Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword or section
Like this
4Activity
×
P. 1
Analisis Persepsi Nasabah terhadap pelayanan Bank Jambi

Analisis Persepsi Nasabah terhadap pelayanan Bank Jambi

Ratings: (0)|Views: 1,521|Likes:
Published by Roy Cheery

More info:

Published by: Roy Cheery on Mar 16, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

05/24/2011

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUAN1.1
 
Latar Belakang Penelitian
Salah satu sektor ekonomi yang memberikan kontribusi yang cukup besardalam hal pembangunan di suatu Negara salah satunya adalah duniaperbankan. Perbankan adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan Bank,mencakup kelembagaan, kegiatan usaha, serta cara dan proses dalammelaksanakan kegiatan usahanya.Bank adalah lembaga keuangan yang kegiatannya menghimpun danmenyalurkan dana dari dan kepada masyarakat yang memiliki fungsimemperlancar lalu lintas pembayaran, dengan kata lain bank adalah suatulembaga keuangan yang usaha pokoknya memberikan kredit serta jasa dalamlalu lintas pembayaran dan peredaran uang. (Kasmir,2005:hal 5)Lembaga Keuangan perbankan mempunyai peranan penting dalamperekonomian suatu Negara. Perbankan mempunyai kegiatan yangmempertemukan pihak yang membuthkan dana dan pihak yang mempunyaikelebihan dana. Kontribusi yang diberikan dalam bentuk pemberian kredit,bank berusaha memenuhi kebutuhan masyarakat untuk kelancaran usahanya.Dukungan terhadap dunia usaha akan menciptakan lapangan pekerjaan danmeningkatkan kesejahteraan masyarakat. Perbankan seperti perusahaan padaumumnya harus di kelola secara professional karena jasa perbankan harusmenunjukan kinerja yang memuaskan terutama bagi nasabah.
 
2
Perbankan juga memiliki kedudukan yang strategis, yaitu sebagaipenunjang kelancaran sistem pembayaran, pelaksanaan kebijakan moneterdan pencapaian stabilitas system keuangan, sehingga diperlukan perbankanyang sehat, transparan dan dapat di pertanggung jawabkan.Ekonomi masyarakat akan tumbuh dan berkembang sejalan denganperkembangan dan kemajuan bank dalam melayani kebutuhan masyarakat,apalagi dalam masa ini yang dibarengi dengan perkembangan yang sangatpesat pada sistem ekonomi global.Bank dituntut untuk maju kedepan sebagai pemberi informasi yang cepatdan akurat sekaligus sebagai penyandang dana keuangan bagi berbagaitransaksi bisnis baik berskala lokal, nasional maupun internasional. Bank Dituntut untuk muncul sebagai pemikir dan perencana pengembangan usahabaik dalam skala nasional maupun internasional. Tenaga
– 
tenaga analisisbank harus jeli melihat perubahan yang terjadi dengan mengantisipasiberbagai peluang yang mungkin terjadi, sehingga bank harus dapatmelakukan pelayanan secara menyeluruh (overall).Dalam era pembangunan perbankan memiliki kaitan yang sangat pentingsebagai sumber permodalan dan perantara keuangan. Sebagai lembagakeuangan, Bank sangat dibutuhkan masyarakat karena itu pengaturan gerak langkah perbankan sangat erat kaitannya dengan kebijakan moneterpemerintah sebagaimana eratnya kaitan antara bank dengan uang. Pengaturanarus uang dari dan kepada masyarakat harus diselenggarakan secara teraturdan terencana serta diarahkan bagi kesejahteraan masyarakat.
 
3
Semakin maju dan berkembangnya dunia perbankan di Indonesia dapatkita lihat dari semakin banyaknya Bank swasta yang berdiri. Bank swastayang baru berdiri ini biasanya menawarkan berbagai macam program-program yang dapat menarik calon nasabah sebagai strategi untuk mendukung kegiatan operasionalnya. Namun tidak menutup kemungkinanbagi Bank Pemerintah untuk bersaing menarik calon nasabah dengan carayang sama dalam menawarkan produk-produk jasa perbankan, memperluasjaringan atau Kantor Cabang dan meningkatkan pelayanan bagi Nasabah.Persaingan perbankan yang semakin ketat menuntut masing-masing Bank proaktif dalam merebut posisi dimata masyarakat guna mencapai tujuan yangmaksimal. Oleh karena itu Bank tidak saja harus memperhatikan kualitas dariproduknya tetapi harus memperhatikan kepuasan nasabah melalui jasa layanan(service) yang diberikan, kualitas bukanlah untuk memenuhi sejumlah kriteriayang ditetapkan pimpinan, namun sejumlah kriteria yang ditetapkan nasabahdan apa saja yang mereka inginkan.Persepsi nasabah biasanya ditentukan oleh beberapa kondisi atau dimensidari suatu produk atau jasa yang ditawarkan. Pilihan atas suatu Bank mungkindidasarkan atas beberapa kombinasi, diantaranya pelayanan yang baik,banyaknya undian dengan hadiah dengan menarik, tinggi dan rendahnyabunga simpanan yang diberikan atau gedung kantornya yang representative.Karakteristik seperti ini merupakan bagian dari dimensi-dimensi persepsinasabah terhadap produk maupun jasa yang diberikan.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->