Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
24Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
ANGGARAN BAHAN BAKU

ANGGARAN BAHAN BAKU

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 3,581 |Likes:
Published by Putet Megroxx
tentang aggaran bahan baku dan contoh-contohnya
tentang aggaran bahan baku dan contoh-contohnya

More info:

Published by: Putet Megroxx on Mar 16, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/17/2013

pdf

text

original

 
ANGGARAN BAHAN BAKUA.
 
Pengertian Anggaran Bahan Baku
Anggaran Bahan Baku adalah semua anggaran yang berhubungan danmerencanakan secara lebih terperinci tentang penggunaan bahan baku untuk proses produksi selama periode yang akan datang.Bahan baku yang digunakan dalam proses produksi dikelompokkanmenjadi Bahan Baku Langsung (Direct Material) dan
 
Bahan Baku Tak Langsung
 
(Indirect Material). Bahan baku langsung adalah semua bahan bakuyang merupakan ³bagian´ barang yang jadi yang dihasilkan. Biaya yangdikeluarkan untuk membeli bahan baku langsung ini mempunyai hubunganyang erat dan sebanding dengan jumlah barang jadi yang dihasilkan. Sehinggabiaya bahan baku langsung merupakan biaya variable bagi perusahaan. Bahanbaku tak langsung adalah bahan mentah yang ikut berperan dalam prosesproduksi, tetapi tidak secara langsung ³tampak´ pada barang jadi yangdihasilkan. Seandainya barang jadi yang dihasilkan adalah meja dan kursi kayumerupakan bahan baku baku langsung, sedangkan paku dan cat merupakanbahan baku tak langsung.Anggaran bahan baku hanya merencanakan kebutuhan dan penggunaanbahan baku langsung. Bahan mentah tak langsung akan direncanakan dalamanggaran biaya overhead pabrik.
B.
 
Tujuan Penyusunan Anggaran Bahan Baku
Secara ringkas tujuan penyusunan angaran bahan baku, antara lain :1.
 
Memperkirakan jumlah kebutuhan bahan baku2.
 
Memperkirakan jumlah pembelian bahan baku yang diperlukan3.
 
Sebagai dasar untuk memperkirakan kebutuhan dana yang diperlukanuntukmelaksanakan pembelian bahan baku.4.
 
Sebagai dasar penyusunan biaya produksi, yakni memperkirakan komponenharga pokok pabrik karena penggunaan bahan baku dalam proses produksi.5.
 
Sebagai dasar melaksanakan fungsi pengawasan bahan baku.
 
C
.
 
Jenis ± jenis Anggaran Bahan Baku
Anggaran Bahan Baku ini terdiri dari empat jenis anggaran, yaitu :
1
.
 
Anggaran Kebutuhan Bahan Baku (
Unit of Direct Materials Used Budget 
)
 
Anggaran Kebutuhan Bahan Mentah disusun untuk merencanakanjumlah fisik bahan baku langsung
 
yang diperlukan, bukan nilainya dalamrupiah.Secara terperinci anggaran ini harus dicantumkan :a.
 
J
enis barang jadi yang dihasilkan.b.
 
J
enis bahan baku yang digunakan.c.
 
Bagian-bagian yang dilalui dalam proses produksi.d.
 
Standar penggunaan bahan baku.e.
 
Waktu penggunaan bahan baku.
S
tandar
penggunaan
bahan (
S
P
)
adalah bilangan yangmenunjukkan berapa satuan bahan baku yang diperlukan untuk menghasilkan 1 (satu) satuan barang jadi.Contoh :Standar Penggunaan = 2, untuk barang jadi A dan bahan baku X. Artinyauntuk menghasilkan unit barang A diperlukan 2 unit bahan baku X.Manfaat dari anggaran kebutuhan bahan baku berguna sebagai dasar untuk penyusunan Anggaran Pembelian Bahan Baku dan Angaran BiayaBahan Baku.Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi penyusunan kebutuhananggaran bahan baku, yaitu:
y
 
Anggaran Unit yang akan Diproduksi, khususnya rencana tentang jenis(kualitas) dan jumlah (kuantitas) barang yang akan diproduksi dariwaktu ke waktu selama periode yang akan datang. Semakin besar jumlah unit yang akan diproduksi, akan semakin besar pula jumlah unitbahan bakunya, semakin kecil jumlah unit yang akan diproduksi, akansemakin kecil pula jumlah unit bahan baku yang dibutuhkan untuk proses produksi.
 
y
 
Berbagai standar pemakaian bahan (
Standard Usage Rate
) darimasing-masing jenis bahan baku untuk proses produksi yang telahditetapkan perusahaan. Dalam rangka mengetahui jumlah unit bahanbaku yang dibutuhkan untuk proses produksi, pada umumnyaperusahaan telah menetapkan standar-standar pemakaian tiap-tiap jenisbahan baku.Untuk menetapkan angka-angka standard ini dapat dilakukan dengandua metode, yaitu :
b
 
Dengan cara yang mendasarkan diri pada data historis ataupengalaman dari periode waktu yang lalu. Dengan membandingkanantara jumlah produk yang dihasilkan pada suatu periode denganjumlah bahan baku yang digunakan untuk berproduksi pada periodeyang sama.
b
 
Dengan cara yang mendasarkan diri pada penelitian-penelitiankhusus di dalam pabrik atau dengan melihat angka penggunaan rata-rata yang ditentukan secara statistik.
2
.
 
Anggaran Pembelian Bahan Baku
Anggaran Pembelian Bahan Baku berisi rencana kuantitas bahanbaku yang harus dibeli oleh perusahaan dalam periode waktu mendatang. Iniharus dilakukan secara hati-hati terutama dalam hal jumlah dan waktupembelian.
Ap
abila jumlah bahan baku yang dibeli terlalu besar 
akanmengakibatkan berbagai resiko, misalnya bertumpuknya bahan baku digudang yang mungkin itu dapat mengakibatkan penurunan kualitas, terlalulamanya bahan baku yang bergiliran untuk diproes, atau biaya penyimpananyang menjadi lebih besar.
Ap
abila jumlah
bahan
baku yang dibeli terlalu kecil 
, juga akanmendatangkan resiko berupa terhambatnya kelancaran proses produksiakibat kehabisan bahan baku, serta timbulnya biaya tambahan untuk mencari bahan baku pengganti secepatnya

Activity (24)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Jack Zar Kasih added this note
berbagi ilmu itu baik,kenapa download aja harus bayar
Amal Maulana liked this
Awal Awel liked this
Rachmat Vj liked this
Attika Cuantik liked this
Attika Cuantik liked this
Afiqo Putri liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->