Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Ilmu Grafis Tutorial Desain Tips Membuat Brosur Yang Menarik Untuk Menarik Perhatian Konsumen

Ilmu Grafis Tutorial Desain Tips Membuat Brosur Yang Menarik Untuk Menarik Perhatian Konsumen

Ratings: (0)|Views: 904|Likes:
Published by Yusuf

More info:

Categories:Topics, Art & Design
Published by: Yusuf on Mar 13, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/13/2011

pdf

text

original

 
Ilmu Grafis Tutorial Desain Tips Membuat Brosur yang Menarik untuk menarikperhatian konsumen. Brosur harus memiliki penampilan atau kesan pertama(first impression) yang cukup menarik mata meskipun hanya dengan sekali lihatsaja. Rata-rata orang menggunakan waktu hanya 3 detik untuk melihat sebuahiklan. Dalam waktu hanya sekian detik itulah Anda harus bisa mencuri perhatianorang.Kali ini saya hanya membahas tentang cara mendesainnya saja, tidak termasukke dalam teknik print atau penggunaan kertas print. Wajib Anda ketahui bahwauntuk membuat sebuah brosur printed (nantinya akan dicetak), wajib memenuhisyarat dan kriteria percetakan. Sehingga tampilan yang ada di komputer miripatau menyerupai kualitas tampilan pada hasil cetak.
Tips Membuat Brosur yang MenarikTips Pertama
(desain)Berikan foto wanita/pria yang menarik di bagian depan brosur. Ini digunakandihampir semua produk di dunia. Bahkan pada perusahaan-perusahaan besar digunakan publik figur yang terkenal seperti para selebriti, atlit olah raga, ratukecantikan tokoh masyarakat dan pemimpin organisasi besar. Tentunya janganlupa juga untuk mencantuman foto produk kita, karena pada dasarnya produkkitalah yang dijual.Foto orang yang digunakan sebagai figur produk kita ini tidak bolehsembarangan. Harus disesuaikan dengan produk yang kita jual. Misalnya kalauyang dijual produk kosmetik atau alat kecantikan, maka harus menampilkan figur wanita yang juga cantik dan menarik. Kalau yang dijual obat atau alat pelangsingtubuh, maka tampilkan wanita yang memiliki tubuh yang langsing dan ideal.Kalau produk yang dijual popok bayi, maka tampilkan bayi yang bertubuh sehat,berkulit bersih, memiliki mimik muka yang menggemaskan dan lucu. Harmonidan balance (seimbang) adalah kata singkatnya..Perludiigat, masukkan foto punya sendiri atau anda punya hak menggunakannya agar tidak terkena klaim copyright atau kepemilikan. Gambar ini digunakan sebagai
 
penguat dan alat komunikasi visual (kadang bisa menjadi testimonial non verbal).Tanda kurung setelah tips adalah penggunaan tips tersebut.
Tips Kedua
(konsep)Gunakan judul utama yang bombastis & fantastis (unpredictable, surprising,mengandung unsur WOW, jika memungkinkan memainkan segi emosikonsumen) sehingga menarik perhatian orang yang secara sekilas membacauntuk kemudian karena tertarik akan membaca ulang kembali dalam hatinya. Halini sebenarnya tidak terbatas, apapun itu (kita perlu memahami konsepnya;hubungan tulisan dan objek produk; ). Kita saja kadang membatasinya karenaruang lingkup tertentu.Judul utama ini biasanya dicetak sangat besar, memiliki jenis huruf yang unik,berwarna mencolok dan mendominasi halaman depan brosur. Kata-kata ataukalimat yang dipakai tidak boleh terlalu panjang, jadi judul utamanya harussingkat tetapi bisa mewakili program promosi atau produk yang dijual. Kadang-kadang kita sulit sekali menemukan kata-kata yang menjadi kunci dari iklan yangakan kita buat. Oleh sebab itu janganlah terburu-buru dalam menentukan kata-kata kunci ini.Buatlahbeberapa alternatif judul / kata kunci, lalu tanyalah kepada beberapa orang disekitar kita apa pendapat mereka dengan kata-kata tersebut. Buatlah surveykecil-kecilan agar Anda yakin betul bahwa judul utamanya memakai ata-katayang menarik perhatian banyak orang. Contoh penggunaan judul utama yangsering digunakan dapat Anda lihat seperti di bawah ini : “Cuci Gudang”, “DiskonGede-gedean”, “Beli 1 dapat 2”, “Lindungi Mobil Anda”, “Menu Istimewa”, “15menit dari pintu tol” dan lainya.Judul utama ini kadang-kadang juga menggunakan problem/masalah utamayang ada pada konsumen yang dituju, misalnya : “Problem Kegemukan?,“Bermasalah dengan Jerawat?”,· “Susah Buang Air Besar?
Tips Ketiga
(konsep dan desain)Gunakan nuansa warna yang sesuai dengan produk dan target pembeli Anda.Anda perlu membaca filosfi warna untuk memahami lebih mendalam padaartikel
 
warna. Ini juga sangat penting karena penggunaan warna-warna tertentuternyata mempengaruhi daya tarik konsumen tingkat/golongan tertentu pula.Misalnya, untuk produk mainan anak-anak akan lebih sesuai dan lebih menarikbila digunakan warna-warna dasar yang terang. Untuk produk asesoris remajaputri akan lebih menarik bila lebih banyak menggunakan warna pink.Untukproduk elektronik atau barang berteknologi tinggi biasanya akan banyakmenggunakan warna biru, merah dan hitam. Untuk produk interior exclusiveakan lebih baik banyak menggunakan warna coklat, crème dan hitam. Jadikomposisi warna ini berfungsi juga dalam menarik perhatian orang-orang dengansegmen yang berbeda-beda.
Tips Keempat
(konsep)Cantumkan Harga (bila memungkinkan) atau Diskon produk Anda. Bila Andayakin bahwa harga produk Anda paling murah atau diskon Anda paling besar dibanding dengan merek lain yang mutunya sama (point of interest produk),jangan ragu-ragu untuk mencantumkannya. Bahkan kalau memungkinkanjadikan harga tersebut sebagai unsur dalam judul Utama dan dicetak besar sertadominan. Harga yang murah dan mutu yang bagus adalah dambaan setiapkonsumen termasuk Anda dan saya juga tentunya. Oleh sebab itu konsumenakan langsung tertarik bila harga produk yang mereka cari ternyata ada yanglebih murah dibanding dengan yang lainnya.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->