Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
P. 1
Komprehensif akuntansi-teori,SFAC,SAK,SPM,Auditing

Komprehensif akuntansi-teori,SFAC,SAK,SPM,Auditing

Ratings: (0)|Views: 14,719 |Likes:
Published by rhiez mike

More info:

Published by: rhiez mike on Mar 20, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/20/2013

pdf

text

original

 
Materi Ujian Komprehensif, Profesi AkuntanMateri Ujian Komprehensif, Profesi Akuntan
By
Mr. Stanislaus
(081342511079) &
Oct. M. Bandaso
(081342641840)By
Mr. Stanislaus
(081342511079) &
Oct. M. Bandaso
(081342641840)
 
BAB I
TEORI AKUNTANSI
Teori
:
Merupakan seperangkat asas, hipotesis, konseptual dan pragmatis yangterjalin satu sama lain dan membentuk kerangka acuan umum untuksuatu bidang ilmu pengetahuan.
Pengertian
:
-
Akuntansi
(1): Seni mencatat, menggolongkan, dan mengikhtisarkantransakasi atau peristiwa yang paling tidak bersifat keuangandengan suatu cara yang bermakna dan dalam satuan uang sertamengintrepertasikan hasil-hasilnya.
-
Akuntansi
(2) : Suatu kegiatan jasa. Fungsinya adalah menyediakaninformasi kuantitatif, terutama yang bersifat keuangan tentangkesatuan ekonomi yang dimaksudkan agar bermanfaat dalammengambil keputusan ekonomi dalam menetapkan pilihan pilihanyang pantas diantara berbagai tindakan alternatif.
Teori Akuntansi
 
:Suatu penalaran secara logis dalam bentuk asas atau prinsip yangmerupakan kerangka acuan umum untuk menilai praktik akuntansi dansebagai pedoman bagi pengembangan praktek dan prosedur baru.
Tujuan utama teori akutansi
 
:Memberikan seperangkat prinsip-prinsip yang koheren yang diturunkansecara logis, yang berlaku sebagai kerangka acuan guna mengevaluasidan mengembangkan praktek akuntansi.
Tingkatan teori akuntansi
:
1.Syntantics: Teori yang menjelaskan praktik akuntansi masa kini danmeramalkan tanggapan para akuntan terhadap situasi tertentu ataubagaimana melaporkan peristiwa tertentu.2.Semantical: Teori yang memusatkan perhatian pada fenomenadengan simbol yang mewakili fenomena tersebut.3.Pragmatics: Teori yang menekankan perilaku yang ditimbulkanoleh laporan keuangan terhadap keputusan yang diambil olehpemakai laporan keuangan.
Sifat teori akuntansi :
1.Syntantics: Pengkajian mengenai suatu simbol dengan simbollainnya.2.Semantics: Pengkajian mengenai hubungan antara simbol denganobjek (peristiwa)3.Pragmatics: Pengkajian mengenai hubungan antara simbol denganpemakai simbol
Sifat Akuntansi Menurut Belkaoui
:
1.Akuntansi sebagai Ideologi : Akuntansi dipandang sebagai fenomenaideologis, sebagai alat untuk mempersah dan mengesahkan suatususunan sosial, ekonomi, dan politik.2.Akuntansi sebagai suatu bahasa : Akuntansi mengkomunikasikaninformasi tentang perusahaan.3.Akuntansi sebagai catatan historis : Akuntansi menyediakan sejarahsebuah organisasi, transaksi-transaksi dan lingkungannya.4.Akuntansi sebagai realitas ekonomi berjalan : Neraca dan laporanrugi-laba didasarkan pada realitas ekonomi berjalan dan untukpenentuan laba yang sebenarnya (
true income
).5.Akuntansi sebagai suatu sistem informasi : Akuntansi menjalinhubungan antara sumber informasi, saluran dan penerima.6.Akuntansi sebagai komoditi : Masyarakat membutuhkan informasiakuntan sebagai penghasil informasi sehingga tercipta pasarinformasi akuntansi.
Komprehensip Teori Audit SPM Komprehensip Teori Audit - SPM 
 
Materi Ujian Komprehensif, Profesi AkuntanMateri Ujian Komprehensif, Profesi Akuntan
By
Mr. Stanislaus
(081342511079) &
Oct. M. Bandaso
(081342641840)By
Mr. Stanislaus
(081342511079) &
Oct. M. Bandaso
(081342641840)
 
Metodelogi untuk perumusan suatu teori akuntansi
:
1.Deskriptif: Menjelaskan dan membenarkan beberapa praktekakuntansi yang berguna secara nyata.2.Normatif: Membenarkan beberapa praktek akuntansi yangseharusnya dijalankan.
Penalaran/pendekatan teori akuntansi :
1.Penalaran deduktif: Penalaran yang dimulai dari tujuan danpostulate kemudian secara logis menurunkan prinsip. (umum kekhusus)2.Penalaran induktif: Proses penalaran kesimpulan dari pengamatan,pengukuran, yang sedehana (khusus ke umum)
Struktur teori akuntansi
:
Postulate akuntansi
: Pernyataan yang tidak perlu dibuktikankebenarannya atau aksioma yang diterima secara umumkarena sesuai dengan objektivitas laporan keuangan danmenggambarkan lingkungan ekonomi, sosial, politik danhukum dimana akuntansi beroperasi.
Konsep teoritis akuntansi
: Pernyataan yang tidak perludibuktikan dan menggambarkan sifat dari akuntansi yangbergerak dalam perekonomian bebas yang ditandai oleh hakmilik atas suatu kekayaan.
Prinsip Akuntansi
: Adalah aturan aturan keputusan umumyang diturunkan baik dari tujuan maupun konsep teoritisakuntansi yang mengatur pengembangan teknik teknikakuntansi.
Teknik akuntansi
: Kaidah khusus yang diturunkan dariprinsip akuntansi untuk menata suatu transaksi atau eventtertentu yang dihadapai oleh suatu kesatuan akuntansi.
Postulate akuntansi menurut vernon kam
1.
Entity
: Aktivitas ekonomi yang dilaksanakan dalan suatu kesatuanusaha tertentu.2.
 Monetery unit
: Uang yang digunakan sebagai suatu pengukuransuatu objek atau peristiwa ekonomi.3.
Exchange prices
: Data akuntansi menggunakan harga-harga yangtelah lalu, sedang berjalan, dan akan datang.4.
Continuity
: Suatu kesatuan usaha dipandang akan terus berjalan.5.
Time period
: Aktivitas ekonomi dilaksanakan dalam periode waktutertentu.
Postulate akuntansi menurut Ahmed Belkaoui :
1.Entity2.Going Concern3.Unit of measure4.Accounting period
Konsep teoritis akuntansi
1.
Teori kepemilikan (The Proprietory theory)
:penetapan akuntansi dan penyusunan aktiva perusahaan harusdidasarkan pada pandangan dan kepentingan pemilik. Pemilik adalahorang yang berkepentingan dalam perusahaan berorientasi padaneraca tujuannya penentuan dan analisa kekayaan bersih pemilik.
Komprehensip Teori Audit SPM Komprehensip Teori Audit - SPM 
Tujuan Laporan
Konsep Teori Akuntansi
Postulate AkuntansiPrinsip AkuntansiTeknik Akuntansi
Aktiva – Utang = Ekuitas (modal) pemilik 
 
Materi Ujian Komprehensif, Profesi AkuntanMateri Ujian Komprehensif, Profesi Akuntan
By
Mr. Stanislaus
(081342511079) &
Oct. M. Bandaso
(081342641840)By
Mr. Stanislaus
(081342511079) &
Oct. M. Bandaso
(081342641840)
 
2.
Teori kesatuan (entity Theory)
:
Entity adalah bagian yang terpisah dan berbeda dari pemilik modalpada kesatuan itu, berorientasi pada rugi laba, pusat kepentinganakuntansinya adalah unit usaha, bukan pemilik
3.
Teori dana (Fund theory)
:
Teori ini memandang unit bisnis terdiri dari sumber daya ekonomi(dana) dan kewajiban serta batasan batasan sehubungan denganpenggunaan sumber daya ini, teori ini berpusat dari aktiva dengankata lain fokus utamanya adalah administrasi dan penggunaan aktivasecara tepat, cocok untuk organisasi nirlaba organisasi pemerintah.
Prinsip Akuntansi menurut vernom kam
1.Histical cost measurement (pengukuran biaya historis)2.Revenue recognition (Pengakuan pendapatan)3.Matching4.Disclosure
Prinsip Akuntansi menurut ahmed belkaoui :
1.
Prinsip Biaya
: Biaya perolehan atau biaya historis adalah dasarpenilaian untuk perolehan segala barang dan jasa, biaya (expenses,cost) dan ekuitas.2.
Prinsip Pendapatan
:a.Sifat dan komponen pendapatan(1)Arus masuk dari aktiva netto yang dihasilkan dari penjualanbarang dan jasa.(2)Arus keluar dari barang dan jasa(3)Produk perusahaan yang semata mata dari pembelian barangatau jasa oleh sebuah perusahaan selama satu periode tertentu.b.Pengukuran pendapatan : pendapatan diukur dalam satuan nilaiproduk atau jasa yang diperoleh dalam suatu transaksi.Potongan tunai dan kerugian piutang tak tertagih harusdianggap sebagai biaya.c.Saat pengakuan pendapatan : Dasar akrual dan basic3.
Prinsip matching 
: menyatakan bahwa biaya harus diakui padaperiode yang sama seperti pendapatan yang bersangkutan kaitanantara pendapatan dan biaya tergantung dari salah satu dari empatkriteria:a.Matching langsung dari biaya yang jatuh tempo denganpendapatan (HPP x Penjualan)b.Matching langsung dari biaya yang jatuh tempo dengan periodeyang bersangkutan (gaji direktur untuk periode yangbersangkutan)c.Alokasi biaya selama periode pemanfaatan (penyusutan dalamperiode yang bersangkutan)d.Alokasi beban untuk semua biaya lain dalam periode terjadinya.4.
Prinsip objektivitas
: kegunaan informasi keuangan tergantungpada keandalan prosedur pengukuran yang digunakan untukmemastikan adanya keandalan yang maksimum sudah dilakuaknmaka digunakan prinsip objektivitas untuk membenarkan pilihansuatu pengukuran atau prosedur pengukuran.5.
Prinsip Konsistensi
: Menyatakan bahwa peristiwa peristiwa serupaharus dicatat dan dilaporkan dengan cara yang konsisten dariperiode ke periode.6.
Prinsip pengungkapan penuh
: mengharuskan bahwa ikhtisarkeuangan dirancang dan disusun agar menggambarkan secaraakurat peristiwa peristiwa ekonomi yang mempengaruhi perusahaanuntuk periode yang bersangkutan dan berisi informasi mencukupiagar berguna dan tidak menyesatkan investor.7.
Prinsip konservatisme
: menyatakan bahwa pada waktu memilihsalah satu diantara dua atau lebih teknik akuntansi maka lebihdiutamakan yang mempunyai dampak keuntungan yang paling kecilterhadap modal pemegang saham sebaiknya yang dilaporkan adalahnilai aktiva dan pendapatan yang terendah dan nilai utang dan biayayang tertinggi.
Komprehensip Teori Audit SPM Komprehensip Teori Audit - SPM 
Aktiva = passiva atau aktiva = hutang + modal pemegang sahamAktiva = Kendala dari biaya

Activity (163)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Tuty Khoirunnisa added this note
Downloadnya mesti bayar dulu,,, Please bagi2 dong kakak
Nana Umdiana liked this
Rome Heyden liked this
bernandus liked this
Bayu Alfitra liked this
Daik Cuby liked this
Ardian Van Budi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->