Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
8Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Psikotes

Makalah Psikotes

Ratings: (0)|Views: 1,031 |Likes:
Published by Roni Nepology

More info:

Published by: Roni Nepology on Mar 20, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/13/2013

pdf

text

original

 
PSIKOTES
(Makalah Disusun Guna Memenuhi Tugas MK Bimbingan Karir Kejuruan)Disusun Oleh :Roni Setiawan (08518241014)Hernowo Adi N. (08518241002)
PRODI P.T. MEKATRONIKAFAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI TOGYAKARTA2010/2011
 
abstrak 
Secara umum seleksi penerimaan pegawai perusahaan (instansi) di Indonesia mencakup beberapa tahap, yaitu psikotes, pengetahuan umum dankhusus, kesehtan dan wawancara. Pola seleksi tersebut merupakan contoh pola seleksi yang cukup lengkap. Tahapan diatsa tidk selalu urut, bisa saja tes pengetahuan diawal, tetapi biasanya tes wawancara diakhir. Psikotes bertujuanuntuk mengetahui aspek psikologi peserta seleksi agar perusahaan memperolehtenaga kerja dengan karakter sesuai dengan kebutuhan dan bidang kerja yang akn dijalani pegawai tersebut. Selain tes tertulis, kadang psikotes dilakukanmelalui wawancara oleh psikolog atau konsultan SDM. Wawancara ini bertujuan sama dengan psikotes tertulis, hanya si penguji ingin menangkap karakter pesertates melalui komunikasi verbal dan bahasa tubuh.
Kata kunci :
 Psikotes, tips dan trik, wawancara
 
BAB IPENDAHULUANA.
 
Latar Belakang
Di sektor industri, saat ini semakin banyak perusahaan yang semakinsadar untuk memanfaatkan jasa psikologi untuk merekrut pegawai baru, me-maintain pegawai dan mempersiapkan masa pensiun pegawainya. Faktor kecepatan, dan akurasi hasil sangat diperlukan perusahaan untuk melakukantindakan selanjutnya. Penggalian sifat, karakter dan kemampuan pegawaimaupun calon pegawai melalui psikologinya merupakan cara yang umumdigunakan saat ini.Dewasa ini, hampir semua perusahaan menggunakan PhsicologyTest/Tes Psikologi atau psikotes/psikotest sebagai bagian dalam tahapan penerimaan calon pegawai. Psikotest merupakan test psikologi seseorangdimana dari hasil test itu dapat diketahui sifat orang yang ditest. Tes inisangat unik, tes ini tidak hanya menguji kemampuan dan pengetahuansesorang dalam bidang tertentu tetapi tes ini dapat menguji ketahanan,kesabaran, ketelitian, kedisiplinan bahkan kejujuran seseorang dapatdiketahui melalui tes ini. Betapa pentignya tes psikologi tersebut untuk mengetahui karakter dan kemampuan seseorang. Saat ini hampir semuaindustry saat ini menggunakan psikotes sebagai salah satu tes penerimaancalon pegawai, sehingga seseorang akan dinilai cocok atau tidaknya dengan pekerjaan yang akan dihadapi.Sekarang ini kita sebagai calon pegawai, sebaiknya kita mengetahuilebih lanjut mengenai psikotes, cara mengahadapi tes psikotes. Selain itumulai sekarang sebaiknya perbanyaklah latihan mengerjakan soal psikotes.Karena secara tidak langsung latihansoal psikotes dapat membangun karakter kita sendiri.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->