Pencatatan dan pelaporan kegiatan yang dilakukan.
Membantu melaksanakan fungsi manajemen.
Pemegang inventaris peralatan medis Puskesmas.
E. Fasilitas Pendukung
1. Puskesmas Pembantu
Adalah unit pelayanan kesehatan yang sederhana dan berfungsi menunjang dan membantumelaksanakan kegiatan-kegiatan dalam ruang lingkup wilayah yang lebih kecil.
2. Puskesmas Keliling 
Unit pelayanan kesehatan keliling yang dilengkapi dengan kendaraan bermotor roda 4 atauperahu bermotor dan peralatan kesehatan, peralatan komunikasi serta sejumlah tenaga yangberasal dari Puskesmas. Fungsinya menunjang dan membantu melaksanakan kegiatan-kegiatanPuskesmas dalam wilayah kerjanya yang belum terjangkau oleh pelayanan kesehatan.
14

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->