Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tugas I Hukum Dan Adm. Pembangunan

Tugas I Hukum Dan Adm. Pembangunan

Ratings: (0)|Views: 160 |Likes:

More info:

Categories:Types, Resumes & CVs
Published by: Ainun Dita Febriyanti on Mar 20, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/20/2011

pdf

text

original

 
 1
Permasalahan Regulasi dalam Perencanaan Wilayah dan Pembangunan Kota di Surabaya 
Tugas Hukum dan Administrasi Pembangunan
BAB IPENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Pada umumnya, setiap manusia memiliki cara pandang yang berbeda-bedaakan suatu hal. Cara pandang yang berbeda tersebut tidak jarang dapatmenimbulkan suatu konflik baik secara individu maupun berkelompok sehinggadibutuhkan suatu alat yang mengikat yaitu adanya aturan yang mengatur perilakuhidup manusia.Secara langsung maupun tidak langsung, kehidupan manusia selaludipengaruhi oleh peraturan-peraturan hidup bersama yang membatasi dan mengatur hubungan antar manusia. Peraturan-peraturan tersebut memberikan batasanperbuatan mana yang boleh dilakukan dan mana yang harus dihindari. Peraturanhidup kemasyarakatan yang bersifat mengatur dan memaksa untuk menjamin tatatertib dalam masyarakat, dinamakan kaidah hukum. Hukum mengatur dan berkaitan dengan banyak hal, tidak terkecuali yangberkaitan dengan perencanaan wilayah dan pembangunan kota. Jika hukumdipenuhi oleh pihak-pihak yang terkait maka keteraturan yang diinginkan akantercapai. Tetapi bagaimana bila pihak-pihak yang terkait dengan perencanaanwilayah dan pembangunan kota tidak memenuhi hukum-hukum yang berlaku? Dapatdipastikan berbagai bencana, persengketaan dan kekacauan akan terjadi.Di Kota Surabaya, kasus mengenai sengketa tanah, penggusuran bangunan,reklame roboh dan berbagai kasus serupa bukan merupakan hal yang susah untukditemukan. Hal tersebut disebabkan oleh adanya pelanggaran hukum yang dilakukanoleh pihak-pihak terkait yang akibatnya dirasakan oleh banyak pihak yang tidakbersalah. Selain itu, pengawasan terhadap pelanggaran hukum yang dilakukan jugadirasa sangat kurang karena pengetahuan hukum masyarakat sekitar yang kurang. Melihat fakta di atas, sudah seharusnya masyarakat mulai peka akan kasusyang terjadi dan hukum apa yang berlaku khusunya di masyarakat. Hal tersebutsangat penting dilakukan agar masyarakat dapat melakukan pengawasan terhadaplingkungan sekitar dan mengurangi pelanggaran hukum yang terjadi. 
 
 2
Permasalahan Regulasi dalam Perencanaan Wilayah dan Pembangunan Kota di Surabaya 
Tugas Hukum dan Administrasi Pembangunan
1.2
Rumusan Masalah
A
dapun rumusan masalah dari penulisan makalah ini adalah sebagai berikut:
 
1. Masalah regulasi apa yang berkaitan dengan perencanaan wilayah danpembangunan kota yang terjadi di Kota Surabaya?2.
A
pa yang menyebabkan permasalahan regulasi tersebut terjadi?3. Regulasi apa yang dilanggar sehingga menyebabkan masalah tersebut terjadi? 4. Jenis regulasi apa saja yang berkaitan dengan masalah tersebut?
1.3
Tujuan
Tujuan dari penulisan makalah ini yaitu untuk mengidentifikasi permasalahanregulasi yang berkaitan dengan perencanaan wilayah dan pembangunan kota diSurabaya.
1.4
Ruang Lingkup
Ruang lingkup yang akan dibahas dalam makalah ini meliputi ruang lingkuppenulisan dan ruang lingkup wilayah. Untuk ruang lingkup penulisan yaitu tentangpermasalahan regulasi dalam perencanaan wilayah dan pembangunan kota diSurabaya, sedangkan untuk ruang lingkup wilayah yangdiambil dalam makalah iniadalah kota Surabaya.
1.5
Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan dalam makalah ini sebagai meliputi:
BAB I PENDAHULUAN
Berisi latar belakang, rumusan masalah, tujuan, ruang lingkup, dan sistematikapenulisan.
BAB II PEMBAHASAN
Berisi mengenai permasalahan-permasalahan regulasi yang berhubungan denganperencanaan wilayah dan pembangunan kota di Surabaya.
BAB III PENUTUP
Berisi mengenai kesimpulan dari pembahasan permasalahan regulasi dalamperencanaan wilayah dan kota.
 
 3
Permasalahan Regulasi dalam Perencanaan Wilayah dan Pembangunan Kota di Surabaya 
Tugas Hukum dan Administrasi Pembangunan
BAB IIPEMBAHASAN
A
dapun masalah regulasi yang bertautan dengan perencanaan wilayah danpembangunan kota yang terjadi di Surabaya diantaranya: 
1.
Pembongkaran Eks Penjara Kalisosok
Identifikasi masalah
Sebuah bangunan cagar budaya di kawasan Krembangan bernamaKalisosok akan dilakukan pembongkaran karena sang pemilik bangunan inginmerubah fungsi dari bangunan eks penjara tersebut. Pemkot meminta agar pembongkaran itu dihentikan karena pihak mereka belum mengetahui secarapasti akan diajadikan apa eks penjara tersebut dan sang pemilik juga belummengantongi surat Izin Robohkan Bangunan (IRB). Hal ini mengingat penjaraKalisosok merupakan salah satu cagar budaya yang dilindungi Undang-Undang dan Perda Nomor 5 tahun 2005 tentang Pelestarian Bangunan Cagar Budaya di Kota Surabaya.Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya mengakui bahwatak semua pemilik cagar budaya di Surabaya itu mempunyai niatan yang sama.
A
da yang baik adapula yang tidak. Namun pihak pemkot masih akan berusahaterus berkoordinasi dengan pemilik yang sampai sekarang masih dicoba untukditelusuri. Hingga saat ini ada sekitar 167 cagar budaya yang ada di Surabayayang dimiliki oleh pemerintah dan swasta. Pihak pemkot juga tak mengetahuikeadaan cagar budaya yang dikelola oleh pihak swasta.Dari fakta lain, pembongkaran bangunan cagar budaya berupa bekaspenjara Kalisosok tersebut ternyata tidak diketahui Pemkot Surabaya.
A
kibat daripembongkaran tersebut, Lurah Krembangan Selatan, Slamet, dan CamatKrembangan, Sumarno, langsung mendatangi lokasi pembongkaran danmemerintahkan pekerja untuk menghentikan aktivitasnya. Beliau menegaskanselama ini tidak ada pemberitahuan atau izin sama sekali untuk melakukanpembongkaran tersebut. Pihaknya meminta supaya segala aktivitaspembongkaran tesebut dihentikan, dengan alasan apapun, entah itu akandibangun ulang atau sekadar renovasi, tetap harus memiliki izin. Pihak pemilikbekas penjara Kalisosok seharusnya melayangkan surat pemberitahuan jikahendak membongkar bekas penjara Kalisosok tersebut.Lurah Krembangan Selatan Slamet, menambahkan selama ini pihaknyasulit untuk memantau keadaan bekas penjara Kalisosok ini.
A
parat kelurahanjuga kesulitan masuk ke tempat tersebut. Pendataan itu akhirnya baru berhasil

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->