Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
28Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
1.Struktur Dan Fungsi System an Pada Manusia

1.Struktur Dan Fungsi System an Pada Manusia

Ratings: (0)|Views: 4,635|Likes:
Published by bin15bul

More info:

Published by: bin15bul on Mar 15, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, PPTX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/28/2012

pdf

text

original

 
Hidung merupakan alat pernapasan yangterletak di luar dan tersusun atas tulang rawan.Pada bagian ujung dan pangkal hidungditunjang oleh tulang
nasalis
. Rongga hidungdibagi menjadi dua bagian oleh septum nasalis,yaitu bagian kiri dan kanan. Bagian depanseptum ditunjang oleh tulang rawan, sedangkanbagian belakang ditunjang oleh tulang vomerdan tonjolan tulang ethmoid.
STRUKTUR & FUNGSI SISTEM PERNAPASANSTRUKTUR & FUNGSI SISTEM PERNAPASAN
 
M
elalui celah-celah pada ketiga tonjolan ini udara inspirasiakan dipanaskan oleh darah di dalam kapiler dan dilembapkan olehlendir yang disekresikan oleh sel goblet. Lendir juga dapatmembersihkan udara pernapasan dari debu. Bagian atas darirongga hidung terdapat daerah olfaktorius, yang mengandung sel-sel pembau. Sel-sel ini berhubungan dengan saraf otak pertama(nervus olfaktorius).Bagian bawah ronggahidung dibatasi oleh tulangpalatum, dan maksila.Bagian atas dibatasi olehethmoid, bagian sampingoleh tulang maksila, konkanasalis inferior, danethomoid sedangkan bagiantengah dibatasi oleh septumnasalis.Pada dinding lateralterdapat tiga tonjolan yangdisebut konka nasalissuperior, konka media dankonka inferior.
 
FungsiHidung:
a. Menghangatkan udara
Hidung dapat berfungsi menghangatkan udara. Hal ini didukungoleh struktur pembuluh darah yang ada di sekitar hidung. Disekitar rongga hidung terdapat banyak sekali pembuluh darahyang sangat kecil dan sangat tipis dindingnya. Karena strukturnyayang seperti ini, maka panas yang berasal dari darah sisaberpindah ke udara yang melewatinya sehingga dapatmenghangatkan udara tersebut.
b. Melembabkan Udara
Hidung mensekresikan lendir, bahkan setiap harinya lendir yangdiekskresikan mencapai ± 1 liter. Dengan adanya lendir tersebut,maka air akan diuapkan untuk melaksanakan proses pelembapanudara tersebut, dengan demikian udara yang masuk ke paru-paruakan selalu dalam keadaan lembap, yaitu ± 80%.
c. Membersihkan Udara
Dengan adanya lendir yang terdapat pada hidung, ternyata dapatmenjerat kotoran atau kuman yang berhasil lolos dari saringan.Selain itu, di dalam rongga hidung juga terdapat bulu-bulu getar,yang berfungsi sebagai penyaring udara
.

Activity (28)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Heny Noy Oktaria liked this
Fhyra N. Salupa liked this
Jumriah K Kadir added this note|
wah bagus banget, materinya juga bagus, dan sangat membatu informasinya, dan sangat disayangkan tidak bisa di download gratis. sedangkan kami hanya seorang pelajar yang belum bisa memiliki penghasilan untuk membayarnya.
Riza Yuliadini liked this
Devie Demochavie liked this
Vera Watii liked this
Devie Demochavie liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->