Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PTK.bab 2 Bhs Indonesia

PTK.bab 2 Bhs Indonesia

Ratings: (0)|Views: 178 |Likes:

More info:

Published by: Arif Budy Setiawan, S.Pd on Mar 28, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/29/2012

pdf

text

original

 
TINJAUAN PUSTAKAA.
 
PENGERTIAN MENULIS
Menulis merupakan suatu proses penulisan yang melewatibeberapa tahap. Yaitu pra menulis, pengedrafan, perbaikan,penyuntingan dan publikasiAkhadia,dkk (1994). Selanjutnya menurutTemple ( dalam Santi A, 2005). menulis merupakan suatu proses berpikir yang berkelanjutan, mencobakan dan mengulas kembali Padahakekatnya menulis dapat dibagi dalam tiga aspek:1.
 
Menulis sebagai proses berpikir.Menulis sebagai suatu proses merupakan aktivitas yang bersifat aktif,konstruktuif dan mempunyai penuangan makna. Pada saat menulissiswa dituntut berpikir untuk menuangkan gagasannya berdasarkanpengalaman, pengetahuan, skemata yang dimilikinya secara tertulis. Dalamproses tersebut diperlukan kemampuan untuk mengelola dan menatasecara kritis gagasan yang dituangkan, Papas ( dalam Santy A:2005)2.
 
Menulis sebagai proses berpikir meliputi serangkaian aktivitas.Menulis sebagai proses berpikir diperleh melalui serangkaian aktivitasmenulis. Menurut Tompkins ( dalam Santy A: 2005). Menulis dimulai dengankegiatan pra menulis berupa pengamatan terhadap apa yang akan ditulis ataudidasarkan pada pengalaman. Apabila kegiatan menulis dikaitkandengan pembelajaran, siswa dapat memperoleh arahan dari guru untuk mengetahui kemampuan menulisnya secara jelas. Selanjutnya, siswa dapatmeningkatkan kemampuan mereka secara bertahap dan berkesinambungan.3.
 
Menulis sebagai proses berpikir berkaitan erat dengan membaca.Menulis terkait erat dengan membaca, kegiatan membaca dan menulismerupakan kegiatan yang mempunyai hubungan yang salingmendukung. Dilihat dari segi kegiatan sebelum menulis, siswa memperoleh
 
pengetahuan awal dan informasi berkaitan dengan topik yang digarap,kegiatan membaca merupakan salah satu sarana untuk memperoleh informasidan pengetahuan. Dilihat dari segi kegiatan saat menulis, siswamelakukan kegiatan berpikir untuk menuangkan ide atau gagasan secarajelas dalam bahasa tulis. Dalam proses tersebut diperlukan kesungguhandalam mengelola, mengatur dan menata gagasan-gagasan yang telahditulis. Dilihat dari segi sesuah menulis, salah satu kegiatan yang dilakukanadalah siswa dapat membacakan tulisannya kepada orang lain denganmemperhatikan ketepatan lafat, intinasi dan kelancaran dalam membaca.
B
.
 
PRINSIP PEM
B
ELAJARAN MENULIS
U
ntuk mengarahkan pembelajaran menulis maka guru harusmenggunakan prinsip-prinsip sebagai pedoman pembelajaran. Dixon ( dalamSanty, A: 2005) mengemukakakan beberapa prinsip mengenai pembelajaranmenulis antara lain:1.
 
siswa harus berdasar pada topik pribadi yang bermakna2.
 
sebelum menulis hendaknya diberi percakapan yaitu kegiatanberbicara tentang pengalaman, pengetahuan dan kegemaran siswa dalamkaitannya dengan topik.3.
 
Ketrampilan menulis diajarkan dalam konteks yang menyenangkansehingga siswa bergairah untuk menulis dan terhindar dari rasafrustasi.4.
 
Segalai ide dan gagasan yang akan ditulis hendaknya merupakan sesuatuyang dapat mereka tuangkan melalui tulisan sehingga ide-ide atau gagasantersebut dikomunikasikan kepada orang lain.5.
 
melakukan pengoreksian kesalahan dalam tatabahasa dan mekanik setelahsiswa sudah selesai dalam menulis.6.
 
dalam mengembangkan materi tulisan, siswa diberi tugas membaca bacaantambahan yang dapat digunakan untuk memperkaya ungkapan danmemperlua isi tulisan
 
C
.
 
PENGERTIAN PUISI
Secara etimologis istilah puisi berasal dari kata bahasa Yunani poites,yang berarti pembangun, pembentuk, pembuat. Dalam bahasa Latin dari katapoeta, yang artinya membangun, menyebabkan, menimbulkan,menyair. Dalam perkembangan selanjutnya, makna kata tersebut menyempitmenjadi hasil seni sastra yang kata-katanya disusun menurut syarat tertentudengan menggunakan irama, sajak dan kadang-kadang kata kiasan (Simbolon:2006).Menurut Vicil C. Coulter, ( dalam Simbolon: 2006) kata poet berasaldari kata bahasa Gerik yang berarti membuat, mencipta. Dalam bahasa Gerik,kata poet berarti orang yang mencipta melalui imajinasinya, orangyang hampir menyerupai dewa-dewa atau orang yang amat suka pada dewa-dewa. Dia adalah orang yang mempunyai penglihatan yang tajam, orang suci,yang sekaligus seorang filsuf, negarawan, guru, orang yang dapatmenebak kebenaran yang tersembunyi (Simbolon: 2006). Ada beberapapengertian lai tentang puisi. William Wordsworth (dalam Simbolon:2006) mengatakan bahwa puisi adalah peluapan yang spontan dari perasaan-perasaan yang penuh daya, memperoleh asalnya dari emosi atau rasa yangdikumpulkan kembali dalam kedamaian. Percy Byssche Shelly (Situmorang,1980:9) mengatakan bahwa puisi adalah rekaman dari saat-saat yang palingbaik dan paling senang dari pikiran-pikiran yang paling senang. Puisimerupakan sebuah ekspresi yang mampu membangkitkan perasaan,merangsang imajinasi panca indera (Pradopo, 2002:7).
 
Puisi adalah sarana yang cukup efektif untuk menyampaikanpesan kepada para pembacanya. Puisi menyampaikan pesan tersebutdengan cara unik karena kepadatannya, ekspresif dengan berbagai gayabahasanya, namun sarat akan makna.
D.
 
UNSUR-UNSUR PEM
B
ANGUN PUISI
Bahasa dalam karya sastra (puisi) bukanlah bahasa sehari-hari. Itu karena bahasa dalam karya sastra ada pada tataran
secondary

Activity (4)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
Susilo Utomo Atmo added this note
mksh, tambah pengetahuan
Nheno Nakharuna added this note
good

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->