Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Belajar HTML Gratis

Belajar HTML Gratis

Ratings: (0)|Views: 432|Likes:
Published by ariftarisno
Bisa di baca dan di coba
Bisa di baca dan di coba

More info:

Published by: ariftarisno on Mar 24, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

03/24/2011

pdf

text

original

 
H T M L
Belajar HTML gratis, mudah dan menyenangkan diprothelon.comaja.Nah kita mulai ya. Belajar HTML merupakan proses pertama yang umumnyadilakukan oleh para web programer. Nah setelah selesai dengan belajar HTML,maka kamu akan memiliki kemampuan untuk membuat halaman web statis.Berikutnya kamu pasti pengen bisa bikin halaman web yang memilikikemampuan untuk berinteraksi dengan pengunjung secara lebih intens. Waktuitulah kamu perlu mulai belajar PHP. Setelah belajar PHP maka kamu bisamelanjutkan dengan belajar MySQL untuk menambah kemampuan PHP kamu.Saya bisa dengan singkat menjelaskan sabagai berikut. HTML diperlukanterutama untuk membuat tampilan web, PHP untuk menambah kemampuaninteraksi dengan pengunjung dan kemampuan menyimpan data akan disupport oleh MySQL. Lengkap sudah semuanya. Namun tentu saja web programmingtidak hanya sebatas itu. Selain belajar HTML, PHP dan MySQL, tentu saja kamudapat mempelajari juga bahasa script lain yang akan lebih memperindahtampilan web kamu dan mempermudah proses desain web kamu seperti CSSdan Javascript. Kamu juga mungkin akan perlu menambah ketrampilan kamudalam membuat desain web dangan berbagai aplikasi pembuat web sepertiDreamweaver dan FrontPage serta belajar aplikasi pengolah gambar sepertiFireworks dan Adobe. Tetapi untuk saat ini kita akan konsentrasi ke materibelajar HTML yang menjadi dasar semua pemrograman web.
 
Perlu sayasampaikan di sini bahwa meskipun kamu sudah menguasai berbagai aplikasiyang mempermudah desain web, tetapi walau bagaimanapun pada akhirnyakamu tetap akan memerlukan kemampuan untuk melakukan pemrogramanhands on alias manual untuk melakukan berbagai tuning dalam program kamu.Elemen HTML, apa tuh? Nah, dalam tutorial Belajar HTML yang lalu, kamu udahnyoba bikin halaman HTML pertama kamu dan mengerti cara bikinnya.Berikutnya kamu harus mengerti tentang elemen HTML dan caramenuliskannya. Kamu akan memerlukan definisi dasar ini dalam proses belajar HTML yang kamu lakukan sepanjang tutorial di sini. Berikut petunjuk pentingnya.
Ingat petunjuk penting ini:
Dokumen HTML adalah file teks yang terdiri dari elemen HTML. Nah,elemen HTML itu didefinisikan menggunakan apa yang disebut dengantag HTML.
Berikut poin-poin yang akan membantu kamu mengingat dan memahamipengertian Tag HTML:
Tag HTML digunakan untuk menandai (mark-up) elemen HTML
 
Tag HTML berada di antara dua karakter penanda berikut < dan >
Karakter penanda itu disebut dengan tanda kurung siku
Tag HTML umumnya selalu berpasangan seperti <b> dan </b>
Tag pertama adalah tag pembuka, dan tag kedua adalah tag penutup
Teks di antara kedua tag tersebut disebut isi elemen
Tag HTML tidak bersifat case sensitif, <b> memiliki arti yang samadengan <B>
Elemen HTML
Ingat contoh HTML di tutorial sebelumnya kan:<html><head><title>Judul Halaman</title></head><body>Ini halaman pertama saya. <b>Teks ini ditebalkan</b></body>
</html>
Ini adalah elemen HTML:
<b>Teks ini ditebalkan</b>Elemen HTML ini dimulai dengan tag pembuka: <b>Isi dari elemen HTML adalah: Teks ini ditebalkanElemen HTML diakhiri dengan tag penutup: </b>Fungsi tag <b> adalah untuk mendefinisikan sebuah elemen HTML yang harusditampilkan dengan huruf tebal.Nah, ini juga elemen HTML:<body>Ini adalah halaman pertama saya. <b>Teks ini ditebalkan</b></body>
 
Elemen HTML ini dimulai dengan tag pembuka <body>, dan berakhir dengantag penutup </body> Fungsi dari tag <body> adalah untuk mendefiniskkanelemen HTML yang berisi badan (isi) dari dokumen HTML. Mengapa kitamenggunakan tag dalam huruf kecil? Kita sudah membahas sebelumnyabahwa tag HTML tidak case sensitif: <B> memiliki arti yang sama dengan <b>.Kalau kamu lagi surfing web, kamu akan melihat bahwa banyak situs webmenggunakan tag HTML dalam huruf besar dalam source codenya. Tapi dalamcontoh di atas, kita menggunakan huruf kecil. Tahu kenapa? Kalau kamumengikuti standar web terbaru, kamu harus selalu menggunakan tag dalamhuruf besar. World Wide Web Consortium (W3C) merekomendasikanpenggunaan huruf kecil dalam rekomendasi HTML 4 mereka, dan XHTML(generasi berikutnya dari HTML) memerlukan tag dalam huruf kecil. Ok, kamubaru aja belajar tentang elemen HTML. Dan mustinya saat ini kamu udah mulaiterbiasa dengan istilah tag. Kalau belum biasakan diri kamu dengan istilah ini,karena dalam proses belajar HTML, kamu kudu familiar dengan kata tag. Lhawong HTML itu ya tag-tag itu ko. Berikutnya, kita akan membahas tentangdasar HTML terutama beberapa TAG menarik untuk mengubah tampilanparagraf, judul, dll.
Tag HTMLyang paling penting adalah tag-tag yangmendefinisikan judul, paragraf dan ganti baris. Seperti umumnya bahasapemrograman lainnya, maka cara terbaik untuk mempelajari HTML adalahdengan banyak berlatih. Latihan tentu saja memerlukan alat bantu. Nah, padadasarnya kamu bisa bikin file HTML menggunakan notepad, tapi tentu sajabanyak software untuk menulis dengan berbagai fasilitas yang akanmemudahkan. Googling aja atau cari di download.com dengan kata kunci HTMLEditor.
Judul, Judul didefinisikan dengan menggunakan tag <h1> sampai >h6>.<h1> mendefinisikan huruf judul yang paling besar, dan <h6> yang terkecil.Untuk latihan coba kamu bikin file HTML berikut ini dan perhatikan hasilnya.
<h1>Ini Judul</h1>
<h2>Ini Judul</h2><h3>Ini Judul</h3><h4>Ini Judul</h4><h5>Ini Judul</h5>
<h6>Ini Judul</h6>
HTML secara otomatis akan menambahkan baris kosong sebelum dan sesudah judul.Paragraf
Paragraf didefinisikan dengan menggunakan tag <p>.<p>Ini adalah sebuah paragraf</p>

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->