Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
7Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
TEKNIK MEMASAK

TEKNIK MEMASAK

Ratings: (0)|Views: 358 |Likes:
Published by Rizkia Dara Febrina

More info:

Published by: Rizkia Dara Febrina on Mar 26, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/16/2013

pdf

text

original

 
NAMA : RIZKIA DARA FEBRINAKELAS : 1BTEKNIK MEMASAK 
BAKING ( Memanggang )
Yaitu cara memasak bahan makanan denganmenggunakan oven tanpa menggunakanminyak atau air. Suhu yg digunakantergantung jenis makanan yg dibuat. Suhurendah 120°C, sedang 180°C, panas 200°Catau sangat panas 230°C.
BLANCHING
Yaitu memasak sayuran dalam air mendidih diatas api sedang dlm waktu singkat. Biasanyadigunakan utk merebus sayuran seperti daunsawi hijau, buncis,brokoli.Teknik ini digunakansupaya sayuran tdk terlalu matang dan layu,serta warnanya tetap cantik 
Braising
Hampir sama dengan menyetup namunbahan makanan yang digunakan lebihbesar dari teknik menyetup, beberapadaging yang digunakan biasanyadirendam terlebih dahulu. Biasanyajenis bahan makanan yang diolahdengan teknik ini adalah daging dansayuran. Efek dari braising ini sama
 
dengan menyetup yaitu untuk menghasilkan daging yang lebih lunak dan aromayang keluar menyatu dengan cairannyapun menjadi enak.
BOILING
Yaitu memasak makanan di dalam panci berisi air mendidih di atas api besar. Jerang (panaskan) air diatasapibesar, setelah air berbuih/mendidih, masukkanmakanan,rebus hingga matang. Selain dg air, dpt jg merebusbahan makanan dg susu atau kaldu.
DEEP FRYING
Yaitu menggoreng makanan dalam minyak banyak di atas api sedang. teknik ini menjadikan makananmatang merata. Alat yg digunakan adalah panci dgpeniris di bagian dalamnya.
GRILLING
Yaitu proses memasak bahan makanan denganmenggunakan panas api yang tinggi dan langsung.Sumber panas/api biasanya berada di bawah bahanmakanan yang sedang dimasak/panggang, bilasumber panas/api berasal di atas bahan makananyang sedang dimasak proses tersebut disebut“gratinating”. 
 
MENGULENI
Yaitu membuat adonan dipaksa menangkap udarasebanyak2nya supaya tekstur kue menjadi lembutdan lunak atau mengembang sempurna, sperti padaresep2 yg difermentasikan.Prosesnya dilakukan dg tangan, yaitu berulangkaliditekan dan didorong ke arah depan dg telapak tangan sampai adonan halus, licin dan kalis tidak menempel di tangan serta dapat dibentuk.
MENGETIM
Yaitu memasak bahan makanan dg meletakkanwadah bahan makan tsb di panci berisi air, laluditutup dan dipanaskan dg api sedang. Tinggi air dalam panci sebaiknya setengah dr tinggi wadah ygberisi bahan makanan. Sebaiknya wadah makananyg digunakan utk mengetimterbuat dr bahan yg tahan panas seperti pyrex,aluminium atau stainlessteel.
PARBOILING
Yaitu memasak dg mendidihkan bahan2 dalam air sampai setengah matang, utk kemudian dimatangkan dgcara lain seperti digoreng atau dipanggang.
Poaching
Yaitu cara memasak bahan makanandalam bahan cair dengan api kecil yangjumlahnya tidak terlalu banyak atauhanya sebatas menutupi bahan makananyang direbus. Dalam merebus sistem

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->