Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword or section
Like this
95Activity
×
P. 1
LAPORAN KERJA PRAKTEK canang

LAPORAN KERJA PRAKTEK canang

Ratings: (0)|Views: 25,663|Likes:
Published by Sevtunus Bangun

More info:

Published by: Sevtunus Bangun on Mar 14, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

08/18/2013

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Kerja Praktek 
Dalam melaksanakan pembangunan di bidang kelistrikan diperlukan Sumber Daya Manusia(SDM) yang handal dan berkualitas. Sebagai salah satu Perguruan Tinggi , Institut Teknologi Medan(ITM) berusaha memberikan sumbangan dalam usaha untuk mempersiapkan mahasiswanya agar memiliki SDM yang siap untuk menghadapi tantangan dalam era globalisasi.Di dalam lembaga pendidikan yang merupakan tempat untuk menempah SDM, pada umumnya pendidikan yang diberikan lebih memfokuskan kepada pengetahuan yang bersifat teoritis. Pendidikandan pengetahuan yang bersifat teoritis dirasakan sangat kurang sekali.Karena itu harus ada wadah yang cukup memadai bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan pengetahuan teori yang dimiliki secara nyata. Untuk itu diperlukan kerja sama antara lembaga pendidikan dengan dunia industri agar dapat memberikan kesempatan kerja kepada mahasiswa untuk melakukan kerja praktek di industri yang bersangkutan.
1.2 Tujuan Kerja Praktek 
Tujuan kerja praktek lapangan merupakan salah satu upaya efektif yang menjembatani antaradunia kampus yang teoritis dengan dunia industri yang bersifat praktis serta untuk menjalin hubunganantara perguruan tinggi dan industri.Dengan kerja praktek ini diharapkan dapat membina kemampuan dan keterampilan mahasiswa
 
2secara optimal. Kerja praktek ini merupakan bagian yang paling relevan dengan bidang studimahasiswa, maka diharapkan mahasiswa dapat lebih mencurahkan perhatian serta pikirannya pada bidang ini dengan sungguh-sungguh membuat perbandingan relevansi maupun aplikasi dari pelajaranyang telah didapatkan di bangku kuliah sehingga dapat memiliki pemahaman yang baik dan tidak canggung menghadapi teknologi yang ada di dunia industri serta diharapkan mampumengembangkannya meskipun tahap pengembangan ini dalam bentuk studi. Di samping itu mahasiswadiharapkan mampu mengevaluasi dan membenahi kemampuan praktikalnya yang kelak dapatditerapkan setelah menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi, yang akan memberikan peluangkepada mereka untuk menjadi sumber daya manusia yang dapat diandalkan bagi pembangunannasional. Dengan demikian setelah mahasiswa menyelesaikan studi kuliahnya dapat menjadi sarjanayang siap pakai seperti yang diharapkan, terutama dalam menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM )yang berpotensi.
1.3 Waktu dan Tempat Kerja Praktek 
Kerja praktek ini penulis laksanakan mulai tanggal 18 Mei 2009 sampai 05 Juni 2009 di
PT.PLN ( PERSERO) PEMBANGKITAN SUMATERA BAGIAN UTARA SEKTOR PEMBANGKITAN BELAWAN
.
1.4 Ruang Lingkup Kerja Prakte
Mengingat bahwa tidak semua bidang dapat dipelajari serta keterbatasan waktu dankemampuan, maka kerja praktek ini memfokuskan pada unit Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU)
 
3Sicanang Belawan serta jenis cara kerja peralatan listrik di PLTU.
1.5 Manfaat Kerja Praktek 
1. Bagi Mahasiswaa.Dapat memahami berbagai sistem kerja yang ada di berbagai perusahaan atauindustri. b.Dapat menerapkan serta dapat mengembangkan ilmu yang diperoleh selama kuliahdengan kerja lapangan.c.Memperoleh kesempatan berlatih pada dunia industri.d.Menambah wawasan dan pengetahuan untuk mempersiapkan diri baik secarateoritis maupun secara praktis.2. Bagi Perguruan TinggiMempererat kerja sama dan sosialisasi antara perusahaan dan universitas.3. Bagi PerusahaanMemudahkan dalam mencari Sumber Daya Manusia yang profesional.
1.6 Metode Pelaksanaan Kerja Praktek 
Kerja Praktek ini dilaksanakan di
PT. PLN (Persero) Sektor Pembangkitan Belawan.
Kerja Praktek ini dilaksanakan dalam tiga metode yang lazim digunakan, yaitu :
1.Metode Diskusi

Activity (95)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
franciscusudut liked this
Endriko Putra liked this
RUkhan FauZzii liked this
Nulvi Rizaldi liked this
Zick D'trailer liked this
Annisa Shanti R liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->