Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
7Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
pencegahan dispepsia usu

pencegahan dispepsia usu

Ratings: (0)|Views: 582 |Likes:

More info:

Published by: Cho Maharani Rijhigo Bae on Mar 16, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/03/2013

pdf

text

original

 
BAB 2TINJAUAN PUSTAKA2.1. Definisi Dispepsia
Menurut Almatsier tahun 2004, dispepsia merupakan istilah yangmenunjukkan rasa nyeri atau tidak menyenangkan pada bagian atas perut. Katadispepsia berasal dari bahasa Yunani yang berarti “pencernaan yang jelek”.
6
 Menurut Konsensus Roma tahun 2000, dispepsia didefinisikan sebagai rasasakit atau ketidaknyamanan yang berpusat pada perut bagian atas.
2
Definisi dispepsia sampai saat ini disepakati oleh para pakar dibidanggastroenterologi adalah kumpulan keluhan/gejala klinis (sindrom) rasa tidak nyamanatau nyeri yang dirasakan di daerah abdomen bagian atas yang disertai dengankeluhan lain yaitu perasaan panas di dada dan perut, regurgitas, kembung, perut terasapenuh, cepat kenyang, sendawa, anoreksia, mual, muntah dan banyak mengeluarkangas asam dari mulut.
2
Sindroma dispepsia ini biasanya diderita selama beberapaminggu /bulan yang sifatnya hilang timbul atau terus-menerus.
10
Gambar 2.1.1. Eshopagus, Lambung & Duodenum
Universitas Sumatera Utara
 
2.2. Klasifikasi Dispepsia
Penyebab dispepsia pada anak-anak adalah memberi makan terlalu banyak atau susu kaleng yang tidak cocok. Namun kadang-kadang dapat pula timbul karenapenyakit, misalnya tukak lambung.
11
Penyebab timbulnya gejala dispepsia sangat banyak sehingga diklasifikasikanberdasarkan ada tidaknya penyebab dispepsia yaitu :
12
2.2.1. Dispepsia Organik
Dispepsia organik adalah Dispepsia yang telah diketahui adanya kelainanorganik sebagai penyebabnya. Dispepsia organik jarang ditemukan pada usia muda,tetapi banyak ditemukan pada usia lebih dari 40 tahun.
12
Dispepsia organik dapatdigolongkan menjadi :
10,13
a.
 
Dispepsia Tukak Keluhan penderita yang sering diajukan ialah rasa nyeri ulu hati. Berkurangatau bertambahnya rasa nyeri ada hubungannya dengan makanan. Hanya denganpemeriksaan endoskopi dan radiologi dapat menentukan adanya tukak di lambungatau duodenum.b.
 
Refluks GastroesofagealGejala yang klasik dari refluks gastroesofageal, yaitu rasa panas di dada danregurgitasi asam terutama setelah makan.c. Ulkus Peptik Ulkus peptik dapat terjadi di esophagus, lambung, duodenum atau padadivertikulum meckel ileum. Ulkus peptikum timbul akibat kerja getah lambung yang
Universitas Sumatera Utara
 
asam terhadap epitel yang rentan. Penyebab yang tepat masih belum dapat dipastikan.Beberapa kelainan fisiologis yang timbul pada ulkus duodenum :c.1. Jumlah sel parietal dan chief cells bertambah dengan produksi asam yang makinbanyak.c.2. Peningkatan kepekaan sel parietal terhadap stimulasi gastrin.c.3. Peningkatan respon gastrin terhadap makananc.4. Penurunan hambatan pelepasan gastrin dari mukosa antrum setelah pengasamanisi lambung.c.5. Pengosongan lambung yang lebih cepat dengan berkurangnya hambatanpengosongan akibat masuknya asam ke duodenum.Menurunnya resistensi mukosa duodenum terhadap asam lambung dan pepsindapat berperan penting. Insiden ulkus peptik meningkat pada kegagalan ginjal kronik.Ulkus juga dapat berkaitan dengan hiperparatiroidisme, sirosis, penyakit paru danjantung. Kortikosteroid meningkatkan resiko ulkus peptik dan perdarahan saluranpencernaan.Faktor-faktor yang berhubungan dengan terjadinya ulkus peptik antara lainmerokok, golongan darah O, penyakit hati kronik, penyakit paru kronik danpankreatitis kronik. Gastritis atrofik kronik, refluks empedu dan golongan darah Amerupakan predisposisi untuk ulkus lambung.d. Penyakit Saluran EmpeduSindroma dispepsia ini biasa ditemukan pada penyakit saluran empedu. Rasanyeri dimulai dari perut kanan atas atau di ulu hati yang menjalar ke punggung danbahu kanan.
Universitas Sumatera Utara

Activity (7)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Estu Septiyanto liked this
kholilganteng liked this
Ardiko Mayendra liked this
yhanee pukari liked this
Senoadji Pratama liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->