Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
9Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Peradaban Awal Masyarakat Di Dunia

Peradaban Awal Masyarakat Di Dunia

Ratings: (0)|Views: 1,815 |Likes:
Published by Rizky 'selluw'

More info:

Published by: Rizky 'selluw' on Mar 21, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/28/2013

pdf

text

original

 
Peradaban Awal Masyarakat Di Dunia
 
A.Peradaban India (Lembah Indus dan Lembah Gangga )
->
Letak geografis
 · Di sebelah Utara berbatasan dengan China yang dibatasi Gunung Himalaya· Selatan berbatasan dengan Srilanka yang dibatasi oleh Samudera Indonesia· Barat berbatasan dengan Pakistan· Timur berbatasan dengan Myanmar dan Bangladesh Nama India diambil dari nama Sungai Indus, sedangkansebutan Hindia diambil dari kata Sindhu. Pantai sebelahbarat dihalangi oleh pegunungan yang curam yangdisebut Ghat Barat dan sepanjang pantai sebelah timur terdapat Ghat Timur. Di lembah pegunungan Himalayamengalir sungai Gangga dan Yumuna yang bermuara diteluk Benggala. Satu-satunya jalan masuk ke Indiamelalui darat melewati celah antara pegunungan Pamir dengan Hindukusy di bagian barat daya celah itu disebutcelah Kaibar. Bangsa-bangsa pengembara dari luar masuk ke India melalui celah Kaibar dan menetap didaerah aliran sungai Gangga dan Yumuna yang subur. ->
Suku bangsa
 Di daerah ini berkembang kebudayaan Hindu Berdasakan penelitian Antropologis, pendukungkebudayaan India adalah bangsa Dravida. Kira-kira tahun 3000 sebelum Masehi, bangsa Dravidamasuk ke India melalui celah Kaibar, mereka menetap di sekitar aliran sungai Gangga danYumuna. Mereka tidak lama tinggal di sana karena didesak oleh bangsa Arya. Tanda tandaperawakan bangsa Dravida ialah berkulit hitam, pendek, rambut kriting, hidung tidak mancung.Bangsa Dravida terdesak oleh Bangsa Arya ke daerah daratan tinggi Dekhan, sebagianbercampur darah dengan bangsa Arya. Bangsa Arya serumpun dengan bangsa Eropa, yaitu IndoJerman. Kawasan sungai Gangga dan Yamuna disebut Aryavarta, artinya pemukiman bangsa
 
Arya. Di lembah sungai inilah berkembang kebudayaan Hindu yang merupakan kebudayaanbangsa Arya. Bangsa Arya mengaku sebagai bangsa “Mulia”. Untuk menjaga kemurniandarahnya, bangsa Arya membagi masyarakatnya dalam beberapa golongan atau kasta, seperti: 
a. Kasta Brahmana
ialah golongan para ahli agama dan ilmu pengetahuan. Golongan ini palingdihormatidan biasanya menjadi penasihat raja.
b. Kasta Waisya
ialah golongan pedagang danpetani. Mereka merupakan golongan yangberusaha, mengeluarkan keringat untuk menghasilkanperbekalan yang diperlukan oleh semuagolongan.
c. Kasta Ksatria
ialah golongan ningrat dan paraprajurit. Golongan inilah yang memegangkekuasaandan menjalankan pemerintahan.
d. Kasta Sudra
ialah golongan buruh kasar danhamba sahaya.Ada pula orang-orang yang “bernoda” dikeluarkan dari kastanya. Mereka tidak termasuk kastamanapun juga. Mereka golongan masyarakat yang paling hina, mereka tidak punya hak apapun.Mereka disebut golongan “Paria”. ->
Kepercayaan
 
a. Agama Hindu
. Agama Hindu memuja dewa-dewa, ada tiga dewa yang paling terkemukaDewa Brahma sebagai pencipta alam, Dewa Wisnu sebagai pemelihara alam, dan Dewa Syiwasebagai perusak alam. Kitab sucinya disebut Weda. 
b. Agama Buddha
. Agama Buddha diajarkan olehSidarta Gautama, putra mahkota kerajaan Kapilawastu diIndia Utara. Sidarta Gautama memperole h pencerahantentang masalah kehidupan, itulah yang disebut “Bodh”,sejak itu ia disebut “Budha”, artinya orang yangmemperoleh “Bodh”. Kitab sucinya Tripitaka.
 
->
Benda bersejarah
 Di India banyak ditemukan peninggalan budaya yang tinggi nilainya, seperti:1. Benda-benda terakota, yaitu lempeng-lempeng tanah yang ada hiasannya dan tulisan piktograf.2. Tata kota Mohenjo Daro dan Harrapa, rumah-rumah dibangun dengan batu bata merah, jalan-jalandibuat lurus dengan di kiri dan kanannya dibuat saluran air yang baik.3. Alat-alat pertanian yang berupa cangkul dan kapak.4. Alat-alat perhiasan yang berupa kalung dan gelang. 
Hasil kesusastraan India yang berupa wiracarita antara lain:
a. Kitab RamayanaKitab ramayana merupakan karangan Resi Walmiki. Menceritakan kisah putra mahkota bernamaRama putra Raja Dasaratha. Karena ulah ibu tirinya, Rama harus menjalani pengembaraan kehutan, dalam pengembaraannya itu istrinya, Dewi Sinta, diculik oleh Rahwana atau Dasamuka,raja raksasa dari negeri Alengka (Sri Lanka). Rahwana dicegat oleh Jatayu, burung garudaraksasa, tetapi dapat dikalahkan oleh Rahwana. Dewi Sinta dilarikan sampai istana Alengka.Dengan pertolongan kera Sugriwa dan Hanoman, Sri Rama dapat menyerbu Kerajaan Alengka.Dengan bantuan bala tentara kera akhirnya Rahwana dapat dikalahkan dan Dewi Sinta dapatdiselamatkan. b. Kitab MahabharataKitab Mahabharata karangan Resi Wiyasa. Menceritakan kisah keadaan keluarga besar Bharata,yang memerintah di kerajaan Hastina. Dua keturunan itu adalah Kurawa dan Pandawasalingmemperebutkan tahta kerajaan. Mula-mula keluarga pandawa menjalani hukuman dibuang kehutan selama 12 tahun, dalam pembuangan itu keluarga Pandawa memperoleh gemblengan ilmu,sehingga kuat lahir dan batin. Akhirnya terjadi perang saudara yang hebat antara dua turunan itudi medan perang Kuruksetra. Perang tersebut terkenal sebagai perang Bratayudha, yaitu perangantara kejahatan (pihak Kurawa) dengan kebaikan (pihak Pandawa). Akhirnya, Pandawalah yangmenang. 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->