Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
19Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
NIFAS dalam islam

NIFAS dalam islam

Ratings: (0)|Views: 1,274 |Likes:
Published by anon_601563736

More info:

Published by: anon_601563736 on Mar 15, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/01/2013

pdf

text

original

 
NIFAS BAGI WANITA YANG MELAHIRKAN SECARA SPONTAN
 ²-Samahatusy Syaikh Muhammad bin Ibrahim Alusy Syaikh rahimahullahu mengatakanbahwa Wanita yang nifas memiliki beberapa keadaan :
Pertama
:²-Darah nifasnya berhenti sebelum sempurna 40 hari dan setelah itu sama sekali tidak keluar lagi. Maka ketika darah tersebut berhenti/tidak keluar lagi, si wanita harus mandi,puasa (bila bertepatan dengan bulan Ramadhan), dan mengerjakan shalat (bila telah masuk waktunya).
Kedua
:²-Darah nifasnya berhenti sebelum genap 40 hari, namun beberapa waktu kemudiandarahnya keluar lagi sebelum selesai waktu 40 hari. Pada keadaan ini, si wanita mandi, puasa,dan shalat di saat berhentinya darah. Namun di saat darah tersebut kembali keluar berarti iamasih dalam keadaan nifas, sehingga ia harus meninggalkan puasa dan shalat. Ia harusmengqadha puasa wajib yang ditinggalkannya sementara untuk shalat yang ditinggalkan tidak ada qadha.
Ketiga
:²-Darahnya terus menerus keluar sampai sempurna waktu 40 hari. Maka dalam jangkawaktu 40 hari tersebut, ia tidak shalat dan tidak puasa. Setelah berhenti darahnya, barulah iamandi, puasa, dan shalat.
Keempat
:²-Darahnya keluar sampai lewat 40 hari.Dalam hal ini ada dua gambaran:1.
 
eluarnya darah setelah 40 hari tersebut bertepatan dengan waktu kebiasaan haidnya,yang berarti ia haid setelah nifas. Maka ia menunggu sampai selesai masa haidnya,baru bersuci.2.
 
eluarnya darah tidak bertepatan dengan kebiasaan haidnya. Maka ia mandi setelahsempurna nifasnya selama 40 hari, ia mengerjakan puasa dan shalat walaupundarahnya masih keluar.²-Apabila kejadian ini berulang sampai tiga kali, yakni setiap selesai melahirkan, darimelahirkan anak yang pertama sampai anak yang ketiga misalnya, darahnya selalu keluarnyalebih dari 40 hari berarti ini merupakan kebiasaan nifasnya. Yakni masa nifasnya memanglebih dari 40 hari. Selama masa nifas yang lebih dari 40 hari itu, ia meninggalkan puasa yangberarti harus dia qadha di waktu yang lain (saat suci), sementara shalat yang ditinggalkantidak ada qadhanya.²-Apabila kejadian keluarnya darah lebih dari 40 hari ini tidak berulang, yakni hanya sekali,maka darah tersebut bukanlah darah nifas tapi darah istihadhah.
 
²-Mengenai darah terus keluar dari seorang wanita yang nifas sampai lebih 40 hari,Fadhilatusy Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullahu berpendapat bahwaWanita yang nifas bila tetap keluar darahnya lebih dari 40 hari dalam keadaan darah tersebuttidak mengalami perubahan, maka bila kelebihan waktu tersebut bertepatan dengan masakebiasaan haid yang pernah dialaminya (sebelum hamil), ia tidak boleh mengerjakan shalatdan puasa (karena statusnya ia sedang haid).²-Bila tidak bertepatan dengan waktu kebiasaan haidnya yang dulu, ada perbedaan pendapatdi kalangan ulama.
Pertama
:²-Bila telah sempurna waktu 40 hari dari masa nifasnya, wanita tersebut mandi dan harusmengerjakan shalat bila telah masuk waktunya sekalipun darah terus keluar/mengalir darikemaluannya, karena si wanita sekarang terhitung mengalami istihadhah.
Kedua
:²-Si wanita tetap menunggu berhentinya darah sampai 60 hari, yang berarti ia masihberstatus nifas.
arena memang ada wanita yang masa nifasnya 60 hari. Ini perkara yangmemang nyata, ada sebagian wanita yang kebiasaan nifasnya selama 60 hari. Berdasarkan halini, si wanita yang darahnya terus keluar lebih dari 40 hari tetap menanti sucinya sampaimaksimal 60 hari. Selewatnya dari 60 hari, ia menganggap dirinya haid bila darah masih sajakeluar dalam hitungan waktu/lama kebiasaan haidnya. Setelahnya ia mandi dan shalatwalaupun darahnya masih keluar, karena kali ini ia terhitung wanita yang istihadhah.²- 
NIFAS BAGI WANITA YANG MELAHIRKAN DENGAN BEDAH CAESAR 
 ²-Menurut
Al-Lajnah Ad-Da¶imah lil Buhuts Al-¶Ilmiyyah wal Ifta¶ 
yang saat itu diketuaiSamahatusy Syaikh Abdul µAziz bin Abdillah bin Baz rahimahullahu mengatakan bahwaHukum bagi wanita yang melahirkan secara seksio sesarea sama dengan hukum wanita-wanita lain yang mengalami nifas dengan persalinan normal. Bila ia melihat keluarnya darahdari kemaluannya, ia meninggalkan shalat dan puasa sampai suci. Bila ia tidak lagi melihatkeluarnya darah maka ia mandi, mengerjakan shalat dan puasa seperti halnya wanita-wanitayang suci.
²-
 
DARAH YANG KELUAR SEBELUM MELAHIRKAN
 ²-Jika seorang wanita hamil, lalu keluar darah dari kemaluannya lima hari sebelummelahirkan di bulan Ramadhan, maka menurut
Al-Lajnah Ad-Da¶imah lil Buhuts Al-¶Ilmiyyah wal Ifta¶ 
:1.
 
Jika ia tidak melihat adanya tanda-tanda mau mekelahirkan, seperti rasa sakit karenaingin melahirkan/kontraksi, maka darah tersebut bukanlah darah haid dan bukan puladarah nifas, melainkan darah fasad (rusak). Menurut pendapat yang shahih. Si wanitatadi tidak meninggalkan ibadah, tetap mengerjakan shalat dan puasa.
 
2.
 
Apabila bersamaan dengan keluarnya darah tersebut diserta tanda-tanda akanmelahirkan, yakni berupa rasa sakit dan semisalnya, maka darahnya itu adalah darahnifas, sehingga ia tidak mengerjakan shalat dan puasa. Bila ia telah selesai/suci darinifasnya setelah melahirkan, ia wajib mengqadha puasanya.²- 
umber Bacaan :
 1. Fatawa Al-Mar¶ah Al-Muslimah, hal. 60-612. Fatawa Al-Mar¶ah Al-Muslimah, hal. 703. Fatawa Al-Mar¶ah Al-Muslimah, hal. 67

Activity (19)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Rossy Afiano liked this
Yatty Sandy liked this
Titin Khususiyah liked this
Abdullah Jiee liked this
Eva ANetha liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->