Welcome to Scribd. Sign in or start your free trial to enjoy unlimited e-books, audiobooks & documents.Find out more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
51Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
LP CKR

LP CKR

Ratings:
(0)
|Views: 2,274|Likes:

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Lucky Erlandi Pranianto Jr. on Mar 17, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/28/2013

pdf

text

original

 
A. PengertianCedera Kepala
Cidera kepala adalah kerusakan neurologis yang terjadi akibat adanya traumapada jaringan otak yang terjadi secara langsung maupun efek sekunder daritrauma yang terjadi ( silvia anderson, 1985 )
B. Etiologi
Cidera kepala dapat disebabkan karena beberapa hal diantaranya adalah:1. oleh benda atau serpihan tulang yang menembus jaringan otak. Misalkecelakaan, dipukul dan terjatuh2. trauma saat lahir misal : sewaktu lahir dibanu dengan forcep atau vacum
Kategori Penentuan Keparahan cedera Kepala berdasarkan Nilai SkalaKoma Glasgow (SKG)PenentuankeparahanDeskripsi
Minor/ Ringan SKG 13 15Dapat terjadi kehilangan kesadaran atau amnesia tetapikurang dari 30 menit. Tidak ada fraktur tengkorak, tidak ada kontusia cerebral, hematomaSedang SKG 9 12Kehilangan kesadaran dan atau amnesia lebih dari 30menit tetapi kurang dari 24 jam. Dapat mengalami fraktur tengkorak.Berat SKG 3 8Kehilangan kesadaran dan atau terjadi amnesia lebih dari24 jam. Juga meliputi kontusia serebral, laserasi atauhematoma intrakranialSumber : keperawatan kritis, pendekatan holostik vol, II tahun 1995, hal:226
 
Skala Koma Glasgow (Blak, 1997)1. Membuka Mata 
SpontanTerhadap rangsang suaraTerhadap nyeriTidak ada4321
2. Respon Verbal 
Orientasi baik orientasi tergangguKata-kata tidak jelasSuara Tidak jelasTidak ada respon54321
3. Respon Motori 
Mampu bergerak Melokalisasi nyeriFleksi menarik Fleksi abnormalEkstensiTidak ada respon654321Total 3 - 15Annegers et al (1998) membagi trauma kepala berdasarkan lama tak sadar dan lama amnesis pasca trauma yang dibagi menjadi:
κ 
Cedera kepala ringan, apabila kehilangan kesadaran dan amnesiaberlangsung kurang dari 30 menit.
κ 
Cedera kepala sedang, apabila kehilangan kesadaran atau amnesia terjadi30 menit sampai 24 jam atau adanya fraktur tengkorak.
κ 
Cedera kepala berat, apabila kehilangan kesadaran atau amnesia lebihdari 24 jam, perdarahan subdural dan kontusio serebri.Penggolongan cedera kepala berdasarkan periode kehilangankesadaran ataupun amnesia saat ini masih kontroversional dan tidak dipakai
 
secara luas. Klasifikasi cedera kepala berdasarkan jumlah Skala KomaGlasgow (SKG) saat masuk rumah sakit merupakan definisi yang palingumum dipakai (Hoffman, dkk, 1996).
C. Patofisiologi
Patofisiologis dari cedera kepala traumatic dibagi dalam prosesprimer dan proses sekunder. Kerusakan yang terjadi dianggap karena gayafisika yang berkaitan dengan suatu trauma yang relative baru terjadi danbersifat irreversible untuk sebagian besar daerah otak. Walaupun kontusio danlaserasi yang terjadi pada permukaan otak, terutama pada kutub temporal danpermukaan orbital dari lobus frontalis, memberikan tanda-tanda jelas tetapiselama lebih dari 30 tahun telah dianggap jejas akson difus pada substasi albasubkortex adalah penyebab utama kehilangan kesadaran berkepanjangan,gangguan respon motorik dan pemulihan yang tidak komplit yang merupakanpenanda pasien yang menderita cedera kepala traumatik berat.
Proses Primer
Proses primer timbul langsung pada saat trauma terjadi. Cederaprimer biasanya fokal (perdarahan, konusi) dan difus (jejas aksondifus).Proses ini adalah kerusakan otak tahap awal yang diakibatkan olehbenturan mekanik pada kepala, derajat kerusakan tergantung pada kuat danarah benturan, kondisi kepala yang bergerak diam, percepatan danperlambatan gerak kepala. Proses primer menyebabkan fraktur tengkorak,perdarahan segera intrakranial, robekan regangan serabu saraf dan kematianlangsung pada daerah yang terkena.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->