Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
9Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
aktiva berwujud ( aktiva tetap )

aktiva berwujud ( aktiva tetap )

Ratings: (0)|Views: 1,343 |Likes:
Published by Mira Elvira

More info:

Published by: Mira Elvira on Mar 28, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/16/2013

pdf

text

original

 
D
alam akuntansi aktiva tetap berwujud, meliputi aktiva-aktiva yang memiliki bentuk fisik dan digunakan dalam operasi normal perusahaan, serta mempunyai kegunaan dalam operasinormal perusahaan, serta mempunyai kegunaan yang relatif permanen.
Karakteristik aktiva tetap berwujud :
 1.
 
Memiliki bentuk fisik 2.
 
Digunakan secara aktif dalam kegiatan normal perusahaan3.
 
Dimiliki tidak sebagai investasi (penanaman modal) dan tidak diperdagangkan4.
 
Memiliki jangka waktu kegunaan (umur) relatif permanen (lebih dari satu periodeakuntansi/lebih dari satu tahun)5.
 
Memberikan manfaat di masa yang akan datangContoh aktiva tetap berwujud berupa : tanah, bangunan, mesin dan alat-alat pabrik; mebel danalat-alat kantor; kendaraan dan alat-alat transport.
Aktiva tetap berwujud dibedakan menjadi 3 golongan:
 1.
 
Aktiva tetap yang umur atau masa kegunaannya tidak terbatas
.Terhadap golongan ini tidak dilakukan penyusutan atas harga perolehannya, karenamanfaatnya tidak akan berkurang di dalam menjalankan fungsinya selama jangka waktu yangtidak terbatas.Contoh : tanah untuk bangunan, pabrik dan kantor; tanah untuk pertanian
2.
 
Aktiva tetap yang umur atau masa kegunaannya terbatas dan dapat diganti denganaktiva sejenis apabila masa kegunaannya telah berakhir.
 Karena manfaat yang diberikan di dalam menjalankan fungsinya semakin berkurang atauterbatas jangka waktunya, maka terhadap harga perolehan aktiva ini harus disusut selamamasa kegunaannya.
 
Contoh : bangunan, mesin dan alat-alat pabrik; mebel dan alat-alat kantor; kendaraan danalat-alat transport.
3.
 
Aktiva tetap yang umur atau kegunaannya terbatas dan tidak dapat diganti denganaktiva sejenis apabila masa kegunaannya telah habis.
 Contoh : sumber alam: tambang, hutan.Sumber alam akan habis melalui kegiatan eksploitasi sumber tersebut oleh karena itu hargaperolehan aktiva sumber alam harus dialokasikan kepada periode-periode di mana sumber-sumber itu memberikan hasilnya.
Penentuan Harga Perolehan Aktiva Tetap
 Aktiva tetap harus dicatat sebesar harga perolehannya. Harga perolehan meliputi semuapengeluaran yang diperlukan untuk mendapatkan aktiva, dan pengeluaran-pengeluaran lain agar aktiva siap digunakan.Harga perolehan diukur dengan kas yang dibayarkan pada suatu transaksi secara tunai. Jika hargaperolehan sudah ditetapkan maka harga perolehan tersebut akan menjadi dasar untuk akuntansiselama masa pemakaian yang bersangkutan. Akuntansi tidak mengakui harga pasar atau hargapengganti.
Penerapan prinsip harga perolehan untuk aktva tetap :
 1.
 
TanahHarga perolehan tanah meliputia.
 
harga beli tunai tanahb.
 
biaya balik namac.
 
komisi perantarad.
 
pajak atau pungutan lain yang harus dibayar pembeli2.
 
Perbaikan TanahHarga perolehan perbaikan tanah meliputi semua pengeluaran yang dilakukan sampai perbaikansiap untuk digunakan.
 
3.
 
GedungBila gedung dimiliki melalui pembelian maka, harga perolehannya meliputi : harga beli, biayanotaris, dan komisi perantara.Bila gedung dibangun sendiri, harga perolehannya meliputi : semua pengeluaran untuk membuatgedung, termasuk ijin mendirikan bangunan, instalasi listrik dan air.4.
 
PeralatanHarga perolehannya terdiri dari : harga beli tunai, biaya pengangkutan, dan biaya asuransiselama dalam pengangkutan.Termasuk juga pengeluaran untuk : bea balik nama kendaraan
M
asalah Dalam Penentuan Harga Perolehan
 Beberapa cara perolehan aktiva tetap yang menimbulkan masalah antara lain :1.
 
Pembelian dengan menggunakan wesel berbunga2.
 
Pembelian dalam satu paket (
lump-sum
)3.
 
Perolehan dengan membangun sendiri
Konsep Depresiasi (Penyusutan)
 Depresiasi adalah proses pengalokasian harga perolehan aktiva tetap menjadi biaya selamamanfaatnya dengan cara yang rasional dan sistematis.Depresiasi adalah proses pengalokasian harga perolehan bukan proses penilaian aktiva.Latar belakang dilakukannya depresiasi adalah : Kemampuan suatu aktiva untuk menghasilkanpendapatan dan jasa semakin menurun, baik secara fisik dan fungsinya.Pengakuan atas depresiasi aktiva tetap tidak berakibat adanya pengumpulan kas untuk menggantiaktiva lama dengan aktiva yang baru.Saldo rekening Akumulasi Depresiasi menggambarkan jumlah depresiasi yang telah dibebankansebagai biaya, bukan menggambarkan dana yang telah dihimpun.

Activity (9)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Hary Cliquers liked this
Irvan Rudian liked this
Fero Zhan liked this
Firdaus Wahyoe liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->