Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
13Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PETUNJUK TEKNIS program PSG

PETUNJUK TEKNIS program PSG

Ratings: (0)|Views: 1,076 |Likes:
Published by ctri7616

More info:

Published by: ctri7616 on Mar 28, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/02/2013

pdf

text

original

 
 1
PETUNJUK TEKNISPRAKERIN PEKERJAAN SOSIAL
BAB IPENDAHULUAN1. Latar Belakang
SMK rumpun kesejahteraan masyarakat mendidik tenaga lapangan ynag memiliki keahlian dibidang pelayanan kesejahteraan sosial.Pendidikan tenaga ahli di bidang apapun selalu menyangkutdua segi , ialah segi teori dasar dari keahlian tersebut dan segi praktek , yaitu berupa kegiatanlatihan untuk memperoleh pengalaman kerja nyata di lapangan dalam bidang keahliannya . Sesuaidengan bunyi pasal 1 ayat 3 dari UU no 6 tahun 1974 di nyatakan bahwa ³ Pekerjaan sosial adalahsemua keterampilan teknis yang di jadikan wahana bagi pelaksanaan usaha kesehjahteraan sosial ³ .Maka siswa SMPS ( Sekolah Menengah Pekerjaan Sosial ) dulunya sekarang SMK bidangpekerjaan sosial mutlak perlu memiliki keterampilan teknis pekerjaan sosial sebagai penerapanteknologi sosial untuk mewujudkan pelayanan kesejahteraan sosial .SMK sebagai salah satu sekolah kejuruan kemasyarakatan memiliki program kurikulum yangterdiri atas 40% mata pelajaran teori dan 60 % mata pelajaran praktek .Mengingat , bahwa praktek pekerjaan sosial ialah merupakan mata pelajaran yang bersifatkompleks , karena menyangkut masalah manusia dan kehidupannya , terutama dalam segi non fisik ( Sosio , Emosional , dan kultural ) , Maka sebenarnya sulit untuk membuat deskripsi tentang matapelajaran ³ Praktek pekerjaan sosial ³ itu .Demi untuk keseragaman penyelenggaraan mata pelajaran ³ Praktek pekerjaan sosial ³ di SMK yang menurut kurikulum 1984 di selenggarakan dengan sistem block ( Block System ) selamasemester 7 dan 8 , secara penuh maka dipandang perlu untuk penerbitan buku petunjuk teknissebagai upaya ;a.
 
Untuk memberikan gambaran secara umum tentang apa dan bagaimana praktek pekerjaansosial di SMK itu .b.
 
Untuk menjadi pedoman baik bagi guru pembimbing maupun bagi siswa praktikan dalammelaksanakan pelajaran praktek kerja lapangan pekerjaan sosial .
2
. Batasan Pengertian ³ Praktek ³
a . Yang di maksud dengan ³ Praktek ³ di SMK adalah : Kegiatan latihan mempraktekkan ataumenerapkan keterampilan pelayanan pekerjaan sosial dengan cara menerapkan salah satu ataubeberapa metode pokok dan metode bantu serta keterampilan dan komunikasi sosial dalampraktek pekerjaan sosial baik secara terpisah maupun secara terpadu .b. Yang dimaksud dengan ³ Metode Pekerjaan Sosial ³ bantu dalam praktek pekerjaan sosialadalah : Metode bimbingan sosial perseorangan ( Social Case Work ) , bimbingan socialkelompok ( Social group Work ) , bimbingan sosial masyarakat ( Community Organitation )dan pembangunan masyarakat ( Community Development ) .c. Yang dimaksud dengan ³ Metode Pekerjaan Sosial ³ bantu dalam praktek pekerjaan sosialadalah : metode penelitian sosial , Administrasi Kesejahteraan Sosial dan Aksi Sosial .d. Yang di maksud dengan keterampilan komunikasi sosial antara lain ; wawancara , observasi ,diskusi , penyuluhan , kunjungan rumah dan pencatatan serta pelaporan hasil praktek .e. Yang di maksud dangan ³ Pekerjaan Sosial ³ adalah : Pelayanan professional terhadap individu, keluarga , kelompok atau masyarakat , yang mengalami masalah kesejahteraan sosial ( yangberupa gangguan / hambatan dalam relasi sosial atau masalah psikososial ) , agar dapatmengatasi masalahya sendiri , sehingga mampu berfungsi sosial secara maksimal dalamlingkungan hidupnya .
 
 2
3
. Tujuan Praktek 
Mata pelajaran praktek yang di laksanakan di SMK Jurusan Pekerjaan Sosial mempunyaitujuan :a.
 
Mengembangkan kemampuan praktikkan dalam menguasai pengetahuan keterampilan teknisdan setiap profesi pekerjaan sosial .b.
 
Keterampilan teknis pekerjaan sosial meliputi penguasaan dan penerapan metode pokok ,metode bantu serta teknik komunikasi sosial .c.
 
Mengembangkan dan memupuk keterampilan teknis pekerjaan sosial sebagai petugas lapanganyang meliputi :-
 
Keterampilan menemukan dan mengumpulkan data psikososial .-
 
Keterampilan menganalisa situasi individu / kelompok maupun situasi lingkungansosial.-
 
Ketrampilan orientasi , observasi dan berpartisiapasi dalam usaha ± usaha mengatasimasalah kesehjahteraan sosial bagi klien .-
 
Keterampilan menyusun program layanan kesejahteraan sosial .-
 
Keterampilan menggunakan sumber bantuan dan sistem pelayanan sosial .-
 
Keterampilan mengevaluasi hasil pelayanan sosial .-
 
Keterampilan membuat dan menggunakan laporan untuk mempelajari pengalamannya .d.
 
Mengembangkan sikap profesi pekerjaan sosial yang meliputi kesadaran untuk memenuhi :-
 
Kehadiran ( Presensi ) dalam mengikuti pelajaran/diklat praktek .-
 
Kedisiplinan dan ketertiban dalam melaksanakan pelajaran/diklat praktek .-
 
Ketekunan serta dedikasi dalam melaksanakan pelajaran/ diklat praktek .-
 
Tanggung jawab dalam melaksanakan pelajaran/ diklat praktek .-
 
Penampilan diri secara dewasa dalam melaksanakan pelajaran/diklat praktek .
4
. Ruang Lingkup
.
a.
 
Sasaran Praktek 
Sasaran pelajaran praktek pekerjaan sosial secara umum adalah pelayanan kesehjahteraan sosialyang bersifat pencegahan , penyembuhan , pemeliharaan , pembinaan , penyantunan sertapengembangan .Macam pelayanan bisa berbentuk program ± program antara lain : asistensi sosial , bimbingansosial , konsultasi , perlindungan maupun jaminan sosial .Permasalahan ± permasalahan yang bisa ditangani dalam praktek antara lain : masalah sosialpatologis ( untuk program penyembuhan dan penyantunan ) , masalah gejala sosial patologis (untuk program pencegahan ) masalah non sosial patologis ( untuk program pencegahan ,promotif dan pengembangan ) .1) Sasaran praktek program studi pengembangan masyarakat :Adalah suatu proses pelayanan kesejahteraan sosial terhadap masalah sosial kelompok ,organisasi masyarakat yang merupakan sistem sosial .Sasaran ini ditangani dengan pendekatan kelompok , organisasi atau masyarakat denganmenerapkan metode Bimbingan Organisasi Masyarakat , pembangunan masyarakat ataubimbingan kelompok . Dalam hal ini lebih di tekankan pada penggunaan programpencegahan promotif dan pengembangan .2) Sasaran praktek program studi pelayanan dan rehabilitasi sosial :Adalah suatu proses pelayanan terhadap masalah ± masalah individu atau keluarga sebagaisuatu sistem kepribadian . Sasaran ini di tangani dengan pendekatan individu ataukelompok , dengan penerapan metode bimbingan sosial perseorangan dan bimbingan sosialkelompok .Dalam hal ini lebih banyak merupakan program penyembuhan dan penyantunan (Rehabilitatif ) .
 
 33) Sasaran praktek program studi pekerjaan sosial medis :Adalah suatu proses pelayanan terhadap masalah ± masalah psikososial yang berkaitandengan pelayanan medis atau kesehatan .Pelayanan sosial ini bisa diberikan pada sistem kepribadian maupun pada sistem sosialdengan menggunakan pendekatan individu dan kelompok , serta pendekatan pada organisasimasyarakat .Metode yang diterapkan bisa berupa : Bimbingan sosial perseorangan , Bimbingan sosialkelompok , Bimbingan organisasi masyarakat , dan pembangunan masyarakat .Dalam hal ini lebih banyak di tekankan pada program-program penyembuhan , pencegahan, penyantunan , promotif dan pengembangan .4) Sasaran praktek program studi koreksi :Adalah suatu proses pelayanan sosial terhadap masalah ± masalah pelanggaran norma /hukum . Pelayanan sosial ini bersifat penyembuhan sistem kepribadian maupun bersifatpencegahan baik terhadap sistem kepribadian maupun sistim sosial . Pendekatan yang dilakukan adlah berupa pendekatan individu , pendekatan keluarga , kelompok sertamasyarakat .Metode yang bisa di kembangkan adalah metode :Bimbingan sosial perorangan , bimbingan sosial kelompok , bisa juga bimbingan organisasimasyarakat atau pembangunan masyarakat . Pelayanan sosial yang di berikan lebih bersifatpenyambuhan dan penyantunan sosial serta penyuluhan sosial .5) Sasaran praktek program studi Pembangunan Masyarakat Desa :Adalah suatu proses pelayanan Kesejahteraan Sosial terhadap masalah ± masalahpembangunan masyarakat desa . Pelayanan ini bersifat pencegahan , promotif danpengembangan sistim sosial . Pendekatan yang dilakukan adalah berupa pendekatan ganda, yaitu titik perhatiannya ditujukan kepada dua arah , yaitu penyandang masalahkesejahteraan sosial dan lingkungan hidupnya . Pendidikan dengan titik perhatiannyamembantu orang dan sistim sosial untuk memperoleh informasi pengetahuan danketerampilannya . metode yang diterapkannya adalah metode bimbingan organisasimasyarakat , pembangunan masyarakat , dan administrasi kesejahteraan sosial .b.
 
Tempat Praktek ( Setting
)Sesuai dengan sasaran praktek maka tempat praktek SMK adalah :1)
 
Tempat ( Setting ) program studi pengembangan masyarakat , yaitu lembaga yangmelakukan pelayanan kepada kelompok organisasi atau masyarakat dengan tujuan untuk mengadakan perubahan dan pengembangan organisasi atau masyarakat agar bekerjaefektif . Contoh , rukun tetangga ,rukun warga / kampung , atau RW /RK , desa /kelurahan , karang taruna , pramuka , kelompok belajar , PKK , LKMD / LMD ,BKKBN , Diknas .2)
 
Tempat ( setting ) program studi pelayanan dan rehabilitasi sosial :Yaitu badan - badan sosial yang memberikan pelayanan individu untuk mencapaiperubahan dan pengembangan individu .Contoh : Panti rehabilitasi cacat ( sosial , susila , tubuh , mental ) .Panti asuhan , panti Werdha , sasana Petirahan Anak , Prayuwana , ASTEK.3)
 
Tempat ( setting ) Program Studi Pekerjaan Sosial Medis :Yaitu badan - badan sosial yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan baik fisik maupun jiwa .Usaha ± usaha dalam bidang pengobatan dan kesehatan .Contoh : Balai Kesejahteraan Ibu dan Anak , Rumah Sakit Umum , Rumah Sakit Jiwa ,Rumah Sakit Kusta , Rumah Sakit Ketergantungan Obat , Rumah Sakit Penderita CacatMental , Puskesmas , Posyandu .4)
 
Tempat ( Setting ) Program Studi Koreksi :Yaitu badan ± badan sosial yang melakukan pelayanan yang bersifat korektif .Contoh : Lembaga Permasyarakattan , Lembaga Permasyarakattan Wanita ,lembagapemasyarakatan Anak, Negara Balai Bispa,Pengadilan Anak dan badan Reklasering.5) Tempat (Setting)Program studi Pembangunan Masyarakat Desa:Yaitu badan-badan Sosial yang Melakukan Pelayanan Pembangunan Masyarakat DesaBaik yang di Selenggarakan oleh Pemerintah Maupun Melalui Swada Masyarakat.Contoh:RT,RW,LMD,LMD,Pemerintah Desa,PRONA,KPD,PKK,Bangdes.

Activity (13)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Elisnawati liked this
Milma Yasmi liked this
Milma Yasmi liked this
Lili Wardani liked this
Deni Zainudin liked this
Cah Kreatif liked this
Self Hndry liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->