Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Contoh Proposal Pts

Contoh Proposal Pts

Ratings: (0)|Views: 392 |Likes:
Published by Putu Saraswati

More info:

Published by: Putu Saraswati on Mar 20, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/26/2012

pdf

text

original

 
Posted on 11 Juni 2010 by liliskurniasihAssalamualaikum … Wr WbBerbagai penelitian mungkin pernah kita lakukan, baik itu semasa kita kuliah dulu(Skripsi), Tesis juga Disertasi … ataupun ketika kita sudah menjadi guru yang lebihkita kenal dengan istilah “Penelitian Tindakan Kelas” (
Classroom Action Research
)tapi yang akan saya bahas kali ini adalah tentang pembuatan “Penelitian TindakanSekolahSebuah penelitian yang dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh tentang suatu model pembelajaran terhadap peningkatan mutu pendidikandi sebuah sekolah …Saya tulis disini sebagai ungkapan rasa bahagia saya dan ucapan terima kasih ataskebersamaan yang pernah kami jalin ketika melakukan sebuah tugas Untuk temanku Dra Tuty, juga Dwi Purniati,S.Pd … Secara pribadi saya ucapkan terimakasih atas kesempatan … kesabaran … keikhlasan … juga ilmu yang saya dapatketika sama-sama mengerjakan ini … Semoga hal ini menjadi sebuah amal baik yangmendapat balasan dari Allah SWT … Amien …Seperti biasanya sebelum melakukan sebuah penelitian maka kamipun membuatsebuah proposal, …
Contoh Proposal Penelitian Tindakan Sekolah
… Semoga bermanfaat …
A. Judul Penelitian
:Penerapan …………………….. Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran di…………
B. Bidang Kajian
:Bidang kajian yang akan diangkat pada penelitian tindakan sekolah ini adalah ModelPembelajaran ….
C. Latar Belakang Masalah (Pendahuluan) …
Sekolah merupakan lembaga formal yang berfungsi membantu khususnya orang tuadalam memberikan pendidikan kepada anak-anak mereka. Sekolah memberikan pengetahuan, keterampilan dan sikap kepada anak didiknya secara lengkap sesuaidengan yang mereka butuhkan. Semua fungsi sekolah tersebut tidak akan efektif apabila komponen dari sistem sekolah tidak berjalan dengan baik, karena kelemahandari salah satu komponen akan berpengaruh pada komponen yang lain yang padaakhirnya akan berpengaruh juga pada jalannya sistem itu sendiri. salah satu dari bagian komponen sekolah adalah guru.
 
Guru dituntut untuk mampu menguasai kurikulum, menguasai materi, menguasaimetode, dan tidak kalah pentingnya guru juga harus mampu mengelola kelassedemikian rupa sehingga pembelajaran berlangsung secara aktif, inovatif danmenyenangkan. Namun demikian, menurut Erman Suherman (http : educare.e-fkipunla.net), umumnya guru masih mendominasi kelas, siswa pasif ( datang, duduk,nonton, berlatih, …., dan lupa). Guru memberikan konsep, sementara siswamenerima bahan jadi. Masih menurut Erman Suherman, ada dua hal yangmenyebabkan siswa tidak menikmati (enjoy) untuk belajar, yaitu kebanyakkan siswatidak siap terlebih dahulu dengan (minimal) membaca bahan yang akan dipelajari,siswa datang tanpa bekal pengetahuan seperti membawa wadah kosong. Lebih parahlagi, siswa tidak menyadari tujuan belajar yang sebenarnya, tidak mengetahuimanfaat belajar bagi masa depannya nanti.Berdasarkan pengamatan penulis di …., terdapat beberapa kendala pada pembelajaranselama ini antara lain :1.Siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep.2.Siswa kurang aktif / siswa pasif dalam proses pembelajaran.3.Siswa belum terbiasa untuk bekerja sama dengan temannya dalam belajar.4.Guru kurang mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari.5.Hasil nilai ulangan / hasil belajar siswa pada pembelajaran rendah.6.KKM tidak tercapai.7.Pembelajaran tidak menyenangkan bagi siswa.8.Kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran.Sebagai pendidik, penulis melihat pembelajaran menjadi kurang efektif karena hanyacenderung mengedepankan aspek intelektual dan mengesampingkan aspek  pembentukan karakter. Hal ini tentu suatu hambatan bagi guru. Namun penulis inginmengubah hambatan tersebut menjadi sebuah kekuatan dalam pengelolaan kegiatan belajar mengajar yang efektif dan efisien sehingga nantinya akan mendapatkan hasilyang memuaskan.Untuk menjawab hal itu, penulis mencoba memberi solusi kepada guru-guru untuk menerapkan pembelajaran ……….. dengan menyusun berbagai perangkat pembelajaran yang dibutuhkan seperti : RPP, alat peraga, teknik pengumpulan data,dan instrumen yang dibutuhkan untuk membantu guru dalam mengelola kelas danmengevaluasi pembelajaran yang dilakukan.
D. Rumusan Masalah dan Pertanyaan Penelitian
1. Rumusan MasalahBerdasarkan latar belakang masalah yang diuraikan di atas, maka rumusan masalahdalam penelitian ini adalah sebagai berikut “Apakah Penerapan …… dapatMeningkatkan Mutu Pembelajaran Siswa ……. ”2. Pertanyaan PenelitianSecara operasional rumusan masalah di atas dapat dijabarkan menjadi beberapa pertanyaan penelitian sebagai berikut :1.Apakah penerapan ……. dapat meningkatkan mutu pembelajaran siswa ……..?2.Apa saja kendala-kendala yang dihadapi guru dalam penerapan ……. ?3.Bagaimana respon siswa terhadap penerapan …… pada pembelajaran dikelas?
 
E. Cara Pemecahan Masalah
PTS ini dilaksanakan.Melaksanakan model pembelajaran ….. pada bidang studi Matematika, IPA, BahasaInggris, dan Bahasa Indonesia.
F. Tujuan Dan Manfaat Penelitian
1. Tujuan PenelitianSesuai dengan permasalahan yang telah dirumuskan, maka penelitian ini bertujuanuntuk :1.Untuk mengetahui apakah penerapan .. dapat meningkatkan mutu pembelajaran siswa ….2.Untuk mengetahui kendala-kendala apa saja yang dihadapi guru dalam penerapan ….3.Untuk mengetahui respon siswa di kelas terhadap penerapan ….. pada pembelajaran di kelas.2. Manfaat PenelitianPenelitian tindakan sekolah ini, dilakukan dengan harapan memberikan manfaat bagisiswa, guru, maupun sekolah.a. Manfaat bagi siswa :1.Memperoleh pengalaman belajar yang lebih menarik.2.Meningkatkan aktivitas siswa di dalam belajar.3.Meningkatkan penguasaan konsep.4.Menumbuhkan keberanian mengemukakan pendapat dalam kelompok/membiasakan bekerja sama dengan teman b. Manfaat bagi guru:1.Memperoleh alternatif baru yang dapat diterapkan guru dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan.2.Memperoleh alternatif baru yang dapat diterapkan guru untuk peningkatanmutu pembelajaran.c. Manfaat bagi sekolah :1.Meningkatkan prestasi sekolah dalam bidang akademis.2.Meningkatkan kinerja sekolah melalui peningkatan profesionalisme guru.
G. Hipotesis Tindakan
Hipotesis dalam penelitian tindakan ini adalah :”Dengan menerapkan model pembelajaran ……. dapat meningkatkan mutu pembelajaran siswa ……”
H. Kajian Teori
Pada bagian ini, penulis bermaksud mengemukakan beberapa hal yang berhubungandengan teori dan pengertian untuk dijadikan pedoman dalam penyusunan PTS ini,sebagai gambaran yang tentu ada kaitannya dengan materi pembahasan. Isinya berupateori-teori yang diambil dari berbagai sumber.

Activity (3)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Merry Donna liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->