Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
makalah ptk

makalah ptk

Ratings: (0)|Views: 179 |Likes:
Published by Lena Sinawang
MAKALAH PTK
MAKALAH PTK

More info:

Published by: Lena Sinawang on Mar 25, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/09/2014

pdf

text

original

 
 1
MENYUSUN PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Dra. Helena Asri Sinawang.MHSMA Negeri 1 BandungJl. Ir. H. Juanda No.93. Bandung1.
 
JUDULJudul PTK hendaknya menyatakan dengan akurat dan padat permasalah serta bentuk tindakan yang dilakukanpeneliti sebagai upaya pemecahan masalah. Formulasi judul hendaknya singkat, jelas, dan sederhana namunsecara terirat telah menampilkan sosok PTK, bukan sosok penelitian formal2.
 
LATAR BELAKANG MASALAHDalam latar belakang permasalahan ini hendaknya diuraikan penanganan permasalahan yang diajukan itu melaluiPTK. Untuk itu, harus ditunjukkan fakta -fakta yang mendukung, baik yang berasal dari pengamatan guru selamaini maupun dari kajian pustaka. Dukungan berupa hasil penelitian -penelitian terdahulu, apabila ada, juga akanlebih mengokohkan argumentasi mengenai urgensi serta signifikansi permasalahan yang akan ditangani melaluiPTK yang diusulkan itu. Karakteristik khas PTK yang berbeda dari penelitian formal hendaknya tercermin dalamuraian di bagian ini.3.
 
PERMASALAHANPermasalahan yang diusulkan untuk ditangani melalui PTK itu dijabarkan secara lebih rinci di bagian ini. Masalahhendaknya benar-benar di angkat dari masalah keseharian di sekolah yang memang layang dan perlu diselesai kanmelalui PTK. Sebaliknya, permasalahan yang dimaksud seyogyanya bukan permasalahan yang secara teknis -metodologik di luar jangkauan PTK Uraian permasalahan yang ada hendaknya didahului oleh identifikasi masalah, yang dilanjutkan dengan analisismasalah serta diikuti dengan refleksi awal sehingga gambaran permasalahan yang perlu ditangani itu nampak menjadi lebih jelas. Dengan kata lain, bagian ini dikunci dengan perumusan masalah tersebut. Dalam bagianinipun, sosok PTK harus secara konsisten tertampilka n4.
 
CARA PEMECAHAN MASALAHDalam bagian ini dikemukakan cara yang diajukan untuk memecahkan masalah yang dihadapi. Alternatif pemecahan yang diajukan hendaknya mempunyai landasan konseptual yang mantap yang bertolak dari hasilanalisis masalah. Desamping itu, juga harus terbayangkan kemungkinan kemanfaatan hasil pemecahan masalahdalam rangka pembenahan dan/atau peningkatan implementasi program pembelajaran dan/atau berbagai programsekolah lainnya. Juga harus dicermati bahwa artikulasi kemanfatan PTK berb eda dari kemanfatan penelitianformal5.
 
TUJUAN PENELITIAN DAN MANFAAT PENELITIANTujuan PTK hendaknya dirumuskan secara jelas. Paparkan sasaran antara dan akhir tindakan perbaikan.Perumusan tujuan harus konsisten dengan hakekat permasalahan yang dikemukaka n dalam bagian-bagiansebelumnya. Dengan sendirinya, artikulasi tujuan PTK berbeda dari tujuan formal.Sebagai contoh dapat dikemukakan PTK di bidang IPA yang bertujuan meningkatkan prestasi siswa dalam prosesbelajar mengajar, dan sebagainya.
 
 2
Pengujian dan/atau pengembangan strategi PBM baru bukan merupakan rumusan tujuan PTK. Selanjutnya,ketercapaian tujuan hendaknya dapat diverifikasi secara obyektif, akan lebih daik apabila juga dapatdikuantifikasikan.Kemanfaatan penelitian perlu dipaparkan secara spesifik keuntungan-keuntungan yang disajikan., khusus bagisiswa sebagai pewaris langsung hasil PTK, disamping itu bagi guru pelaksana PTK, bagi rekan-rekan gurulainnya sertta bagi para dosen LPTK sebagai pendidik guru. Berbeda dari konteks penelitian formal, kemanfaatanbagi pengembangan ilmu, teknologi dan seni tidak merupakan prioritas dalam konteks PTK, meskipunkemungkinan kehadirannya tidak ditolak.1.
 
KERANGKA TEORITIK DAN HIPOTESIS TINDAKANPada bagian ini diuraikan landasan substantif dalam arti teoritik dan/atau metodologik yang dipergunakan penelitidalam menentukan alternatif tindakan yang akan diimplentasikan. Untuk keperluan itu, dalam bagian diuraikankajian terhadap baik pengalaman peneliti pelaku PTK sendiri yang relevan maupun pelaku-pelaku PTK yang laindi samping terhadap teori-teori yang lazim termuat dalam berbagai kepustakaan. Argumentasi logik dan teoritik diperlukan guna menyusun kerangka konseptual. Atas dasar kerangka konseptual yang disusun itu, hipotesistindakan dirumuskan2.
 
RENCANA PENELITIANA.
 
Setting Penelitian dan Karakteristik Subjek PenelitianPada bagian ini disebutkan di mana penelitian tersebut dilakukan di kelas berapa dan baaimana karakteristik darikelas tersebut seperti komposisi siswa pria wanita, latar belakang sosial-ekonomi yang mungkin relevan denganpermasalahan, tingkat kemampuan dan lain sebagainya. Aspek substantif permasalahan seperti Matematika kelasII SMP atau bahasa Inggris kelas III SMA dsb.B.
 
Varibel yang diselidikiPada bagian ini ditentukan variabel-variabel penelitian yang dijadikan titik-titik incar untuk menjawabpermasalahan yang dihadapi. Variabel tersebut dapat berupa berupa :1)
 
variabel input yang terkait dengan siswa, guru, bahan pelajaran, sumber belajar, prosedur evaluasi lingkunganbelajar, dsb2)
 
Variabel proses penyelenggara KBM seperti interaksi belajar mengajar, keterampilan bertanya guru, gayamengajar guru, cara belajar siswa, implementasi berbagai metode mengajar di kelas, dsb3)
 
Variabel output seperti rasa keingintahuan siswa, kemampuan siswa mengaplikaskan pengetahuan, motivasisiswa, hasil belajar siswa, sikap siswa terhadap pengalaman belajar yang telah digelar melalui tindakanperbaikan, dsbC.
 
Rencana TindakanPada bagian ini digambarkan rencana tindakan untuk meningkatkan mutu pembalajaran, seperti:1) Perencanaan, yaitu persiapan yang dilakukan sehubungan dengan PTK yang diprakarsai seperti penetapan entrybehavior, pelancaran tes dianostik untuk menspesifikasi masalah, pembuatan skenario pembelajaran, pengadaanalat-alat dalam rangka implementasi PTK, dan lain-lain yang terkait dengan pelaksanaan tindakan perbaikan yangtelah ditetapkan sebelumnya. Di samping itu juga diuraikan alternatif-alternatif solusi yang akan dicobakan dalamrangka perbaikan masalah. Frmat kemitraan antara guru dan dosen LPTK juga dikemukakan pada bagian ini2) Implentasi Tindakan, yaitu deskripsi tindakan yang akan digelar, skenario kerja tindakan perbaikan, danprosedur yang akan diterapkan.
 
 3
3) Observasi dan Interpretasi, yaitu uraian tentang prosedur perekaman dan penafsiran data mengenai proses danproduk dari implementasi tindakan yang dirancang.4) Analisis dan refleksi, yaitu uraian tentang prosedur analisis terhadap hasil pemantauan dan refleksi berkenaandengan proses dan dampak tindakan perbaikan yang akan digelar, personel yang akan dilibatkan, serta kriteri danrencana bagi tindakan daur berikutnyaD. Data dan cara pengumpulannyaPada bagian ini ditunjukkan dengan jelas jenis data yang akan dikumpulkan yang berkenaan dengan baik prosesmaupun dampak tindakan perbaikan yang digelar, yang akan digunakan sebagai dasar untuk menilai keberhasilanatau kekurangberhasilan tindakan perbaikan pembelajaran yang dicobakan. Format data dapat bersifat kualitatif,kuantitatif, atau kombinasi keduanya.Di samping itu teknik pengumpulan data yang diperlukan juga harus diuraikan dengan jelas seperti melaluipengamatan partisipatif, pembuatan jurnal harian, observasi di kelas (termasuk berbagai kemungkinan formatdan/atau alat bantu rekam yang akan digunakan), penggambaran interaksi dalam kelas (analisis sosiometik),pengukuran hasil belajar dengan berbagai prosedur asesmen, dsbSelanjutnya dalam prosedur pengumpulan data PTK ini tidak boleh dilupakan bahwa sebagai pelaku PTK, paraguru juga harus aktif sebagai pengumpul data, bukan semata-mata sebagai sumber data.Akhirnya, semua teknologi pengumpulan data yang dignakan harus mendapat penilaian kelaikan yang cermatdalam konteks PTK, yang khas itu, Sebab, meskipun mungkin saja memang menjanjikan mutu rekaman yang jauhlebih baik, penggunaan teknologi perekaman data yang canggih dapat saja terganjal keras pada tahap tayang ulangdalam rangka analisis dan interpretasi dataE. Indikator KinerjaPada bagian ini, tolok ukur keberhasilan tindakan perbaikan ditetapkan secara eksplisit sehingga memudahkanverifikasinya. Untuk tindakan perbaikan melalui PTK yang bertujuan mengurangi kesalahan konsep siswamisalnya, perlu ditetapkan kriteria keberhasilan dalam bentuk pengurangan (jumlah, jenis dan/atau tingkatkegatan) miskonsepsi yang tertampilkan yang patut diduga sebagai dampak dari implementasi tindakan perbaikanyang dimaksudF. Tim peneliti dan tugasnyaDalam bagian ini hendaknya dicantumkan nama-nama anggota tim peneliti dan uraian tugas peran setiap anggotatim peneliti, serta jam kerja yang dialokasikan setiap minggu untuk kegiatan penelitian.3.
 
J
ADWAL PENELITIAN
J
adwal kegiatan penelitian disusun dalam matriks yang menggambarkan urutan kegiatan dari awal sampai akhir 4.
 
RENCANA ANGGARAN1).Komponen-komponen pembiayaanRencana anggara meliputi kebutuhan dukungan finansial untuk tahap persiapan, pelaksanaan penelitian danpelaporan.Pada dasarnya penetapan biaya satuan PTK mengacu kepada ketentuan umum Ditjen Dikti c4. DirektoratPembinaan Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat(DP3M). Ketentuan umum tersebut mencakup caramerinci kegiatan operasinal dan patokan biaya satuan berbagai kegiatan penelitianSecara lebih rinci, pembiayaan yangtermasuk dalam setiap bidang adalah :a.
 
PersiapanKegiatan persiapan antara lain meliputi pertemuan anggota tim peneliti untuk meetapkan jadwal penelitian danpembagian kerja, menyusun instrumen penelitian, menetapkan format pengumpulan data, menetapkan teknik analisis data, dsb.Secara lebih rinci, pembiayaan yangtermasuk dalam setiap bidang adalah :

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->