Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
29Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Asuhan Keperawatan Pada Klien Dengan Gangguan Telinga Tengah

Asuhan Keperawatan Pada Klien Dengan Gangguan Telinga Tengah

Ratings: (0)|Views: 8,065|Likes:
Published by Nenk Meylin Kembali

More info:

Published by: Nenk Meylin Kembali on Mar 25, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

07/31/2013

pdf

text

original

 
 1
BAB IPENDAHULUANA.Latar Belakang
Telinga merupakan organ tubuh yang memiliki urat syaraf yang cukup peka dansensitif, terlebih ketika masih kanak-kanak. Tulang serta sistem syaraf yang belumsempurna pada masa kanak-kanak ini menyebabkan mereka mudah terkena penyakit atauinfeksi di telinga. Padahal telinga mempunyai fungsi sangat penting dalam kehidupanseseorang.Fungsi telinga adalah menerima gelombang suara dan menghantarkannya menjadisebuah pesan ke otak. Gelombang suara masuk ke telinga kemudian menembus salurantelinga, dan memukul gendang telinga sehingga menimbulkan getaran. Getaran darigendang menyebabkan tulang kecil di telinga bergerak dan pergerakan ini menimbulkanpengiriman gelombang suara ke telinga bagian dalam.Menurut perkiraan WHO pada tahun 1995 terdapat 120 juta penderita gangguanpendengaran telinga tengah di seluruh dunia. Jumlah tersebut mengalami peningkatanyang sangat bermakna pada tahun 2001 menjadi 250 juta orang; 222 juta diantaranyaadalah penderita dewasa sedangkan sisanya ( 28 juta ) adalah anak berusia di bawah 15tahun. Dari jumlah tersebut kira kira 2/3 diantaranya berada di negara berkembang.Peningkatan jumlah penderita gangguan pendengaran telinga tengah ini kemungkinandisebabkan oleh peningkatan insidens, identifikasi yang lebih baik atau akibatmeningkatnya usia harapan hidup.
B.Tujuan
1.Tujuan UmumUntuk memberikan pengalaman nyata tentang Asuhan Keperawatan pada gangguan telingatengah2.Tujuan KhususSecara khusus '' Asuhan Keperawatan pada gangguan telinga tengah '', ini disusun supaya :
 
2
 
a.Perawat dapat mengetahui tentang pengertian, penyebab, klasifikasi, tanda dan gejala,patofisiologi, pathway, pemeriksaan penunjang, penatalaksanaa, serta komplikasi darigangguan telinga tengah .b.Perawat dapat memberikan asuhan keperawatan pada klien dengan syndrom stevenjohnson.
 
3
 
BAB IITINJAUAN TEORIA.
 
Pengertian
Telinga adalah organ penginderaan dengan fungsi ganda dan kompleks (pendengarandan keseimbanga Anatominya juga sangat rumit .Telinga tengah berbentuk kubus yang terdiridari membrane timpani, bila dilihat dari arah liang telinga berbentuk bundar dan lekung dangendang telinga adalah suatu bangunan berbentuk kerucut dengan puncaknya, umbo,mengarah ke medial. Membrane timpani tersusun oleh suatu lapisan epidermis, lapisanfibrosa tempat melekatnya tangkai maleus dan lapisan mukosa dibagian dalamnya.Tulang pendengaran didalam telinga tengah saling berhubungan, prosesus longusmaleus melekat pada membrane timpani, maleus melekat pada inkus dan inkus melekat padastapes. Stapes terletak pada tingkap lonjong yang berhubungan dengan koklea. Hubunganantara tulang-tulang pendengaran merupakan persendian. Pada pars flaksida terdapat daerahyang disebut atik, ditempat ini terdapat aditus adantrum yaitu lubang yang menghubungkandaerah nasopharing dengan telinga tengah.Penyakit pada telinga tengah banyak ditemukan diseluruh dunia, seperti beberapapenelitian menunjukan bahwa otitis media merupakan masalah paling umum terutama padaanak-anak. Yang termasuk Gangguan pada Telinga Tengah diantaranya :
A). Penyakit Membran Timpani
Membran Timpani normalnya memberikan refleks cahaya (cone of ligh) positif yangberarti cahaya dari luar dapat dipantulkan oleh membrane timpani. Penyakit Membrantimpani terjadi secara primer yaitu berasal dari membran timpani dan dapat pula terjadi akibatadanya penyakit yang mendahuluinya seperti Otitis Media dan Mastoiditis.Jika terjadi peradangan pada membran timpani dapat terlihat bercak-bercak putihtebal akibat timbunan kolagen terhialinisasi pada lapisan tenagahnya sebagai akibatperadangan terdahulu (timpanosklerosis). Retraksi membran timpani dapat pula terjadi bilavakum dalam telinga tengah atau dapat menonjol bila terdapat cairan, infeksi atau massa

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->