Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Polusi Air

Polusi Air

Ratings: (0)|Views: 275 |Likes:
Published by Royken Rokenrol

More info:

Published by: Royken Rokenrol on Mar 20, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/22/2013

pdf

text

original

 
BAB I
 
PENDAHULUAN
 
A.
 
LATAR BELAKANG
 
Kita semua tahu Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan sumber daya alamnya. Salah satu kekayaan tersebut, Indonesia memiliki tanah yang sangatsubur karena berada di kawasan yang umurnya masih muda, sehingga di dalamnyabanyak terdapat gunung-gunung berapi yang mampu mengembalikan permukaanmuda kembali yang kaya akan unsur hara.
 
Namun seiring berjalannya waktu, kesuburan yang dimiliki oleh tanahIndonesia banyak yang digunakan sesuai aturan yang berlaku tanpa memperhatikandampak jangka panjang yang dihasilkan dari pengolahan tanah tersebut.
 
Salah satu diantaranya, penyelenggaraan pembangunan di Tanah Air tidakbisa disangkal lagi telah menimbulkan berbagai dampak positif bagi masyarakatluas, seperti pembangunan industri dan pertambangan telah menciptakan lapangankerja baru bagi penduduk di sekitarnya. Namun keberhasilan itu seringkali diikutioleh dampak negatif yang merugikan masyarakat dan lingkungan.
 
Pembangunan kawasan industri di daerah-daerah pertanian dan sekitarnyamenyebabkan berkurangnya luas areal pertanian, pencemaran tanah dan badan air yang dapat menurunkan kualitas dan kuantitas hasil/produk pertanian, terganggunyakenyamanan dan kesehatan manusia atau makhluk hidup lain. Sedangkan kegiatanpertambangan menyebabkan kerusakan tanah, erosi dan sedimentasi, sertakekeringan. Kerusakan akibat kegiatan pertambangan adalah berubah atauhilangnya bentuk permukaan bumi
(landscape)
, terutama pertambangan yangdilakukan secara terbuka
(opened mining)
meninggalkan lubang-lubang besar dipermukaan bumi. Untuk memperoleh bijih tambang, permukaan tanah dikupas dandigali dengan menggunakan alat-alat berat. Para pengelola pertambanganmeninggalkan areal bekas tambang begitu saja tanpa melakukan upaya rehabilitasiatau reklamasi.
D
ampak negatif yang menimpa lahan pertanian dan lingkungannya perlu mendapatkanperhatian yang serius, karena limbah industri yang mencemari lahan pertanian tersebutmengandung sejumlah unsur-unsur kimia berbahaya yang bisa mencemari badan air dan merusak tanah dan tanaman serta berakibat lebih jauh terhadap kesehatanmakhluk hidup.
 
B
erdasarkan fakta tersebut, sangat diperlukan pengkajian khusus yang membahasmengenai pencemaran tanah beserta dampaknya terhadap lingkungan di sekitarnya.
 
B.
 
MAKSUD DAN TUJUAN
 
M
aksud dan tujuan pembuatan makalah ini antara lain, yaitu:
 
1.
 
sebagai bahan kajian para mahasiswa mengenai dampak pencemaran terhadaplingkungan
 
 
2
.
 
sebagai cara untuk mencari berbagai cara untuk menanggulangi dampakpencemaran yang sedang dikaji
 
3.
 
sebagai metode pengumpulan data tentang pencemaran lingkungan
 
C
.
 
RUANG LINGKUP
 
M
akalah ini membahas mengenai pencemaran tanah, mulai dari gambaran,dampak, dan cara menanggulangi pencemaran tanah tersebut
BAB II
 
METODE PENULISAN
 
A.
 
OBJEK PENULISAN
 
O
bjek penulisan mencakup gambaran/ penjelasan, dampak yang ditimbulkan,dan cara penanggulangan pencemaran tanah.
 
B.
 
DASAR PEMILIHAN OBJEK
 
O
bjek yang penulis pilih adalah mengenai pencemaran tanah, karena tanahmerupakan salah satu komponen kehidupan yang sangat penting. Semua manusiapasti sangat tergantung akan keberadaan tanah tersebut. Namun, banyak orangyang belum mengetahui bagaimana cara pengolahan tanah yang tepat tanpabanyak menimbulkan dampak negatif bagi kehidupan.
 
C
.
 
METODE PENGUMPULAN DATA
 
D
alam penulisan makalah ini, penulis secara umum mendapatkan bahantulisan dari berbagai referensi, baik dari tinjauan kepustakaan berupa buku ± bukuatau dari sumber media internet yang terkait dengan pencemaran lingkungan.
 
D.
 
METODE ANALISIS
 
Penyusunan makalah ini berdasarkan metode deskriptif analisis, yaitudengan mengidentifikasi permasalahan berdasarkan fakta dan data yang ada,menganalisis permasalahan berdasarkan pustaka dan data pendukung lainnya,serta mencari alternatif pemecahan masalah.
 
 
BAB III
 
ANALISIS PERMASALAHAN
 
A.
 
PEMBAHASAN
 
a.
 
Gambaran dari Pencemaran Tanah
 
Pencemaran tanah adalah keadaan di mana bahan kimia buatan manusiamasuk dan merubah lingkungan tanah alami. Pencemaran ini biasanya terjadikarena: kebocoran limbah cair atau bahan kimia industri atau fasilitas komersial;penggunaan pestisida; masuknya air permukaan tanah tercemar ke dalamlapisan sub-permukaan; kecelakaan kendaraan pengangkut minyak, zat kimia,atau limbah; air limbah dari tempat penimbunan sampah serta limbah industriyang langsung dibuang ke tanah secara tidak memenuhi syarat (
illegal dumping 
).
 
Ketika suatu zat berbahaya/beracun telah mencemari permukaan tanah,maka ia dapat menguap, tersapu air hujan dan atau masuk ke dalam tanah.Pencemaran yang masuk ke dalam tanah kemudian terendap sebagai zat kimiaberacun di tanah. Zat beracun di tanah tersebut dapat berdampak langsungkepada manusia ketika bersentuhan atau dapat mencemari air tanah dan udaradi atasnya.
 1.
 
Dampak yang Ditimbulkan Akibat Pencemaran Tanah
 
B
erbagai dampak ditimbulkan akibat pencemaran tanah, diantaranya:
 
1
.
 
Pada kesehatan
 
D
ampak pencemaran tanah terhadap kesehatan tergantung pada tipepolutan, jalur masuk ke dalam tubuh dan kerentanan populasi yang terkena.Kromium, berbagai macam pestisida dan herbisida merupakan bahankarsinogenik untuk semua populasi. Timbal sangat berbahaya pada anak-anak, karena dapat menyebabkan kerusakan otak, serta kerusakan ginjalpada seluruh populasi.
 

Activity (2)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->