Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
18Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
penjelajahan

penjelajahan

Ratings: (0)|Views: 9,361|Likes:
Published by busyrol

More info:

Published by: busyrol on Mar 24, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/02/2013

pdf

text

original

 
 1
Bab IPendahuluan
1.1
 
L
atar BelakangDi era yang semakin modern ini, terkadang seseorang merasa penat dengankesibukan sehari-harinya yang hampir di setiap saat dipenuhi dengan teknologi. Salahsatu media untuk menyegarkan fikiran yang bnyak dilakukan adalah dengan melakukanhiking atau jelajah alam. Jelajah alam merupakan suatu kegiatan menjelajahi alam, baik di darat maupun perairan, guna meningkatkan kesegaran jasmani, menyegarkan pikiran,dan sekaligus agar kita lebih mengenal lingkungan alam bebas di sekitar kita, sertamensyukuri alam yang telah diciptakan Allah SWT dengan cara menjaga kelestarian dantidak merusaknya. Kegiatan jelajah alam contohnya adalah mendaki gunung, cycling,surfing, rock climbing , dsb. Dalam menjelajahi alam kita perlu mengetahui apa saja yangharus disiapkan, bagaimana teknik pelaksanaannya, dan cara untuk menghadapikemungkinan hambatan yanga ada.Di sekitar daerah tempat tinggal kita, khususnya di Tegal, ada beberapa tempatyang sering digunakan untuk kegiatan jelajah alam, saah satunya adalah waduk Cacaban.Untuk itu, kami hendak menyusun laporan tentang penjelajahan alam menuju waduk Cacaban dengan menggunakan sepeda.1.2
 
Tujuan1.
 
Mengetahui segala sesuatu tentang penjelajahan di alam bebas2.
 
Mengetahui ketrampilan yang diperlukan untuk menjelajah alam3.
 
Mengetahui dan mengenal lingkungan alam di sekitar kita1.3
 
Manfaat1. Dapat lebih mengenal lingkungan sekitar 2. Meningkatkan kesegaran jasmani3. Menambah pengalaman serta ketrampilan baru
 
 2
BAB IIPenjelajahan Alam
A.
 
PengertianPenjelajahan alam merupakan suatu kegiatan menjelajahi alam terbuka, untuk meningkatkan kesegaran jasmani, menyeharkan otak, dan sekaligus agar kita lebihmengenal lingkungan alam bebas di sekitar kita, serta mensyukuri alam yang telahdiciptakan Allah SWT dengan cara menjaga kelestarian dan tidak merusaknya.B.
 
PersiapanMerencanakan perjalanan penjelajahan alam bebas seharusnya menjadi kegiatan yangmenyenangkan karena akan membuat sebuah perjalanan berjalan dengan baik.Hal ± hal yang perlu diperhatikan adalah :
 
Mengetahui dengan baik daerah yang dituju.
 
Amati cuaca.
 
Bawalah semua perlengkapan yang diperlukan
 
G
unakan tas atau bahan pelindung anti air.
 
G
unakan dan pilih pakaian yang dipakai secara benar.
 
Persiapkan fisik dan stamina secara baik sebelum melakukan penjelajahan.
 
Persiapkan mental
 
C.
 
Teknik Penjelajahan Alam BebasUntuk dapat menikmati kehidupan alam bebas yang memang kadang-kadangpenuh dengan resiko, tidak ada jalan lain selain memahami karakteristik alam tersebut.
G
ejolak-gejolak yang di timbulkan oleh alam memerlukan suatu teknik untuk mengatasinyaKebebasan dan kepuasan biasanya suatu hal awal yang ingin dicapai olehseseorang dalam beraktifitas di alam bebas. Pada fase ini subyek belum memikirkan hal-hal yang akan menimpa dirinya. Jarang terpikir oleh subyek hambatan-hambatan danresiko yang akan ia terima.Pada fase berikutnya subyek yang tentu saja sering terjun ke medan operasi, akansemakin mengerti mengenai hambatan-hambatan yang akan ia hadapi. Pada fase inilahtimbul kesadaran subyek untuk belajar memecahkan masalah-masalah itu.
 
 3
1.
 
Kegiatan Penjelajahan Alam Bebas sebagai Sarana Pengembangan DiriPada hakekatnya setiap manusia perlu akan pengembangan diri. Hambatan dantantangan inilah yang sebenarnya membuat diri subyek berkembang. Hal tersebutjuga yang menimbulkan kesadaran atas kemampuan diri seseorang. Jika seseorangtelah sadar akan kemampuan dirinya maka setidaknya ia dapat memilih resiko yangditimbulkan dalam melakukan kegiatan di alam bebas.Pengembangan diri ini diikuti oleh kemampuan untuk mengikuti alur situasitersebut. Dalam berkegiatan di alam bebas seringkali kita berhadapan denganketidakpastian, rasa takut, rasa cemas, ketidaknyamanan dan hal-hal lain yangmenyangkut psikis seseorang. Hal-hal seperti inilah yang mengarahkan diri seseoranguntuk mencapai suatu kepercayaan diri yang nantinya berkembang menjadi suatukemandirian.Untuk dapat mengatasi hambatan-hambatan tersebut, jelas diperlukan suatukeahlian, ketrampilan dan pengetahuan yang cukup tentang masalah-masalahtersebut. Semuanya dapat dicapai dengan praktek langsung di lapangan, meskipunteori-teori tersebut dapat diperoleh di ruangan.2.
 
Petualangan, Resiko, dan KeselamatanPetualangan adalah sebuah pengalaman yang hasilnya terkadang tidak pasti.Ketidakpastian ini timbul karena informasi penting yang diperlukan untuk mengatasiketidakpastian tersebut mungkin hilang, tidak jelas, atau tidak diketahui. Contohnya :
y
 
lingkungan baru yang belum dikenal dengan baik 
y
 
resiko yang tidak dapat diprediksikan
y
 
keraguan tentang kemampuan diriResiko adalah kemungkinan hilangnya sesuatu yang berharga. Kehilangn tersebutdapat berupa cedera fisik, mental ataupun finansial. Diperlukan suatu pengambilankeputusan untuk menghindari, mengambil, memilih resiko secara rasional. Hal-haltersebut dimaksudkan untuk keselamatan subyek pelaku kegiatan alam bebas. Intidari keselamatan adalah penggabungan prosedur yang digunakan agar resiko yangditerima berada dalam batas yang wajar.3.
 
Kegiatan Belajar di Alam Bebas

Activity (18)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Irene Inee liked this
Havidz Hy liked this
Rumlie Oetama liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->