Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MATERI BBLR thermoregulasi

MATERI BBLR thermoregulasi

Ratings: (0)|Views: 203 |Likes:

More info:

Published by: Eben Maranatha Zalukhu on Mar 27, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/23/2014

pdf

text

original

 
BERAT BADAN LAHIR RENDAH (BBLR)A. DEFINISI
Bayi berat lahir rendah ( BBLR ) adalah bayi dengan berat lahir kurangdari 2500 gram ( berat lahir adalah berat bayi yang ditimbang dalam 1jam setelah lahir ).Ada dua macam BBLR yaitu :1. Bayi yang kurang bulan ( KB / SMK ) : bayi yang dilahirkan denganumur kurang dari 37 minggu.2. Bayi kecil masa kehamilan ( KMK ) : bayi yang dilahirkan denganberat badan lahir kurang dari persentie ke-10 kurva pertumbuhanjanin.Sedangkan Bayi dengan berat lahir kurang dari 1500 gram disebut bayiberat lahir sangat rendah ( BBLSR ).
B. ETIOLOGIFaktor Ibu :
Umur ibu pada dibawah 20 tahun dan diatas 35 th
Perdarahan antepartum
Bahan teratogonik ( alcohol, radiasi, obat )
Penyakit kronis
Keadaan penyebab Infusifiensi plasenta ( penyakit jantung, ginjal,paru, hipertensi, dll )
Malnutris
Kelainan uterus
Hidramnion
Trauma
Jarak kehamilan terlalu dekat
Pekerjaan berat semasa hamil
Faktor Plasenta
Penyakit Vaskuler
Kehamilan ganda
Malformasi
Tumor
Plasenta privea
Faktor Janin
Kelainan kromosom
Malformasi
 
Infeksi congenital ( missal : rubella )
Kehamilan ganda
Ketuban pecah dini
C. TANDA TANDA KLINIS
Gambaran klinis BBLR secara umum adalah :
Berat kurang dari 2500 gram
Panjang kurang dari 45 cm
Lingkar dada kurang dari 30 cm
Lingkar kepala kurang dari 33 cm
Umur kehamilan kurang dari 37 minggu
Kepala lebih besar
Kulit tipis, transparan, rambut lanugo banyak, lemak kurang
Otot hipotonik lemah
Pernapasan tak teratur dapat terjadi apnea
Eksremitas : paha abduksi, sendi lutut / kaki fleksi-lurus
Kepala tidak mampu tegak
Pernapasan 40 – 50 kali / menit
Nadi 100 – 140 kali / menit
D. PROBLEMATIK BBLR
Dengan kurang sempurnanya alat-alat dalam tubuhnya baik anatomismaupun fisiologis maka mudah timbul beberapa kelainan sepertiberikut ini :1. Suhu tubuh yang tidak stabil oleh karena kesulitanmempertahankan suhu tubuh yang disebabkan oleh penguapanyag bertambah akibat dari kurangnya jaringan lemak dibawah kulit,permukaan tubuh relatif lebih luas dibandingkan dengan beratbadan, otot yang tidak aktif,produksi panas yang berkurang olehkarena lemak coklat (brown fat) yang belum cukup serta pusatpengaturan suhu yang belum berfungsi sebagaimana mestinya.2. Gangguan pernafasan yang sering menimbulkan penyakit beratpada BBLR. Hal ini disebabkan kekurangan surfactan(rasiolesitin/sfingomielin kurang dari 2), pertumbuhan danpengembangan paru yang belum sempurna, otot pernafasan yangmasih lemah yang tulang iga yang mudah melengkung(pliablethorak)
 
3. Penyakit gangguan pernafasan yang sering pada bayi BBLR adalahpenyakit membran hialin dan aspirasi pneumoni.4. Gangguan alat pencernaan dan problema nutrisi, distensi abdomenakibat dari motilitas usus berkurang, volume lambung berkurangsehingga waktu pengosongan lambung bertambah, daya untukmencernakan dan mengabsorbsi lemak, laktosa,vitamin yang larutdalam lemakdan bebberapa mineral tertentu berkurang. Kerja darisfingter kardio esofagus yang belum sempurna memudahkanterjadinya regurgitasi isi lambung ke esofagus dan mudah terjadiasspirasi.5. Immatur hati memudahkan terjadinya hiperbilirubinemia dandefisiensi vitamin K.6. Ginjal yang immatur baik secara anatomis maupun fungsinya.Produksi urine yang sedikit, urea clearence yang rendah, tidaksanggup mengurangi kelebihan airtubuh dan elektrolit dari badandengan akibat mudah terjadi edema dan asidosis metabolik.7. Perdarahan mudahbterjadi karena pembuluh darah yangrapuh(fragile), kekurangan faktor pembekuan seperti protrombine,faktor VII dan faktor christmas.8. Gangguan imunologok, daya tahan tubuh terhadap infeksiberkurang karena rendahya kadar Ig G gamma globulin. Bayiprematur relatif belum sanggup membentuk antibodi dan dayafagositosis serta reaksi terhadap infeksi masih belum baik.9. Perdarahan intraventrikuler, lebih dari 50% bayi prematurmenderita perdarahan intraventrikuler. Hal ini disebabkan olehkarena bayi BBLR sering menderita apnea,asfuksia berat dansindroma gangguan pernafasan. Luasnya perdarahanintraventrikuler ini dapat10. Retrolental Fibroplasia : dengan menggunakan oksigen dengankonsentrasi tinggi(PaO2 lebih dari 115 mmHg : 15 kPa) maka akanterjadi vasokonstriksi pembuluh darah retina yang diikuti olehproliferasi kapiler-kapiler baru kedaerah yang iskemi sehinggaterjadi perdarahan, fibrosis, distorsi dan parut retina sehingga bayimenjadi buta. Untuk menghindari retrolental fibroplasia makaoksigen yang diberikan pada bayi prematur tidak boleh lebih dati40%. Hal ini dapat dicapai dengan memberikan oksigen dengankecepatan 2 liter permenit.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->