Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
radiasi itu adalah

radiasi itu adalah

Ratings: (0)|Views: 181 |Likes:
Published by Muhammad Fauzan

More info:

Published by: Muhammad Fauzan on Mar 28, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/14/2014

pdf

text

original

 
 
Apasih radiasi itu?
 Radiasi adalah pancaran energi melalui suatu materi atau ruang dalam bentuk panas,partikel atau gelombang elektromagnetik/cahaya (foton) dari sumber radiasi. Ada beberapasumber radiasi yang kita kenal di sekitar kehidupan kita, contohnya adalah televisi, lampupenerangan, alat pemanas makanan (microwave oven), komputer, dan lain-lain.Selain benda-benda tersebut ada sumber-sumber radiasi yang bersifat unsur alamiah dan beradadi udara, di dalam air atau berada di dalam lapisan bumi. Beberapa di antaranya adalah Uraniumdan Thorium di dalam lapisan bumi; Karbon dan Radon di udara serta Tritium dan Deuteriumyang ada di dalam air.
Apa bedanya jenis radiasi dalam bentuk partikel dan radiasi dalam bentuk gelombangelektromagnetik?
 Radiasi dalam bentuk partikel adalah jenis radiasi yang mempunyai massa terukur. Sebagaicontoh adalah radiasi alpha dengan simbol:
2
4
 angka 4 pada simbol radiasi menunjukkan jumlah massa dari radiasi tersebut adalah 4 satuanmassa atom (sma) dan angka 2 menunjukkan jumlah muatan radiasi tersebut adalah positif 2,serta radiasi beta dengan simbol:
-1
0
 menunjukkan bahwa jumlah massa dari jenis radiasi tersebut adalah 0 dan jumlah muatannyaadalah 1 negatif, sedangkan radiasi neutron dengan simbol:
1
0
 menunjukkan bahwa jumlah massa dari neutron adalah 1 sma dan jumlah muatannya adalah 0.Radiasi dalam bentuk gelombang elektromagnetik atau disebut juga dengan foton adalah jenisradiasi yang tidak mempunyai massa dan muatan listrik. Misalnya adalah gamma dan sinar-X,dan juga termasuk radiasi tampak seperti sinar lampu, sinar matahari, gelombang microwave,radar dan handphone.
 
B
agaimana sejarah radiasi?
Di akhir tahun 1895, Roentgen (Wilhelm Conrad Roentgen, Jerman, 1845-1923),seorang profesor fisika dan rektor Universitas Wuerzburg di Jerman dengan sungguh-sungguhmelakukan penelitian tabung sinar katoda. Ia membungkus tabung dengan suatu kertas hitamagar tidak terjadi kebocoran fotoluminesensi dari dalam tabung ke luar. Lalu ia membuat ruangpenelitian menjadi gelap. Pada saat membangkitkan sinar katoda, ia mengamati sesuatu yang diluar dugaan. Pelat fotoluminesensi yang ada di atas meja mulai berpendar di dalam kegelapan.Walaupun dijauhkan dari tabung, pelat tersebut tetap berpendar. Dijauhkan sampai lebih 1 m daritabung, pelat masih tetap berpendar. Roentgen berpikir pasti ada jenis radiasi baru yang belumdiketahui terjadi di dalam tabung sinar katoda dan membuat pelat fotoluminesensi berpendar.Radiasi ini disebut sinar-X yang maksudnya adalah radiasi yang belum diketahui.Tahun 1895 itu Roentgen sendirian melakukan penelitian sinar-X dan meneliti sifat-sifatnya.Pada tahun itu juga Roentgen mempublikasikan laporan penelitiannya. Berikut ini adalah sifat-sifat sinar-X:1.
 
Sinar-X dipancarkan dari tempat yang paling kuat tersinari oleh sinar katoda.2.
 
Intensitas cahaya yang dihasilkan pelat fotoluminesensi, berbanding terbalik dengankuadrat jarak antara titik terjadinya sinar-X dengan pelat fotoluminesensi. Meskipun pelatdijauhkan sekitar 2 m, cahaya masih dapat terdeteksi.3.
 
Sinar-X dapat menembus buku 1000 halaman tetapi hampir seluruhnya terserap olehtimbal setebal 1,5 mm.4.
 
Pelat fotografi sensitif terhadap sinar-X.5.
 
Ketika tangan terpapari sinar-X di atas pelat fotografi, maka akan tergambar foto tulangtersebut pada pelat fotografi. Skema peralatan ditampilkan pada Gambar 2. Foto tulangtangan yang diambil pada saat itu ditampilkan pada Gambar 3.6.
 
Lintasan sinar-X tidak dibelokkan oleh medan magnet (daya tembus dan lintasan yangtidak terbelokkan oleh medan magnet merupakan sifat yang membuat sinar-X berbedadengan sinar katoda).Laporan pertama Roentgen mengenai sinar-X dimuat pada halaman 132-141 laporan AsosiasiFisika Medik Wuerzburg tahun 1895. Di awal tahun 1896 reprint laporan Roentgen dikirimkankepada ilmuwan-ilmuwan terkenal. Karena tidak dibelokkan oleh medan magnet, maka orangtahu bahwa sinar-X berbeda dengan sinar katoda. Pada saat itu belum ditemukan fenomenainterferensi dan difraksi. Karena itu muncullah persaingan antara teori partikel dengan teorigelombang untuk menjelaskan esensi/substansi sinar-X. Teori partikel dikemukakan antara lainoleh W.H. Bragg, teori gelombang dikemukakan antara lain oleh Stokes dan C.G. Barkla. Sejak saat itu teori gelombang didukung oleh lebih banyak orang. Pada tahun 1912, fenomena difraksisinar-X oleh kristal ditemukan oleh Max von Laue dan kemudian dapat dipastikan bahwa sinar-X adalah gelombang elektromagnetik. Tahun 1922 Compton menemukan efek Compton
 
berdasarkan penelitian hamburan Compton. Berdasarkan penelitian sinar-X ia dapat memastikanbahwa gelombang elektromagnetik memiliki sifat dualisme gelombang dan materi (partikel).
Ada berapakah jenis radiasi?
 Secara garis besar radiasi digolongkan ke dalam radiasi pengion dan radiasi non-pengion.
Radiasi Pengion
 Radiasi pengion adalah jenis radiasi yang dapat menyebabkan proses ionisasi (terbentuknya ionpositif dan ion negatif) apabila berinteraksi dengan materi. Yang termasuk dalam jenis radiasipengion adalah partikel alpha, partikel beta, sinar gamma, sinar-X dan neutron. Setiap jenisradiasi memiliki karakteristik khusus. Yang termasuk radiasi pengion adalah partikel alfa (),partikel beta (), sinar gamma (), sinar-X, partikel neutron.
Radiasi Non Pengion
 Radiasi non-pengion adalah jenis radiasi yang tidak akan menyebabkan efek ionisasi apabilaberinteraksi dengan materi. Radiasi non-pengion tersebut berada di sekeliling kehidupan kita.Yang termasuk dalam jenis radiasi non-pengion antara lain adalah gelombang radio (yangmembawa informasi dan hiburan melalui radio dan televisi); gelombang mikro (yang digunakandalam microwave oven dan transmisi seluler handphone); sinar inframerah (yang memberikanenergi dalam bentuk panas); cahaya tampak (yang bisa kita lihat); sinar ultraviolet (yangdipancarkan matahari).

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->