Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
0Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tugas Mata Kuliah an Teori Sosial

Tugas Mata Kuliah an Teori Sosial

Ratings: (0)|Views: 3,810 |Likes:
Published by Khairul Iksan
Tugas Mata Kuliah an Teori Sosial
Tugas Mata Kuliah an Teori Sosial

More info:

Published by: Khairul Iksan on Mar 22, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/11/2013

pdf

text

original

 
UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANGPROGRAM PASCASARJANA (S-2)PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUANSOSIALTAKE HOME
Kode / Mata Kuliah : IPS 202 / Pengembangan TeoriSosialSemester : IDosen Pembina : Drs. I Wayan Legawa, M.Si.
SOAL :
1. PARADIGMA DALAM TEORI SOSIAL
a.
Apakah yang dimaksud dengan paradigma itu ?
b.
Faktor apa saja yang menyebabkan terjadinyaperbedaan dalam paradigma ?
c.
Ada 4 varian teori yang berkaitan dengan paradigmafakta sosial, yang salah satunya adalah strukturalfungsional ( Talcott parson, Robert K. Merton dan NielSmelser ). Dalam teori itu dijelaskan bahwa prubahan-perubahan yang terjadi dalam masyarakat didasarkanatas asumsi-asumsi. Sebut dan jelaskan asumsi-asumsiyang dimaksud dengan contoh perubahan yang terjadidalam masyarakat Indonesia.
2.
Auguste Comte dianggap sebagai bapak Positivisme.Positivisme adalah faham filsafat yang cenderung membatasipengetahuan manusia dengan memakai metode ilmupengetahuan.
a.
Jelaskan peran Auguste Komte dalam merekonstruksiteori Positivisme ?b. Comte membedakan akal budi manusia dalam 3 tahap.Sebut dan Jelaskan !
c.
Masyarakat dalam Positivisme adalah masyarakatIndustri. Bagaimana pendapat saudara tentang haltersebut ? Jelaskan !
3.
Berikut adalah beberapa istilah yang berkaitan dengan teorisosial. Siapa tokoh yang melahirkan teori tersebut ?, dalamkonteks sosial yang bagaimana istilah tersebut muncul?.
 
a. The Struggle For Liveb. Gemeinschaftc. Mode of Production and Suprastrukturd. Verstehen
Suicide
e. AGILf. Protestan Etic and Spirit of Capitalismg. Pattern VariabelooooooooooooooOOOOOOOOOOLGWOOOOOOOOOOoooooooooCatatan : Dimohon tidak mengutip / mengopy jawaban temanyang lain.Jika terdapat kasus demikian tidak mendapat nilai
Paradigma Fakta Sosial
Tokoh utama dari paradigma fakta social adalah EmileDurkheim Pokok persoalan dalam paradigma ini adalah faktasocial. Paradigma ini muncul sebagai wujud rasa keprihatinanDurkheim terhadap pemikiran Comte dan Spencer karena telahmembelokan sosiologi ke dalam cabang filsafat denganmengedepankan ide-ide pemikiran tanpa didukung oleh data-data empiris. Durkheim menghendaki sosiologi menjadi disiplinilmu otonom yang mempelajari kenyataan-kenyataan yang adadalam masyarakat (fakta social).Ritzer (2003:18) mengemukakan bahwa secara garis besarfakta social dibedakan menjadi dua tipe, yaitu:
1.
o
1. Stuktur sosial, yaitu jaringan hubungan socialdi mana interaksi social berproses dan menjaditerorganisir serta melalui mana posisi-posisi
 
social dari individu dan sub kelompok dapatdibedakan.2. Pranata sosial, yaitu norma-norma dan polanilai yang terdapat dalam fakta social,misalnya: kelompok, kesatuan masyarakattertentu, posisi, keluarga dll.Ritzer (2003:21) juga mengemukakan empat teori dalamparadigma fakta social yaitu: teori fungsionalisme structural,teori konflik, teori system dan teori sosiologi makro.Sebagaimana Ritzer (2003) dalam hal ini akan dibahas mengenaiteori dominant atau yang disebut mula-mula yaitu:
o
1. Teori Fungsionalisme Structural, Tokoh utamateori ini adalah Robert K. Merton. Menurut teoriini masyarakat merupakan suatu system socialyang terdiri atas bagian-bagian atau elemenyang saling berkaitan dan saling menyatudalam keseimbangan. Perubahan yang terjadipada suatu bagian akan mempengaruhi bagianyang lain.2. Teori konflik, Tokoh utama teori ini adalah RalpDahrendorf. Menurut teori ini masyarakatsenantiasa berada dalam prosesperubahanyang ditandai oleh pertentanganyang terus menerus diantara unsure-unsurnyaAdapun metode yang biasa digunakan para penganutParadigma Fakta Sosial adalah metode kuesioner dan interview.
Paradigma Definisi Sosial
Tokoh utama dari paradigma definisi social adalah MaxWeber. Ritzer (2003:38) mengungkapkan bahwa pokok persoalandalam paradigma ini adalah tindakan social. Tindakan socialadalah tindakan individu sepanjang tindakannya itu mempunyaimakna atau arti subjektif bagi dirinya dan diarahkan kepadatindakan orang lain. Lebih lanjut dijelaskan bahwa Webermengemukakan lima pokok yang menjadi sasaran penelitiansosiologi, yaitu:

Activity (0)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Nahzim Rahmat liked this
davisoke liked this
Bagus Tri Wibowo liked this
Bagus Tri Wibowo liked this
Bagus Tri Wibowo liked this
Rahma Dianta liked this
Fitri Anto liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->