Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
39Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Ciri khusus tumbuhan

Ciri khusus tumbuhan

Ratings: (0)|Views: 20,343|Likes:
Published by Syaiful Afif

More info:

Published by: Syaiful Afif on Mar 26, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

05/23/2013

pdf

text

original

 
DefinisiSansevieriaSansevieria atau lidah mertua adalah marga tanaman hias yang cukup populer sebagai penghias bagian dalam rumah karena tanaman inidapat tumbuh dalam kondisi yang sedikit air dan cahaya matahari.Sansevieria memiliki daun keras, sukulen, tegak, dengan ujungmeruncing. Sansevieria dikenal dengan sebutan tanaman lidah mertua karena bentuknya yang tajam.Sanseiveria tak hanya sebagai tanaman hias, tetapi juga memilikimanfaat untuk menyuburkan rambut, mengobati diabetes, wasir,hingga kanker ganas. Sementara seratnya digunakan sebagai bahan pakaian. Di Jepang, Sanseiveria digunakan untuk menghilangkan bau perabotan rumah di ruangan. Dibanding tumbuhan lain, Sanseivieriamemiliki keistimewaan menyerap bahan beracun, sepertikarbidioksida, benzena, formaldehyde dan tricloroethylene. Keistimewaan lidah mertuaadalah memiliki daya adaptasi yang tinggi terhadap lingkungan. Penelitian NASA bekerjasama dengan ALCA telah menemukan bukti-bukti bahwa tanaman ini secara alamimampu mengurangi polusi tersebut.Sanseiveria dibagi menjadi dua jenis, yaitu jenis yang tumbuhmemanjang ke atas dengan ukuran 50-75 cm dan jenis berdaun pendek melingkar dalam bentuk rotet dengan ukuran 8cm dan lebar 3-6 cm. Kelompok panjang memiliki daun meruncing seperti mata pedang, dan karena ini ada yang menyebut Sanseiviria sebagaitanaman pedang-pedangan.Tumbuhan ini berdaun tebal dan memiliki kandungan air sukulen,sehingga tahan kekeringan. Namun dalam kondisi lemab atau basah,Sanseiveria bisa tumbuh subur. Warna daun Sanseiveria beragam,mulai dari hijau tua, hijau muda, hijau abu-abu, perak, dan warnakombinasi putih kuning atau hijau kuning. Motof alur atau garis-garis yang terdapat padahelai daun juga bervariasi, ada yang mengikuti arah serat daun, tidak beraturan, dan ada juga yang zig-zag. 
Cara Pemeliharaan :
Sanseiveria termasuk tanaman yangmudah untuk dipelihara. Syarat utamauntuk memelihara lidah mertua agar  bisa tumbuh optimal adalah mediayang porous dan cahaya. Untuk memelihara media diperlukan
 
 pertimbangan seperti ketinggian tempat, ketersediaan bahan, dan iklim. Bisa tumbuhoptimal di ketinggian 0 – 1.800 m dpl, bisa hidup di sinar matahari penuh atau ruangan.Dan kebutuhan airnya tidak terlalu banyak sekitar 25 – 30 ml/tanaman/minggu, juga bisatahan disiram 1- 2 minggu sekali, karena air berlebih hanya akan mengundang bakteri dan penyakit lain. Untuk pemupukan dilakukan melalui akar, daun atau kombinasi darikeduanya. Tiap variasi sanseiveria bisa digabungkan dalam penatannya dengan repottingdan pemilihan pot yang tepat untuk penampilan sanseiveria agar terlihat lebih menarik,anggun dan elegan. 
Alocasia Plumbeaatau Senthe Hitam atau Sente Wulung biasa juga disebut Java Black Alocasia. Tanaman ini merupakan tanaman asli Indonesia (P. Jawa) denganciri-ciri batang dan daun bagian bawah berwarna coklatkehitaman/keunguan, daun bagian atas hijau tua mengkilap. Senthe Hitamsulit didapatkan karena berkurangnya lahan-lahan terbuka di P. Jawasekarang ini.
“Bonsai bukan produk suka-suka, tapi karya seni yang ada didalam koridor. Itu untuk meluruskan mitos kalau bonsai tak sekedar koleksi bergengsi,”kata Anggota Tim Juri Kontes Bonsai Indonesia, Wawang Sawala.
 
Draft dan teknik penjurian bonsai penting diketahui, terutama bagi penghobi pemula.Tokoh bonsai dan juga anggota tim juri, Wawang Sawala, akan memandu artikel ini,sejalan juga dengan bagaimana teknik penjurian Ia juga memberikan beberapa tips bagaimana mendapatkan poin tinggi dalam kontes, dengan mendekatkan pada draft yangada.Memang tak ada yang bisa menyalahkan bila kita menyebutkan, kalau bonsai sebagai produk suka-suka. Sebab, bonsai yang dibuat merupakan satu bentuk ekspresi yang kitatuangkan dalam bentuk tanaman. Jadi apapun bentuknya, pasti berdasakan selera dari pemilik yang tentu tak bisa disalahkan.Anggapan ini tentu bisa saja benar, dengan syarat bahwa karya bonsai yang dimilikiuntuk dinikmati sendiri, bukan untuk diikutkan dalam lomba. Sebab, saat masuk dalamlomba atau kontes akan ada aturan baku yang mengatur bagiamana bonsai yang bagusdan layak jadi juara. Pedomannya ada pada draft penjurian yang nantinya akanmemberikan nilai dari produk tersebut.“Aturan dibuat untuk memberikan pedoman mana produk yang baik dan layak juara,”tandas Wawang yang sudah menggeluti bonsai dari tahun 70-an.
Tumbuhan lumut
merupakan sekumpulan tumbuhan kecilyang termasuk dalamdivisio 
Bryophyta
bryum
, “lumut”).Tumbuhan ini sudah menunjukkan diferensiasi tegas antara organ penyerap hara danorganfotosintetik namun belum memilikiakar dandaunsejati. Kelompok tumbuhan ini  juga belum memiliki pembuluh sejati. Alih-alih akar, organ penyerap haranya adalahrizoid(harafiah: “serupa akar”). Daun tumbuhan lumut dapat berfotosintesis. Tumbuhanlumut merupakan tumbuhan pelopor, yang tumbuh di suatu tempat sebelum tumbuhanlain mampu tumbuh. Ini terjadi karena tumbuhan lumut berukuran kecil tetapimembentuk koloni yang dapat menjangkau area yang luas. Jaringan tumbuhan yang matimenjadi sumber hara bagi tumbuhan lumut lain dan tumbuhan yang lainnya.

Activity (39)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Dwi Agustina liked this
Anita Kurnia liked this
Amme Avii liked this
Park Soyeon liked this
Maduta Sumpresma added this note|
hatur nuhun, élmuna
Maduta Sumpresma added this note|
hatur nuhun, élmuna

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->