Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
60Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tetanus neonatorum

Tetanus neonatorum

Ratings: (0)|Views: 4,643|Likes:
Published by Marco Handoko
a review
a review

More info:

Categories:Types, Reviews
Published by: Marco Handoko on Mar 27, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/13/2014

pdf

text

original

 
Marco Handoko
Tetanus Neonatorum
2011
BAB IPENDAHULUAN
Tetanus neonatorum merupakan suatu istilah yang digunakan untuk mendeskripsikanterjadinya penyakit tetanus pada neonatus (bayi berusia 3-28 hari).
1,2
Tetanus neonatorummerupakan suatu penyakit yang berbahaya dan memilki tingkat morbiditas yang tinggi. DataWHO tahun 2005 menunjukan Tetanus neonatorum merupakan penyebab dari 14 % kematianneonatus di dunia.
3
Clostridium tetani
merupakan bakteri yang menyebabkan terjadinya penyakit tetanus,di mana pada bayi baru lahir infeksi terutama terjadi melalui luka saat pemotongan tali pusatatau akibat proses partus yang kurang steril. Proses partus dan penanganan tali pusat yangkurang steril memungkinkan adanya infeksi bakteri sehingga membahayakan baik bagi sibayi maupun ibu melahirkan.
1,3,4
Hal inilah yang menyebabkan 90% kasus tetanusneonatorum terjadi di negara negara yang kurang dan masih berkembang, di mana standar kesehatan masih sangat rendah dan fasilitas kesehatan yang layak tidak tersedia atauterbatas.
1,3,4
Terapi pada tetanus neonatorum meliputi pemberian antitoksin tetanus, pelemas ototdan pemberian makanan intravena.
4
Selain itu juga dapat diberikan anti microbial,debridement luka dan penanganan jalan napas pasien.
4
Pencegahan penyakit ini sebenarnya sangat mudah dan menjadi fokus utama WHO,yaitu dengan pemberian vaksin pada ibu sebelum atau selama masa kehamilan; proses partusserta penanganan paska melahirkan yang steril. WHO telah mencanangkan program eliminasitetanus maternal dan tetanus neonatorum sejak tahun 1989. Program ini telah berhasildilaksanakan oleh negara-negara maju dan sebagian negara berkembang sehingga tetanusneonatorum sangat jarang ditemukan di negara-negara tersebut.
4
Keterbatasan ekonomi di negara-negara kurang berkembang menyebabkan tingginyajumlah kasus tetanus neonatorum. Fasilitas kesehatan yang terbatas dan rendahnyapengetahuan masyarakat akan masalah ini tetap menjadikan tetanus neonatrum sebuahproblematika kesehatan pada neonatal.
1,4
Kepaniteraan Klinik Ilmu Penyakit Anak periode 7 Februari 2011 - 16 April 2011
 
Page 1
 
Marco Handoko
Tetanus Neonatorum
2011
BAB 2TINJAUAN PUSTAKADEFINISI
Kata tetanus berasal dari bahasa Yunani
tetanos
yang berarti kencang atau tegang.
1
Tetanus merupakan suatu infeksi akut yang ditandai kondisi spastik paralisis yang disebabkanoleh neurotoksin yang dihasilkan oleh
Clostridium tetani
. Tetanus berdasarkan gejalaklinisnya dapat dibagi menjadi 3 bentuk, yaitu tetanus generalisasi (umum), tetanus local dantetanus sefalik. Bentuk tetanus yang paling sering terjadi adalah tetanus generalisasi dan jugamerupakan bentuk tetanus yang paling berbahaya.
1,3,4
Neonatal (berasal dari
neos
yang berarti baru dan
natus
yang berarti lahir)
2
merupakan suatu istilah kedokteran yang digunakan untuk menggambarkan masa sejak bayilahir hingga usia 28 hari kehidupan.
1,2
Tetanus neonatorum merupakan suatu bentuk tetanus generalisasi yang terjadi padamasa neonatal.
3,4
ETIOLOGI
Penyakit ini disebabkan oleh infeksi neorutoksin (tetanospasmin) yang dihasilkanbakteri
Clostridium tetani
pada masa neonatal. Umumnya infeksi terjadi akibat proses partusdan penanganan tali pusat yang kurang steril.
1,3
Penyakit ini khususnya terjadi pada bayidengan ibu yang belum mendapatkan imunisasi tetanus sebelumnya
1,3
 Pada tahun 1884, Arthur Nicolaier berhasil mengisolasi bakteri
Clostridium tetani
yang hidup bebas dan pada tahun 1889 Kitasato Shibasaburo berhasil mengisolasi bakteri inidari manusia. Vaksin tetanus (Tetanus toxoid) pertama kali pada tahun 1924 oleh PDescombey.
1
EPIDEMIOLOGI
Tetanus merupakan suatu masalah kesehatan di berbagai belahan dunia dengan taraf ekonomi rendah. Jumlah kasus tetanus neonatorum dapat dikatakan berbanding terbalik dengan kondisi sosial ekonomi suatu negara. Semakin baik taraf sosial ekonomi suatu begarasemakin sedikit pula jumlah kasus tetanus neonatorum di negara tersebut, demikian jugasebaliknya.
Kepaniteraan Klinik Ilmu Penyakit Anak periode 7 Februari 2011 - 16 April 2011
 
Page 2
 
Marco Handoko
Tetanus Neonatorum
2011
Tetanus neonatorum saat ini merupakan suatu penyakit yang dapat dikatakan langkadi banyak negara maju dan berkembang, di mana proses partus yang steril dan pemberianvaksin tetanus secara umum telah disosialisasikan dan dilaksanakan sebagai suatu prosedukesehatan wajib. Amerika Serikat memilki insiden tetanus neonatorum yang sangat rendahyaitu 0,01/1000 kelahiran sejak tahun 1967.
5
Tetanus neonatorum terjadi sama banyaknya baik pada laki-laki maupun wanita (1:1),usia ibu yang paling sering mengalami tetanus maternal adalah antara usia 20-30 tahun(berbanding lurus dengan usia melahirkan terbanyak). 90 % kasus tetanus neonatorum dantetanus maternal terjadi pada partus yang dilakukan di luar fasilitas kesehatan (di rumah,dukun, dsb).
6
Tetanus neonatorum memilki tingkat morbiditas yang tinggi, dimana > 50% kasustetanus neonatorum berakhir dengan kematian. Menurut data UNICEF, setiap 9 menit,seorang bayi meninggal akibat penyakit ini.
6
WHO menyatakan bahwa tetanus neonatorummerupakan poenyebab dari 14 % kematian neonatus di seluruh dunia.
7
Tetanus neonatorum dan tetanus maternal merupakan suatu kesatuan dan dengandieliminasinya tetanus neonatorum, maka tetanus pada ibu melahirkan secara tidak langsungjuga dieliminasi.
5,6
Pada tahun 1989, WHO mencanangkan suatu program dengan target padatahun 1995, penyakit tetanus pada maternal-neonatus dapat dieliminasi dan pada tahun 2005penyakit ini bukan lagi sebuah masalah kesehatan masyarakat dunia.
8
Eliminasi dianggaptercapai jika jumlah kasus tetanus neonatorum <1 kasus / 1000 kelahiran.
6,8
Program inimeliputi program vaksin toxoid tetanus dan penyediaan fasilitas kesehatan yang memenuhistandard dan sosialisasi tentang penyakit ini di seluruh dunia.
6,8
Penurunan drastis kematian neonatus akibat tetanus berhasil dicapai sejak diberlakukannya program WHO tersebut, di mana pada tahun 1980, menurut data WHOdilaporkan 800.000 neonatus meninggal akibat tetanus, dan kemudian pada tahun 2002menurun menjadi 180.000 neonatus yang meninggal akibat penyakit ini.
9
Kasus tetanusneonatorum berkurang drastis setiap tahunnya dan pada tahun 2009, jumlah kematianneonatus akibat tetanus adalah 61.000.
9,10
Hingga saat ini, Maternal-Neonatal Tetanus (MNT) masih belum berhasil dieliminasisecara menyeluruh, di mana pada tahun 2009, penyakit ini masih merupakan suatu masalahkesehatan 57 negara di dunia, terutama di Asia dan Afrika, termasuk di antaranya adalah
Kepaniteraan Klinik Ilmu Penyakit Anak periode 7 Februari 2011 - 16 April 2011
 
Page 3

Activity (60)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Rizkia Mulyasari liked this
Rury Virgo liked this
murianda liked this
Arie Reza liked this
derryherdhimas liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->