Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
7Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
No.25 Th.2008 Ttg Pedoman Diagnosis Dan Pelayanan Cacat Karena Kecelakaan Dan Penyakit Akibat Kerja.

No.25 Th.2008 Ttg Pedoman Diagnosis Dan Pelayanan Cacat Karena Kecelakaan Dan Penyakit Akibat Kerja.

Ratings: (0)|Views: 499 |Likes:
Published by Opit Ans

More info:

Published by: Opit Ans on Mar 20, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/01/2013

pdf

text

original

 
 1
MENTERITENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASIREPUBLIK INDONESIA
 
PERATURAN MENTERI TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASIREPUBLIK INDONESIANOMOR PER.25/MEN/XII/2008TENTANGPEDOMAN DIAGNOSIS DAN PENILAIAN CACATKARENA KECELAKAAN DAN PENYAKIT AKIBAT KERJAMENTERI TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI REPUBLIK INDONESIA,
 
Menimbang : a. bahwa penggunaan peralatan kerja, mesin dan bahan kimia berbahaya dalamproses produksi dapat menyebabkan tenaga kerja menderita kecelakaan danpenyakit akibat kerja;b. bahwa untuk menetapkan kompensasi bagi tenaga kerja yang menderitakarena kecelakaan dan penyakit akibat kerja, perlu dilakukan diagnosis danpenilaian serta penetapan tingkat kecacatannya;c. bahwa dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi di bidangkedokteran yang berpengaruh terhadap penilaian cacat akibat kecelakaankerja dan penyakit akibat kerja sebagaimana diatur dalam Keputusan MenteriTenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor KEP.79/MEN/2003 tentangPedoman Diagnosis dan Penilaian Cacat karena Kecelakaan dan PenyakitAkibat Kerja, perlu dilakukan penyempurnaan;d. bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud dalam huruf a,huruf b dan huruf c perlu menetapkan Peraturan Menteri Tenaga Kerja danTransmigrasi tentang pedoman diagnosis dan penilaian cacat karenakecelakaan dan penyakit akibat kerja;Mengingat : 1. Undang-Undang Nomor 3 Tahun 1951 tentang Pernyataan BerlakunyaUndang-Undang Pengawasan Perburuhan Tahun 1948 Nomor 23 dari Republik Indonesia untuk Seluruh Indonesia (Lembaran Negara Republik IndonesiaNomor 4 Tahun 1951)2. Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja(Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1970 Nomor 1, TambahanLembaran Negara Republik Indonesia Nomor 2918);3. Undang-Undang Nomor 3 Tahun 1992 tentang Jaminan Sosial Tenaga Kerja(Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1992 Nomor 14, TambahanLembaran Negara Republik Indonesia Nomor 3468);4. Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 1993 tentang Penyakit Yang TimbulKarena Hubungan Kerja;5. Keputusan Presiden Nomor 187/M Tahun 2004 tentang PembentukanKabinet Indonesia Bersatu, sebagaimana telah beberapa kali diubah, terakhirdengan Peraturan Presiden Nomor 31/P Tahun 2007;
 
 2
6. Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor PER.02/MEN/1980 tentang Pemeriksaan Kesehatan Tenaga Kerja DalamPenyelenggaraan Keselamatan Kerja;7. Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor PER.01/MEN/1981 tentang Kewajiban Melapor Penyakit Akibat Kerja;8. Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor PER.03/MEN/1982 tentang Pelayanan Kesehatan Kerja;
MEMUTUSKAN :Menetapkan :KESATU :
Pedoman Diagnosis dan Penilaian Cacat karena Kecelakaan dan Penyakit AkibatKerja sebagaimana tercantum dalam lampiran Peraturan Menteri ini.
KEDUA :
Pedoman sebagaimana dimaksud dalam Diktum KESATU digunakan sebagaiacuan untuk menetapkan diagnosis dan penilaian cacat karena kecelakaan danpenyakit akibat kerja guna menghitung kompensasi yang menjadi hak tenagakerja.
KETIGA :
Dengan ditetapkan Peraturan Menteri ini, maka Keputusan Menteri Tenaga Kerjadan Transmigrasi Nomor KEP.79/MEN/2003 tentang Pedoman Diagnosis danPenilaian Cacat Karena Kecelakaan dan Penyakit Akibat Kerja, dicabut dandinyatakan tidak berlaku.
KEEMPAT :
Peraturan Menteri ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan.Ditetapkan di Jakartapada tanggal 18 Desember 2008
MENTERITENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASIREPUBLIK INDONESIA,ttdDr. Ir. ERMAN SUPARNO, MBA., M.Si
 
 3
LAMPIRANPERATURAN MENTERI TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASIREPUBLIK INDONESIANOMOR PER.25/MEN/XII/2008TENTANGPEDOMAN DIAGNOSIS DAN PENILAIAN CACATKARENA KECELAKAAN DAN PENYAKIT AKIBAT KERJABIDANG PENYAKIT KULITI.
 
BATASAN
Penyakit kulit akibat kerja, ialah setiap penyakit kulit yang disebabkan oleh pekerjaan ataulingkungan kerja yang berupa faktor risiko mekanik, fisik, kimia, biologik dan psikologik.Kelainan yang terjadi dapat berupa :
– 
 
Dermatitis kontak 
– 
 
Dermatitis kontak foto
– 
 
Acne
– 
 
Infeksi kulit (bakteri, virus, jamur, infestasi parasit)
– 
 
Neoplasi kulit
– 
 
Kelainan pigmentasi kulit.
II.
 
DIAGNOSIS
Setelah identifikasi dan assesment potensial hazards di tempat kerja, maka data pemeriksaanpenderita dapat dievaluasi kemungkinannya berupa penyakit akibat kerja.
A.
 
Anamnesis.
1.
 
Keluhan2.
 
Riwayat pekerjaan sekarang
– 
 
sudah berapa lama bekerja di perusahaan ?
– 
 
riwayat pekerjaan dalam perusahaan (pernah dibagian mana saja ?)3.
 
Riwayat pekerjaan sebelumnya.
– 
 
perusahaan apa saja ?
– 
 
berapa lama ?Dibandingkan catatan medik sebelum bekerja di perusahaan ("pre-employmentmedical check up").4.
 
Riwayat penyakit keluarga5.
 
Riwayat perjalanan penyakit
– 
 
Waktu kejadian ?
– 
 
Rasa gatal ?
– 
 
Perbaikan selama cuti ?
– 
 
Pengobatan yang pernah/telah didapat ?
B. Pemeriksaaan Fisik
1.
 
Inspeksi
– 
 
Pemeriksaan seluruh badan termasuk lipatan kulit, misal lipat paha, celah antar jari.
– 
 
Kondisi higiene umum
– 
 
Lokasi kelainan

Activity (7)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
puti liked this
hp invent liked this
wiwit07 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->