Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
44Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
an Kelenjar Endokrin Dan Eksokrin

an Kelenjar Endokrin Dan Eksokrin

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 6,581|Likes:
Published by Ismail Umar

More info:

Published by: Ismail Umar on Mar 16, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

05/31/2013

pdf

text

original

 
Perkembangan Kelenjar Endokrin Dan Eksokrin
Gambar proses pembentukan kelenjar endokrin dan eksokrin
1.
 
Kelenjar Endokrin
Sistem endokrin
adalah sistem kontrol kelenjar tanpa saluran (ductless) yangmenghasilkan hormon yang tersirkulasi di tubuh melalui aliran darah untuk memengaruhiorgan-organ lain. Hormon bertindak sebagai "pembawa pesan" dan dibawa oleh alirandarah ke berbagai sel dalam tubuh, yang selanjutnya akan menerjemahkan "pesan"tersebut menjadi suatu tindakan.
 
C
ontoh kelenjar endokrin:a.
 
Hipofisis
Kelenjar ini terletak pada dasar otak besar dan menghasilkan bermacam-macamhormon yang mengatur kegiatan kelenjar lainnya. Oleh karena itu kelenjar hipofisis disebutmaster gland. Kelenjar hipofisis dibagi menjadi tiga bagian, yaitu:
 
y
 
Hipofisis bagian anterior 
y
 
Hipofisis bagian tengah
y
 
Hipofis bagian posterior 
b.
 
ParatiroidParatiroid menempel pada kelenjar tiroid. Kelenjar ini menghasilkanparathormon yang berfungsi mengatur kandungan fosfor dan kalsium dalamdarah. Kekurangan hormon ini menyebabkan
tetani
dengan gejala: kadar kapur dalam darah menurun, kejang di tangan dan kaki, jari-jari tanganmembengkok ke arah pangkal, gelisah, sukar tidur, dan kesemutanc.
 
T
iroid
T
iroid merupakan kelenjar yang berbentuk cuping kembar dan diantara keduanya dapat daerah yang menggenting. Kelenjar ini terdapat dibawah jakun di depan trakea. Kelenjar tiroid menghasilkan hormon tiroksinyang mempengaruhi metabolisme sel tubuh dan pengaturan suhu tubuh.
T
iroksin mengandung banyak iodium. Kekurangan iodium dalammakanan dalam waktu panjang mengakibatkan pembesaran kelenjar gondok karena kelenjar ini harus bekerja keras untuk membentuk tiroksin.Kekurangan tiroksin menurunkan kecepatan metabolisme sehinggapertumbuhan lambat dan kecerdasan menurun. Bila ini terjadi pada anak-anak mengakibatkan
kr 
etinisme,
yaitu kelainan fisik dan mental yang menyebabkananak tumbuh kerdil dan idiot. Kekurangan iodium yang masih ringan dapatdiperbaiki dengan menambahkan garam iodium di dalam makanan.Produksi tiroksin yang berlebihan menyebabkan penyakit eksoftalmik tiroid
(Mo
rbu
s Basedowi)
dengan gejala sebagai berikut; kecepatanmetabolisme meningkat, denyut nadi bertambah, gelisah, gugup, dan merasademam. Gejala lain yang nampak adalah bola mata menonjol keluar (eksoftalmus) dan kelenjar tiroid membesar.
 
d.
 
kelenjar adrenalin (Anak ginjal)Kelenjar ini berbentuk bola, menempel pada bagian atas ginjal. Padasetiap ginjal terdapat satu kelenjar suprarenal dan dibagi atas dua bagian, yaitubagian luar (korteks) dan bagian tengah (medula). Kerusakan pada bagiankorteks mengakibatkan penyakit
A
ddison
dengan gejala sebagai berikut:timbul kelelahan, nafsu makan berkurang, mual, muntahmuntah, terasa sakitdi dalam tubuh. Dalam keadaan ketakutan atau dalam keadaan bahaya,produksi adrenalin meningkat sehingga denyut jantung meningkat danmemompa darah lebih banyak. Gejala lainnya adalah melebarnya saluranbronkiolus, melebarnya pupil mata, kelopak mata terbuka lebar, dan diikutidengan rambut berdiri. .e.
 
pancreasAda beberapa kelompok sel pada pankreas yang dikenal sebagai pulau
L
ange
rh
ans
berfungsi sebagai kelenjar endokrin yang menghasilkan hormoninsulin. Hormon ini berfungsi mengatur konsentrasi glukosa dalam darah.Kelebihan glukosa akan dibawa ke sel hati dan selanjutnya akan dirombak menjadi glikogen untuk disimpan. Kekurangan hormon ini akan menyebabkanpenyakit diabetes. Selain menghasilkan insulin, pankreas juga menghasilkanhormon glukagon yang bekerja antagonis dengan hormon insulin.f.
 
OvariumOvarium merupakan organ reproduksi wanita. Selain menghasilkan sel telur,ovarium juga menghasilkan hormon. Ada dua macam hormon yang dihasilkanovarium yaitu sebagai berikut.
1.
Est 
ogen
Hormon ini dihasilkan oleh Folikel Graaf. Pembentukan estrogendirangsang oleh FSH. Fungsi estrogen ialah menimbulkan danmempertahankan tanda-tanda kelamin sekunder pada wanita.
T
anda-tandakelamin sekunder adalah ciri-ciri yang dapat membedakan wanita denganAria tanpa melihat kelaminnya.
C
ontohnya, perkembangan pinggul danpayudara pada wanita dan kulit menjadi bertambah halus.
2
.
ogeste
on
Hormon ini dihasilkan oleh korpus luteum. Pembentukannyadirangsang oleh LH dan berfungsi menyiapkan dinding uterus agar dapatmenerima telur yang sudah dibuahi. Plasenta membentuk estrogen danprogesteron selama kehamilan guna mencegah pembentukan FSH dan LH.Dengan demikian, kedua hormon ini dapat mempertahankan kehamilan.

Activity (44)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Teresa Jati liked this
KhayTara Bay liked this
Kang Chin Leong liked this
girl_719838695 liked this
tristiarina liked this
tristiarina liked this
edimulyana liked this
Wahyu Kurniawan liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->