Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
5Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Anatomi Fisiologi Sistem Saraf

Anatomi Fisiologi Sistem Saraf

Ratings: (0)|Views: 949|Likes:
catatan kuliah
catatan kuliah

More info:

Published by: Faisalado Candra Widyanto on Mar 16, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

04/18/2013

pdf

text

original

 
Kumpulan tugas, semoga bermanfaat
 Rabu, 9 Maret 2011
Nama : Faisalado Candra WidyantoNIM : G1D008045TUGAS KMB IIRESUME ANATOMI FISIOLOGI SISTEM SARAF
Neuron adalah unit dasar sistem saraf (Gibson, 2003). Sistem saraf melakukan kontrolterhadap hampir sebagian besar aktivitas otot dan kelenjar tubuh untuk mempertahankanhomeostasis. Neuron dikhususkan untuk menghasilkan sinyal listrik dan biokimia cepat.Neuron juga mengolah, memulai, mengkode dan menghantarkan perubahan-perubahan padapotensial membrannya sebagai suatu cara untuk menyalurkan pesan denga cepat melintasipanjangnya (Sherwood, 2001). Terdapat berjuta-juta neuron dalam sistem saraf. Sel saraf bervariasi dalam bentuk dan ukuran berdasarkan fungsi yang berbeda-beda (Gibson, 2003).Sebuah neuron biasanya terdiri dari tiga bagian utama yaitu badan sel, dendrit danakson. Nukleus dan organel-organel terdapat di badan sel, tempat berasalnya sejumlah besarneuron yang dikenal sebagai dendrit. Dendrit adalah serat pendek seperti sikat yang melekatpada bagian luar sel untuk membawa impuls ke arah badan sel. Pada sebagian besar neuron,membran plasma badan sel dan dendrit mengandung reseptor-reseptor protein untuk mengikatzat antara kimiawi dari neuron lain (Sherwood, 2001). Akson atau serat saraf adalah seratyang dilalui impuls meninggalkan badan sel untuk ditransmisikan ke sel lain. Setiap sel saraf memiliki satu akson yang mempunyai panjang bervariasi dari beberapa milimeter sampaibeberapa centimeter. Satu akson sering bercabang banyak didekat ujungnya dan setiap ujungbatang membentuk pembesaran seperti kancing yang merupakan bagian pengantar informasi.Setiap serat dilapisi selubung tipis disebut selubung mielin yang merupakan substansi lemak.Mielinisasi serat dimulai pada bulan keenam masa janin dan lengkap setelah lahir (Gibson,2003).Mielin berfungsi sebagai insulator seperti karet yang membungkus kabel listrik untuk mencegah arus bocor menembus bagian membran yang bermielin. Mielin bukan merupakanbagian dari sel saraf tetapi terdiri dari sel-sel pembentuk mielin yang terpisah yangmembungkus diri mengelilingi akson. Sel-sel pembentuk mielin adalah oligodendrositdisusunan saraf pusat (otak dan korda spinalis) dan sel schwann di sistem saraf perifer (saraf yang berjalan diantara susunan saraf pusat dan berbagai bagian tubuh lainnya). Daerah seratyang tidak dilapisi mielin disebut sebagai nodus ranvier. Serat-serat bermielin menghantarkan
 
Kumpulan tugas, semoga bermanfaat
 impuls lima puluh kali lebih cepat daripada serat tidak bermielin untuk ukuran yang sama(Sherwood, 2001).Impuls saraf adalah perubahan kimia elektrik kompleks yang berjalan disepanjangserat saraf. Di dalamnya, ion (partikel bermuatan) bergerak dari bagian dalam sebuah aksonke arah luar, dan ion lain bergerak dari luar ke dalam. Sinaps adalah titik komunikasi antarasatu neuron dan neuron lain. Saat impuls tiba di sinaps, transmiter kimia dibebaskan danmerangsang sel berikutnya. Diketahui terdapat sekitar 30 transmiter, diantaranya asetilkolin,norepinefrin, dan dopamin. Setiap transmiter bekerja dengan aktivitas sistem saraf yangberbeda (Gibson, 2003).Bagian-bagian sistem saraf adalah :1.
 
Sistem saraf pusata.
 
SerebrumSerebrum terdiri dari dua hemisfer dan empat lobus. Substansia griseaterdapat pada bagian luar dinding dan substansia alba menutupi dinding serebrumbagian dalam. Komposisi substansia grisea yang terbentuk dari badan-badan selsaraf memenuhi korteks serebri, nukleus dan basal ganglia. Substansi alba terdiridari sel-sel saraf yang menghubungkan bagian-bagian otak dengan bagian yanglain. Sebagian besar hemisfer serebri (telensefalon) berisi jaringan sistem saraf pusat (SSP). Area inilah yang mengkontrol fungsi motorik tertinggi, yaitu terdapatfungsi individu dan intelegensi. Keempat lobus serebrum adalah sebagai berikut :
 
Frontal, merupakan lobus terbesar yang terletak pada fossa anterior. Area inimengontrol perilaku individu, membuat keputusan, kepribadian dan menahandiri.
 
Parietal, merupakan lobus sensori. Area ini menginterpretasikan sensasi.Sensasi rasa yang tidak berpengaruh adalah bau. Lobus parietal mengaturindividu mampu mengetahui posisi dan letak bagian tubuhnya.
 
Temporal, berfungsi mengintegrasikan sensasi kecap, bau dan pendengaran.Ingatan jangka pendek sangat berhubungan dengan daerah ini.
 
Oksipital, terletak pada lobus posterior hemisfer serebri. Bagian inibertanggungjawab menginterpretasikan penglihatan (Smeltzer, 2002).b.
 
Medula spinalisMedula spinalis bersambungan dengan medula oblongata diatas (Gibson,2003). Panjangnya sekitar 45 cm dan menipis pada jari-jari. Medula spinalismemanjang dari foramen magnum di dasar tengkorak sampai bagian atas lumbarkedua tulang belakang, yang berakhir di dalam berkas serabut yang disebut konus

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->