Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
6Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tugas b.indonesia (henni) MAKALAH

Tugas b.indonesia (henni) MAKALAH

Ratings: (0)|Views: 2,078|Likes:
Published by verayunita34

More info:

Published by: verayunita34 on Mar 28, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

02/01/2013

pdf

text

original

 
Sastra Lama
Kesusastraan berasal dari bahasa Sanskerta
sastra
yang berarti "teks yangmengandung instruksi" atau "pedoman". Dalam bahasa Indonesia, kata ini biasadigunakan untuk merujuk kepada "kesusastraan" atau sebuah jenistulisanyangmemiliki arti atau keindahan tertentu.Kesusastraan juga didefinisikan sebagai ilmu atau pengetahuan tentang segalahal yang bertalian dengan
susastra
. Kesusastraan di Indonesia terbagi dalam duazaman.ZamanKesusastraan Lama dan Zaman Kesusastraan Baru. Masing-masingkarya memiliki ciri khas tersendiri.
 lahir dalam masyarakat lama pada zamannya. Masyarakatpada waktu itu masih memegang adat istiadat yang berlaku di daerahnya. Karya sastralama biasanya bersifat moral, pendidikan, nasihat, adat istiadat, serta ajaran-ajaranagama.Karya sastra merupakan hasil cipta rasa manusia. Karya sastra lahir dariekspresijiwa seorang pengarang. Suatu hasil karya dikatakan memiliki nilai sastra jikaisinya dapat menimbulkan perasaan haru, menggugah, kagum, dan mendapat tempat dihati pembacanya. Karya sastra seperti itu dapat dikatakan sebagai karya sastra yangadiluhung, yaitu karya yang dapat menembus ruang dan waktu.
Karya Sastra Lama atau Klasik
Karya sastra lama atauklasiklahir dan berkembang di lingkungan masyarakatyang masih kental dengan adat istiadat dan lain-lain. Karya-karya kesusastraan lamasangat dipengarui oleh muatan lokal berupa adat istiadat dan budaya yang berlaku padazamannya.Di antara kesusastraan lama itu adalahpantun, hikayat, gurindam, dongeng,syair, dan tambo. Jenis-jenis sastra lama ini berpengaruh besar dalam perkembangankesusastraan modern di Indonesia.Pada umumnya, karya sastra zaman klasik cenderung menggunakan lisansebagai media penyebarannya. Oleh karena itu, sebuah karya pantun atau dongeng  tidak diketahui siapa pengarangnya. Cerita yang dilisankan itu menyebar dengan cepatke berbagai pelosok dan kalangan.
Bentuk sastra lama bermacam-macam. Secara umum karya sastra lama tediri atasprosa dan puisi.Istilah prosa diambil dari bahasa Latin yaitu oratio provorsa artinya ucapan langsung.Dalam kesusastraan, prosa merupakan sejenis karya sastra yang bersifat paparan.Prosa sering pula disebut karangan bebas karena tidak diikat oleh aturan-aturan khusus(misalnya rima, ritmeseperti halnya dalam puisi).
 
Menurut zamannya (masanya) prosa dibedakan menjadi dua periode yaitu prosalamadan prosa baru. Prosa lama sebagai gambaran kehidupan masyarakat pada zaman dahulu,yaitu kehidupan masyarakat sebelum memiliki rasa kesadaran nasional. Jika dibatasidengan tahun, prosa lama ini berkembang sebelum tahun 1900.Prosa lama dibedakan beberapa jenis di antaranya dongeng, cerita rakyat (fokslore),cerita pelipur lara, hikayat, tambo, epos(wiracarita), cerita berbingkai, dan kitab-kitab.Sastra lama yang berbentuk prosa,umumnya mempunyai ciri-ciri:1. Ceritanya seputar kehidupari istana. Karena itu bersifat istana sentris.2. Menggambarkan tradisi masyarakat yang lebih menonjolkan kekolektifan daripadakeindividualan. Sebagai akibat logisnya, sastra lama dianggap milik bersama (kolektif).3. Konsekuensi dari ciri kedua, sastra lama bersifat anonim, pengarangnya tidak dikenal.4. Sastra lama bersifat lisan, disampaikan dari generasi ke generasi secara lisan, darimulut.
Pantun
Pantun adalah salah satu jenis karya sastra lama. Pantun berkembang dimasyarakat menggunakan media lisan. Pantun sering disebut sebagai sastra lisan.Penyebaran pantun dilakukan dari mulut ke mulut. Oleh karena itu, sampai saat inibelum diketahui dengan pasti siapa pengarang pantun. Dilihat dari bentuknya, pantuntermasuk jenispuisilama.Pantun merupakan karangan yang terikat bentuk dan aturan. Terikat bentukyang terdiri atas bait dan larik. Larik atau baris kesatu dan ketiga merupakan sampirandan baris kedua dan keempat adalah isi pantun. Dilihat dari jenisnya, pantun adabeberapa jenis, yaitu pantun anak-anak, pantun remaja, dan pantun orang tua. Contoh pantun:
sungguh elok  asambelimbing  tumbuh dekat limau manggasungguh elok berbibir sumbing walaupun marah tertawa juga
***
Berakit-rakit ke hulu Berenang -renang ke tepianBersakit-sakit dahulu Bersenang-senang kemudian
 
Gurindam
Gurindam termasuk jenis puisi lama. Bentuknya hampir sama dengan pantun.Bentuk gurindam terdiri atas dua baris. Baris pertama berisi sejenis perjanjian atausyaratdan baris kedua menjadi akibat atau kejadian yang disebabkan dari isi barispertama.Contoh gurindam:
Barang siapa mengenal Allah
 
,Suruh dan tegahnya tiada ia menyalah.
***
Barang siapa mengenal diri Maka telah mengenal akantuhanyang bahari.
***
Barang siapa mengenal dunia,Tahulah ia barang yang terpedaya.
Gurindam yang terkenal adalah “Gurindam Dua Belas” karangan Raja Ali Haji.Gurindam merupakan puisi lama yang berirama dan berisinasihatdan ajaran kebaikan.
Hikayat
Hikayat termasuk karya sastra lama yang berkembang dalam masyarakat secaraturun temurun. Sebuah cerita hikayat biasanya berhubungan dengan kehidupan istana,kesaktian senjata, dan kehebatan tokoh ksatria. Hikayat banyak tersebar di masyarakat. Hikayat kebanyakan ditemukan dalam mediatulis, sepertikertas, daun, bambu, dan kulitbinatangyang digunakan pada zaman dahulu.
Mengidentifikasi Ciri Hikayat sebagai Bentuk Karya Sastra Lama
Hikayat artinya cerita atau riwayat, Secara lengkap, pengertian1 hikayat adalah sejenisprosa sastramelayu lama yang ceritanya berkisar pada sikap kepahlawanan tokoh-tokoh istana.Sebagai karya sastra lama

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->