Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
10911297-Nambah-Ilmu-Tentang-Manajemen-Rumah-Sakit

10911297-Nambah-Ilmu-Tentang-Manajemen-Rumah-Sakit

Ratings: (0)|Views: 167 |Likes:

More info:

Published by: Larasati Agung Pratiwi on Mar 27, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/16/2014

pdf

text

original

 
BEBERAPA KONSEP DASAR TENTANG MANAJEMEN RUMAH SAKITA. Rumah Sakit1. Pengertian
Beberapa pengertian rumah sakit yang dikemukakan oleh para ahli,diantaranya :
1)
a.
Menurut
Assosiation of Hospital Care
(1947) Rumah sakit adalah pusatdimana pelayanan kesehatan masyarakat, pendidikan serta penelitiankedokteran diselenggarakan.
b.
Menurut
American Hospital Assosiation
(1974) rumah sakit adalah suatualat organisasi yang terdiri tenaga medis professional yang terorganisir serta sarana kedokteran yang permanen menyelenggarakan pelayanankedokteran, asuhan keperawatan yang berkesinambungan, diagnosis sertapengobatan penyakit yang diderita oleh pasien.c. menurut Wolper dan Pena (1997) rumah sakit adalah tempat dimanaorang sakit mencari dan menerima pelayanan kedokteran serta tempatdimana pendidikan klinik untuk mahasiswa kedokteran, perawat dantenaga profesi kesehatan lainya diselenggarakan.
2. Fungsi rumah sakit
Permenkes RI No. 159b/Men kes/Per/1998, fungsi rumah sakit adalah :
17)
.a Menyediakan dan menyelenggarakan pelayanan medik, penunjang medik.rehabilitasi, pencegahan dan peningkatan kesehatan..b Menyediakan tempat pendidikan dan atau latihan tenaga medik danparamedik.
Sutopo Patria Jati, 19 Januari 2009
 
.c sebagai tempat penelitian dan pengembangan ilmu dan teknologi bidangkesehatan.Fungsi-fungsi ini dilaksanakan dalam kegiatan intramural (didalam rumah sakit)dan ekstramural (di luar rumah sakit). kegiatan intramural dibagi menjadi 2kelompok besar yaitu pelayanan rawat inap dan pelayanan rawat jalan.
B. Mutu Pelayanan Rumah Sakit 
Mutu pelayanan rumah sakit adalah derajat kesempurnaan rumah sakituntuk memenuhi permintaan konsumen akan pelayanan kesehatan yang sesuaidengan standart profesi dan standart pelayanan dengan menggunakan potensisumber daya yang tersedia di rumah sakit dengan wajar , efisien dan efektif serta diberikan secara aman dan memuaskan sesuai dengan norma, etika,hukum dan sosio budaya dengan memperhatikan keterbatasan dan kemampuanpemerintah dan masyarakat konsumen.
3)
Faktor - faktor yang menentukan mutu pelayanan rumah sakit yaitu:
21)
1. Kehandalan yang mencakup dua hal pokok, yaitu konsistensi kerja dankemampuan untuk dipercaya.2. Daya tangkap, yaitu sikap tanggap para karyawan melayani saat dibutuhkanpasien.3. Kemampuan, yaitu memiliki keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkanagar dapat memberikan jasa tertentu.4. Mudah untuk dihubungi dan ditemui.5. Sikap sopan santun, respek dan keramahan para pegawai.
2
 
6. Komunikasi, yaitu memberikan informasi kepada pelanggan dalam bahasayang dapat mereka pahami, serta selalu mendengarkan saran dan keluhanpelanggan.7. Dapat dipercaya dan jujur.8. Jaminan keamanan9. Usaha untuk mengerti dan memahami kebutuhan pelanggan.10.Bukti langsung yaitu bukti fisik dari jasa, bisa berupa fasilitas fisik, peralatanyang digunakan, representasi fisik dan jasa.Dalam perkembangan selanjutnya, Parasuraman mengemukakan bahwa 10faktor yang mempengaruhi mutu yang ada dapat dirangkum menjadi 5 faktor pokok yaitu:1.
Tangibles;
bukti langsung meliputi fasilitas fisik, perlengkapan, sarana danpenampilan pegawai.2.
Realibility;
kehandalan yaitu kemampuan memberikan pelayanan yangdijanjikan dengan segera, akurat dan memuaskan.3.
Responsiveness;
daya tanggap yaitu keinginan para karyawan dalammemberikan pelayanan dengan tanggap.4.
Assurance;
jaminan mencakup pengetahuan, keterampilan, kemampuan,kesopanan dan sikap dapat dipercaya dari para karyawan, bebas daribahaya, resiko dan keragu-raguan.5.
Empathy;
yaitu kemudahan dalam melakukan hubungan komunikasi yangbaik, perhatian pribadi dan memahami kebutuhan pelanggan.
3

Activity (3)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Rahma Wati Nita liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->