Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengertian Kekuasaan

Pengertian Kekuasaan

Ratings: (0)|Views: 259|Likes:
Published by Hanes Tse Wf

More info:

Published by: Hanes Tse Wf on Mar 29, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/20/2013

pdf

text

original

 
 3
PEMBAHASANPemahaman Kekuasaan dan Geopolitik Bangsa IndonesiaPemahaman Kekuasaan1.
 
Pengertian Kekuasaan
 Kekuasaan adalah kewenangan yang didapatkan oleh seseorang atau kelompok gunamenjalankan kewenangan tersebut sesuai dengan kewenangan yang diberikan,kewenangan tidak boleh dijalankan melebihi kewenangan yang diperoleh ataukemampuan seseorang atau kelompok untuk mempengaruhi tingkah laku orang ataukelompok lain sesuai dengan keinginan dari pelaku (Miriam Budiardjo,2002) atauKekuasaan merupakan kemampuan mempengaruhi pihak lain untuk berpikir danberperilaku sesuai dengan kehendak yang mempengaruhi (Ramlan Surbakti,1992).
2
.
 
Sudut pandang kekuasaan
y
 
Kekuasaan bersifat positif 
Merupakan Kemampuan yang dianugerahkan oleh Tuhan kepada individu sebagaipemegang kekuasaan tertinggi yang dapat mempengaruhi dan merubah pemikiranorang lain atau kelompok untuk melakukan suatu tindakan yang diinginkan olehpemegang kekuasaan dengan sungguh-sungguh dan atau bukan karena paksaan baik secara fisik maupun mental.
y
 
Kekuasaan bersifat Negatif 
Merupakan sifat atau watak dari seseorang yang bernuansa arogan, egois, serta apatisdalam mempengaruhi orang lain atau kelompok untuk melakukan tindakan yangdiinginkan oleh pemegang kuasa dengan cara paksaan atau tekanan baik secara fisik maupun mental. Biasanya pemegang kekuasaan yang bersifat negatif ini tidak memiliki kecerdasan intelektual dan emosional yang baik,mereka hanya berfikir pendek dalam mengambil keputusan tanpa melakukan pemikiran yang tajam dalammengambil suatu tindakan, bahkan mereka sendiri terkadang tidak dapat menjalankansegala perintah yang mereka perintahkan kepada orang atau kelompok yang berada dibawah kekuasannya karena keterbatasan daya pikir tadi. dan biasanya kekuasaandengan karakter negatif tersebut hanya mencari keuntungan pribadi atau golongan diatas kekuasannya itu. karena mereka tidak memiliki kemampuan atau modal apapunselain kekuasaan untuk menghasilkan apapun, dan para pemegang kekuasaan bersifatnegatif tersbut biasanya tidak akan berlangsung lama karena tidak akan mendapatkandukungan sepenuhnya oleh rakyatnya.
 
 4
D
i negara demokrasi, dimana kekuasaan adalah ditangan rakyat, maka jalan menujukekuasaan selain melalui jalur birokrasi biasanya ditempuh melalui jalur partai politik.Partai partai politik berusaha untuk merebut konstituen dalam masa pemilu. Partai politik selanjutnya mengirimkan calon anggota untuk mewakili partainya dalam lembagalegislatif.
D
alam pemilihan umum legislatif secara langsung seperti yang terjadi diIndonesia dalam Pemilu 2009 maka calon anggota legislatif dipilih langsung oleh rakyat.
3
.
 
Kekuasaan dalam Organisasi
O
rganisasi harus dapat mengajak anggotanya bersikap dengan cara-cara yang bermanfaatbagi organisasi. Ini dapat meliputi suatu keteraturan (order) yang dirundingkan, tetapipengaturan manusialah yang melibatkan pelaksanaan kekuasaan. Individu yangbergabung dengan organisasi atau mereka yang lahir didalamnya, mencari manfaattertentu. Usaha-usaha mereka untuk melakukan hal ini adalah dengan menggunakankekuasaan.
D
alam kebanyakan kasus, individu dalam organisasi juga menginginkan rasakendali (a sense of control), bukan sekedar masalah dimana seseorang merasa ´cocok´,tetapi kemana seseorang ´bergerak´.
O
rang-orang menghendaki ´suara´ dalam hasil-hasilkehidupan organisasi mereka. Ada ´ketegangan´ antara tuntutan organisasi dankepentingan pribadi.
O
rganisasi bukan sekedar tempat pelayamam diberikan dankeuntungan dibuat.
O
rganisasi menggambarkan suatu bagian nyata dari kehidupan danidentitas pribadi. Istilah pemberdayaan (empowerment) merujuk kepada proses yangmenyangkut cara individu menggunakan kekuasaan dalam organisasi.
 
 5
Geopolitik Menurut Bangsa IndonesiaA. Penjelasan Istilah1.
 
Pengertian Geopolitik 
Istilah geopolitik semula sebagai ilmu bumi politik kemudian berkembang menjadipengetahuan tentang sesuatu yang berhubungan geomorfologi (ciri khas negara yangberupa bentuk, luas, letak, iklim dan sumber daya alam) suatu negara untuk membangundan membina negara. Para penyelenggara pemerintah nasional kini menyusun pembinaanpolitik nasional berdasarkan kondisi dan situasi geomorfologi dan unsur-unsur lain(penduduk, falsafat dan sejarah bangsa) secara ilmiah berdasarkan cita-cita bangsa.
2
.
 
Konsep Ruang
Ruang merupakan dinamika politik dan militer, dan disebut juga kombinasi ruangdan kekuatan.Realitanya kekuatan politik selalu menghendaki penguasa-an ruang. Sebaliknyapenguasaan ruang secara de facto dan de jure akan memberikan legitimasi kekuasaanpolitik 
3
.
 
Konsep Frontier
F
rontier merupakan batas imajiner dari dua negara.
F
rontier terjadi karena pengaruh darinegara diluar boundary (batas resmi dua negara) Batas frontier yang sudah dipengaruhikekuasaan asing dari seberang boundary. Pengaruh asing berawal dari budaya, ekonomi,social, agama dan ras.
4.
 
Konsep Politik Kekuatan
Politik kekuatan menjadi salah satu faktor dalam melaksa-nakan salah satu konsepgeopolitik yang terkait dengan kepentingan nasional. Konsep keamanan negara,diutamakan konsep ketahanan nasional.
D
alam upaya keamanan negara dan bangsa,sema-ngat kesatuan dan persatuan menjadi salah satu kekuatan untuk menghambatdatangnya ancaman dari luar.
5.
 
Otonomi Daerah
O
tonomi daerah adalah kewenangan daerah otonom untuk mengatur dan menguruskepentingan masyarakat sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
D
aerah
O
tonom adalah, yang disebut daerah adalah kesa-tuan masyarakat hukum yangmempunyai batas daerah tertentu berwenang mengatur dan mengurus kepentinganmasyarakat dalam negara kesartuan RI.
B. Latar Belakang
y
 
Aspek Historis
o
 
Pernah mengalami kehidupan sebagai bangsa terjajah dan terpecah;
D
ijajah oleh Spanyol, Portogal, Inggris dan Belanda dan nterakhir Jepang.Total waktu zaman penjajahan selama 350 tahun. Selama itu juga mengalamipenderitaan berupa keterbodohan, kemiskinan. Kesengsaraan.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->