Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
14Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
kuat tarik baja

kuat tarik baja

Ratings: (0)|Views: 2,771|Likes:
Published by jamalanshari

More info:

categoriesTypes, School Work
Published by: jamalanshari on Mar 28, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

05/27/2013

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUAN1.1 Latar Belakang
Baja merupakan salah satu bahan utama dalam suatu konstruksi. Baja merupakancampuran bijih besi yang dicampur dengan Cu, C, Mn, Si dan S. Jenis baja yangdigunakan dalam konstruksi adalah baja bangunan (Steel Construction). Baja konstruksiini memiliki beberapa sifat istimewa yaitu mampu menahan tarikan dan tekanan,mempunyai elastisitas yang baik dan mempunyai kerapatan (density), dapat ditempa,dilas, dan dibentuk.Baja beton (baja tulangan) adalah baja berbentuk batang yang digunakan untuk  penulangan beton. Baja beton yang lazim digunakan adalah baja karbon biasa. Untuk keperluan tertentu terkadang dipakai baja paduan karbon rendah.Keunggulan baja dari beton adalah sangat kuat dalam menerima beban tarik.Selain itu, penggunaan baja lebih ekonomis bila dibandingkan dengan penggunaan beton. Namun berbeda dengan beton, baja tidak bisa dibuat. Oleh sebab itu mutu suatu bajatidak dapat direncanakan. Dibalik keunggulan tersebut, baja juga memiliki kekurangan,antara lain :
Baja relatif lebih berat
Baja sukar dibentuk sesuai keinginan
Mutu baja tidak dapat direncanakan (sesuai produksi pabrik)
 
2
Cepat mengalami proses korosi (karatan), namun pada bagian ini sudah bisa diatasi, yaitu dengan cara melapisi dengan aluminium ataupunmenggunakan cat.
Tidak tahan panas.
1.2 Tujuan
Adapun tujuan dari percobaan kuat tarik baja ini adalah untuk mengetahuimodulus elastisitas dari benda uji. Dalam percobaan ini baja yang digunakan berdiameter 8.05 mm sebanyak satu buah benda uji. Dari percobaan ini dapat juga diketahui kuattarik, pertambahan panjang dan regangan yang ditimbulkan baja tersebut.Percobaan penarikan benda uji dilakukan sampai putus, menggunakan alat penarik baja UNIVERSAL STRENGTH TESTER UPD 10.7385/1970 buatan Jermanyang berada di Laboratorium Konstruksi dan Ilmu Bahan Bangunan Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala.
 
3
BAB IIMATERIAL, BENDA UJI, METODE PENGUJIAN DAN PELAKSANAANTARIK BAJA2.1Material
Baja yang digunakan sebagai bahan bangunan merupakan besi paduan yangmengandung karbon. disamping unsur-unsur kimia lainnya seperti mangan, phospor,silikon, dan belerang. Kekerasan baja sangat tergantung kepada kadar karbonnya,semakin tinggi kadar karbonnya semakin keras baja tersebut.Benda uji yang digunakan dalam percobaan adalah baja tulangan yang digunakandalam konstruksi bangunan yang tersedia di Laboratorium Konstruksi dan IlmuBahan Bangunan Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala. Untuk menariknyamenggunakan mesin penarik Mohr And Ridere Haff Ag Mannheim Germany buatan Jerman.
2.2Benda Uji
Benda uji yang digunakan dalam pratikum ini adalah baja tulangan polos dengandiameter 8 mm dan panjang 20 cm sebanyak satu batang.
2.3Metode Pengujian

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->