Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
paper aklan

paper aklan

Ratings: (0)|Views: 873|Likes:
Published by Iren Vlorent

More info:

Published by: Iren Vlorent on Mar 29, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/29/2011

pdf

text

original

 
TUGAS AKUNTANSI LANJUTAN II“ISU-ISU LAIN DALAM PELAPORAN KONSOLIDASI”
Fakultas EkonomiUniversitas Trisakti2010
 
BAB 10ISU-ISU LAIN DALAM PELAPORAN KEUANGANLAPORAN ARUS KAS KONSOLIDASI
Perusahaan harus menyajikan laporan arus kas pada saatmengeluarkan laporan keuangan lengkap. Laporan keuangan konsolidasisama dengan laporan arus kas yang disusun untuk entitas konsolidasidanpada dasarnya disusun dengan cara yang sama.
Penyusunan Laporan Arus Kas Konsolidasi
Laporan konsolidasi umumnya harus disusun setelah laporan labarugi , laporan laba ditahan dan neraca konsolidasi. Laporan arus kastidak dimasukan kedalam kertas kerja konsolidasi tiga bagian tapidisusun dari informasi dari ketiga laporan yang lain. Penyusunanlaporan arus kas konsolidasi memerlukan beberapa penyesuaianseperti penyusutan amortisasi dari penghapusan differensialpembelian.Semua transaksi afiliasi harus dieliminasi dalam penyusunan laporanarus kas konsolidasi. Jika terdapat kepemilikan minoritas, laba yangdialokasikan ke pemegang minoritas diperlakukan sebagai penyesuaianuntuk memperoleh jumlah yang dihasilkan dari aktifitas operasi. Labayang dialokasikan kepemilikan minoritas dikurangi dalam penghitunganlaba bersih konsolidasi tetapi tidak mencerminkan arus kas keluar.Penerimaan dari dan pembayaran ke pemegang saham minoritasumumnya dimasukkan kedalam laporan arus kas konsolidasi sebagaiarus kas dari sumber pendanaan.
Terdapat Dua Item Yang Unik Dalam Laporan Konsolidasi
1.
Laba yang dialokasikan kepemilikan minoritas ditambahkan kembalike kas yangdihasilkan dari aktifitas operasi karena dalam
 
perhitungan laba bersih konsolidasi item tersebut dikurangi tetapitidak mencerminkan kas yang dihasilkan keaktifitas
operasi.
2.
Dividen yang dibayarkan kepemegang saham minoritasmenyebabkan arus kas keluar walaupun dalam pemasukan dividendicantumkan sebagai laba ditahan konsolidas
i .
Laporan Arus Kas Konsolidasi – Metode Langsung
Hampir semua perusahaan besar menggunakan metode tidaklangsung dalam penyajian laporan arus kas. Lembaga yang berwenangumumnya menyatakan preferrensinya untuk metode langsungwalaupun tidak mengharuskan penggunaannya. Dalam pendekatantidak langsung bagian operasi dimulai dari laba bersih konsolidasi danuntuk mendapatkan yang dihasilkan dari aktifitas operasi,menyesuaikan item yang berpengaruh berbeda terhadap kas dan lababersih.
KONSOLIDASI SETELAH AKUISISI INTERIM
Penggabungan usaha umumnya terjadi selama periode akuntansi,bukan pada awal atau akhir periode akuntansi. Prosedur konsolidasisetelah akuisisi interim memastikan bahwa laba anak perusahaan setelahpenggabungan usaha dimasukkan dalam penghitungan laba.
Konsolidasi Setelah Pembelian Interim
Pada saat perusahaan membeli saham buasa perusahan lain, anakperusahaan dianggap merupakan bagian dari entitas konsolidasi sejaksaham tersebut diakuisisi.Oleh karena itu, pada saat anak perusahaandibeli selama periode fiskal bukan pada awal atau akhir periode, hasiloperasi anak perusahaan yang dimasukkan dalam laporan keuangankonsolidasi hanya bagian dari tahun dimana saham anak perusahaandimiliki oleh induk perusahaan.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->