Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
RPP SMT 4 TH 2010

RPP SMT 4 TH 2010

Ratings: (0)|Views: 401 |Likes:
Published by triyanti_a

More info:

Published by: triyanti_a on Mar 24, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/29/2012

pdf

text

original

 
RPP
MATA DIKLAT : PEND. KEWARGANEGARAANKELAS/PRODI : XI / SEMUA PRODISEMESTER : IIALOKASI WAKTU : 4 X 45 menit ( 2 x pertemuan)STANDAR KOMPETENSI : Menganalisis Hubungan Internasional Dan OrganisasiInternasionalKOMPETENSI DASAR : Mendeskripsikan Pengertian, Pentingnya dan Sarana-saranaHubungan Internasional Bagi Suatu NegaraINDIKATOR :- Mendeskripsikan pengertian Hubunga Internasional.- mendeskripsikan dampak suatu negara yang mengucilkandiri dari pergaulan bangsa.- menguraikan pentingnya hubungan Internasional.- mengidentifikasi sarana-sarana hubungan Internasional.
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Siswa mampu menjelaskan pengertian Hubunga Internasional.
2.
Siswa mampu mendeskripsikan dampak suatu negara yang mengucilkan diri daripergaulan bangsa.
3.
Siswa mampu menguraikan pentingnya hubungan Internasional.4. Siswa mampu mengidentifikasi sarana-sarana hubungan Internasional.
II. MATERI PEMBELAJARAN1. Pengertian Hubungan Internasional.
Hubungan Internasional adalah cabang dari ilmu politik, merupakan suatu studi tentangpersoalan-persoalan luar negeri dan isu-isu global diantara negara-negara dalam sisteminternasional, termasuk peran negara-negara, organisasi-organisasi antar pemerintah,organisasi-organisasi non pemerintah atau lembaga swadaya masyarakat, danperusahaan multinasional. Hubungan internasional adalah suatu bidang akademis dankebijakan politik dan dapat bersifat positif maupun normatif karena hubungan internasionalberusaha menganalisis serta merumuskan kebijakan luar negeri negara-negara tertentu.
2. Pengertian hubungan internasional dari para ahli
Warsito Sunaryo
Hubungan Internasional merupakan studi tentang interaksi antara jenis kesatuan-kesatuan sosial tertentu, termasuk studi tentang keadaan relevan yang mengelilingiinteraksi. Adapun yang dimaksud dengan kesatuan-kesatuan sosial tertentu bisadiartikan sebagai
negara, bangsa
maupun
organisasi negara sepanjang hubungan bersifat internasional.
Prof.DR. Mochtar Kusumaatmadja,SSH,LLM.
Menjelaskan bahwa dengan adanya hubungan antar bangsa, berkembang pulakebiasaan-kebiasaan atau peraturan-peraturan hukum yang
merupakan hasil kesepakatan bersama.
Kesepakatan yang mengatur hubungan antar bangsatersebut masuk dalam disiplin ilmu hukum internasional.
Hugo de Groot
Mengemukakan bahwa hukum dan hubungan internasional didasarkan pada
kemauan bebas dan persetujuan dari beberapa atau semua negara.
Tujuannyaadalah untuk kepentingan bersama dari mereka yang
menyatukan diri dalam satuikatan dan sederajat 
.
 
3. Dampak suatu Negara yang mengucilkan diri dari pergaulan Internasional.
a.
Negara tersebut akan
mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhannya
,mengingat keterbatasan sumber daya alam dan juga sumber daya manusia.
b.
negara tersebut akan
kesulitan dalam menyelesaikan masalah
, misalnya ketikamengalami konflik dengan bangsa / negara lain.
c.
negara tersebut
tidak atau kurang mendapat dukungan dari lembaga / organisasi internasional 
dalam menghadapi masalah sosial atau kemanusiaan.
d.
Negara tersebut kemungkinan akan memperoleh
sanksi Embargo.
 
4. Pentingnya Hubungan Internasional.
Hubungan internasional merupakan hal yang sangat penting bagi suatu negara, karenakeadaan internasional tidaklah statis tetapi mengalami suatu perkembangan. Negaradalam melaksanakan hubungan internasional dimaksudkan agar dapat menjaminkepentingan nasionalnya, dan setiap negara dalam memenuhi kepentingan nasionalnyaharus bekerjasama dengan negara lain
5. Faktor-faktor yang mempengaruhi hubungan internasional
Faktor internal
yaitu adanya kekhawatiran akan kelangsungan hidup negaranyabaik melalui kudeta maupun intervensi dari negara lain.
Faktor eksternal
, yaitu :1. Adanya kenyataan yang tak dapat dipungkiri bahwa suatu negara tidakmungkin dapat berdiri sendiri tanpa bantuan dan kerjasama dengan negara lain,sekalipun itu negara besar dan kuat. Hubungan kerjasama tersebut meliputi bidangekonomi, politik, sosial budaya maupun petahanan dan keamanan.2. Adanya keinginan untuk membangun kerjasama lintas batas negara agadapat memenuhi kepentingan nasional masing-masing negara.3. Adanya keinginan untuk mewujudkan tatanan dunia baru untuk menciptakankesejahteraan dan perdamaian bagi umat manusia.
6. Tujuan dilaksanakannya hubungan internasional adalah sebagai berikut :
1. Menjalin hubungan antara negara yang satu dengan yang lain.2. Mengadakan kerjasama untuk saling membantu memecahkan masalah yang dialamioleh suatu negara.3. Menjelaskan dan menegakkan kedaulatan negara dan batas-batas wilayah suatunegara.4. Mengadakan perdamaian dan perundingan pakta non agresi ( tidak salingmenyerang ).5. Mengadakan hubungan dagang atau kerjasama ekonomi, politik, ekonomi sosialbudaya dan pertahanan keamanan.
7. Pertimbangan dilaksanakannya hubungan internasional
a. Suatu negara tidak mungkin memenuhi kebutuhannya sendiri tanpa bantuan negaralain.b. Dengan kerjasama internasional, berarti hidup berdampingan secara damai danmengandung aspirasi kemanusiaan seccara universal sehingga dapat meredakanketegangan yang terjadi.c. Hubungan dan kerjasama internasional sangat penting artinya bagi suatu negara yangsedang berkambang untuk meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan rakyatnya.d. Melalui hubungan dan kerjasama internasional berarti suatu negara telah menegakkankedaulatannya.
8. Asas-asas yang mengetur hubungan internasional
Asas Persamaan Harkat, Martabat Dan Derajat
Asas ini menyatakan bahwa hubungan internasional merupakan hubungan antanegara yang berdaulat. Persamaan harkat, martabat dan derajat hendaknya dijunjungtinggi oleh setiap negara yang menjalin hubungan internasional. Dengan demikianmaka kerjasama yang saling menguntungkan dapat terwujud.
 
Asas Teritorial
Asas ini didasarkan pada kekuasaan negara atas daerahnya. Sehingga negara dapatmelaksanakan peraturan hukum bagi semua orang dan barang yang ada di dalamwilayah negaranya. Oleh karenanya barang-barang yang berada diluar wilayah negaratersebut, berlaku hukum asing.
Asas Kebangsaan
Asas ini didasarkan pada kekuasaan negara atas warga negaranya. Sehingga setiapwarganegara dimanapun ia berada tetap mendapat perlakuan hukum dari negaranya.Asas ini mempunyai kekuatan
ekstrateritorial 
, yaitu dimanapun warganegaranyaberada tetap dapat diperlakukan sesuai hukum negara tersebut, termasuk di negaralain.
Asas kepentingan umum
Asas ini didasarkan pada wewenang negara untuk mengatur dan melindungikepentingan masyarakatnya. Dalam hai ini negara dapat menyesuaikan diri dengankeadaan dan peristiwa yang berkaitan dengan kepentingan umum. Jadi asas ini tidakterikat pada batas-batas wilayah tertentu suatu negara.
Asas Keterbukaan
Asas ini disarkan pada kesediaan suatu negara untuk saling menukar informasi yangberkaitan dengan hubungan antar bangsa. Kesediaan setiap negara hendaknya dapatmemahami, sehingga dapat menciptakan iklim yang kondusif bagi perkembanganhubungan antar bangsa dan dapat saling mengisi, saling meningkatkan kepercayaandan saling memberi masukan yang konstruktif.
9.
Sarana-sarana Hubungan Internasional.1. Diplomasi
Adalah suatu cara komunikasi yang dilakukan mengenai berbagai pihak termasukwakil-wakil negara yang sudah diakui . Kegiatan tersebut sudah melembaga danmenjelma menjadi aturan hukum internasional.Kegagalan dalam melaksanakan diplomasi dapat menimbulkan konflik yang dapatmembahayakan perdamaian serta keamanan internasional.
2. Pemberian Sanksi
Adalah merupakan tindakan pertama yang diambil setelah gagalnya pelaksanaandiplomasi dan merupakan perangkat utama yang dipergunakan
untuk menegakkansuatu perjanjian ( treaties ).
Sanksi dapat berupa sanksi diplomatik atau ekonomi, pemutusan hubungan danpenerapan batasan-batasan terhadap komunikasi atau perdagangan.
3. Perang.
Adalah penggunaan kekuatan, sering dianggap sebagai perangkat utama dalamhubungan internasional. Definisi perang yang diterima secara luas adalah diberikanoleh Clausewitz, yaitu bahwa perang adalah kelanjutan politik dengan cara lain.
4. Mobilisasi
Adalah tindakan memperlakukan secara internasional juga dianggap sebagai alatdalam hubungan internasional. Penggunaan yang terkemuka dalam hal ini adalahprosedur Komisi PBB untuk Hak-hak Asasi Manusia, yang secara publik memaparkannegara-negara yang melakkukan pelanggaran terhadap hak asasi manusia.
III. METODE PEMBELAJARAN.
1. Kolaborasi2. Elaborasi.3. Explorasi.

Activity (5)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Erik Eriansyah liked this
GaLih Gargzht liked this
Amriati Djalil liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->